Yusnita Rahmawati

Gemar membaca buku pendidikan sejak di bangku kuliah. Pernah belajar di prodi Pendidikan Matematika FKIP UMS dan Pascasarjana UNS. Menyukai ilmu-ilmu yang berka...

Selengkapnya
Navigasi Web

PENULIS PEMULA HARUS SEPERTI JOJO DAN GINTING

Penulis seperti Jojo dan ginting? Bukankah mereka pebulu tangkis? Ya, tepat sekali. Beberapa hari ini kita disuguhi tayangan Asian Games di layar kaca. Bulu tangkis menjadi salah satu cabang yang menarik banyak penonton, salah satunya saya. Ada dua pemain yang menarik perhatian saya. Jonatan Cristie alias Jojo dan Anthony S. Ginting atau biasa dipanggil Ginting. Permainan mereka berdua penuh pelajaran bagi kita. Semangatnya patut diterapkan pada penulis pemula.

Ada beberapa sikap Jojo dan Ginting yang dapat kita tiru. Diantaranya adalah selalu memperbaiki kesalahan, percaya diri, dan siap dengan permainan dengan set yang panjang. Di pertandingan, Jojo beberapa kali melakukan kesalahan. Pengembalian bola sering kali menguntungkan pihak lawan. Namun Jojo selalu berusaha memperbaiki kesalahannya dan tidak putus asa. Begitu pula kita sebagai penulis pemula. Jika tulisan kita direview oleh orang lain dan mendapatkan beberapa masukan, maka dengan senang hati, kita harus menerima masukan dan selalu berusaha memperbaiki tulisan kita.

Pemain bulu tangkis haruslah orang yang percaya diri. Meskipun secara peringkat lawan lebih unggul, tapi seorang pemain harus siap berduel dengan siapapun. Di perempat final, Ginting dihadapkan dengan Chen Long yang jelas secara postur lebih menguntungkan untuk menguasai lapangan. Secara peringkat, Chen Long juga jauh berada di atas Ginting. Namun, Ginting bermain dengan sangat baik. Percaya diri dan semangatnya mampu mengantarkannya untuk mengalahkan Chen Long. Begitu juga kita sebagai penulis pemula. Kita harus selalu percaya diri dengan apa yang kita tulis. Karena percaya diri kita akan tertuang pada tulisan kita. Sehingga akan menghasilkan tulisan yang enak dibaca. Tak usah malu dan minder jika tulisan kita dibaca oleh banyak orang yang lebih pandai menulis dari kita. Kita semua akan berproses sesuai dengan waktu dan tahapan masing-masing.

Berikutnya adalah permainan dengan set yang panjang. Kondisi seperti ini sering dialami oleh Jojo. Hampir di setiap permainannya di Asian Games, Jojo harus berjuang selama 60 menit bahkan lebih. Tetapi Jojo tetap berusaha memberikan penampilan yang terbaik untuk semua warga Indonesia. Penulis pemula pun banyak dihadapkan dengan berbagai rintangan. Membuat satu tulisan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Ide tak selamanya mengalir dengan lancar. Ada kalanya kita seperti kehabisan kata-kata untuk diwujudkan dalam tulisan. Terkadang, kita ingin mengungkapkan sesuatu tetapi belum menemukan kalimat yang tepat. Hingga akhirnya kita menunda dan lupa. Rintangan akan selalu ada, tidak dapat dihilangkan, tapi harus dihadapi. Meskipun kita butuh waktu yang lama untuk menyelesaikan satu tulisan, yakinlah kita mampu menyelesaikannya dengan baik.

Terakhir, Jojo dan Ginting berada di area yang memotivasinya untuk menjadi pemenang, bukan pecundang. Seluruh isi stadion memberikan semangat pada mereka. Begitu juga seorang penulis. Kita usahakan diri kita selalu berada pada lingkungan positif, lingkungan yang selalu mendorong kita untuk menulis. Bukan lingkungan yang membuat kita untuk berhenti menulis. Atau bahkan kita sendiri yang harus menciptakan lingkungan positif untuk mengembangkan kemampuan menulis kita. Bergabung di gurusiana merupakan salah satu upaya kita supaya tetap termotivasi untuk menulis.

Semangat untuk penulis pemula, semangat untuk saya, dan semangat untuk kita semua.

Salam.

Penulis Pemula.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Renyah banget. Dahsyat

27 Aug
Balas

Matur nuwun Paklek.. Masih butuh banyak belajar, Paklek

27 Aug

kereen Bu Yus.. Semangat nulis terus..

27 Aug
Balas

Insyaallah, Bu, walau belum bisa konsisten Terima kasih, Bu..

27 Aug

Semangat yang keren Bu Nita....

27 Aug
Balas

Iya, Bu.. meski masih jauh dari Bu Fat yang tiap hari bahkan tiap saat, semoga saya tidak lupa cara menulis. Hehehe...

27 Aug

Lama sekali saya tidak buka gurusiana bapak.. terima kasih..

15 Jan
Balas

Cocok bu jadi reporter event, bahasanya enak dan mengena. Semangat...

27 Aug
Balas

Waduh, jadi malu saya, Bu.. Semangat!!

27 Aug

Mantaps Bu...semangat menulis....salam literasi...

27 Aug
Balas

Semangat Ibu..

27 Aug

Mnatul

04 Mar
Balas



search

New Post