Yuswanto Raider

Saya adalah pendidik (Guru) yang tinggal di Kabupaten Mojokerto. Saya lahir di Surabaya, 14 Februari 1974. Saya alumnus Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS IKIP S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelajar SMPN 1 Trawas Raih Prestasi Kejurnas Karate Walikota Malang 2023
Pelajar SMPN 1 Trawas yang 2 diantaranya mampu menorehkan prestasi di Kejuaraan Nasional Karate Piala Walikota Malang 2023. (Foto : Istimewa)

Pelajar SMPN 1 Trawas Raih Prestasi Kejurnas Karate Walikota Malang 2023

SMPN 1 Trawas, patut berbangga. Peserta didiknya benar-benar mampu membuktikan kualitas dirinya dalam cabang olahraga karate. Hal itu setidaknya dibuktikan pada dua ajang lomba bergengsi di tingkat Jatim dan Nasional.

Lima Pelajar SMPN 1 Trawas mampu mencatatkan prestasi pada Kejuaraan Karate Shindoka Majapahit Cup 2022 di Mojokerto. Sedangkan minggu lalu, dua pelajarnya kembali meraih prestasi gemilang di Kejuaraan Nasional Karate Piala Walikota Malang 2023 di Malang.

Capaian prestasi gemilang itu pun diakui Kepala SMPN 1 Trawas, Mokhammad Jalil, S.Pd., M.Pd. Menurutnya, prestasi yang diraih peserta didiknya tidak lepas dari kinerja dan kerjasama semua pihak. Mulai tenaga pendidik, tenaga kependidikan, pembina dan pelatih ekstrakurikuler, sampai walimurid yang sangat perhatian dan peduli atas potensi anak-anak didiknya.

“Diberlakukannya Kurikulum Merdeka membuat kita termotivasi sekaligus terinspirasi. Khususnya dalam memberikan pelayanan pada peserta didik dan masyarakat. Oleh karenanya, prestasi anak-anak pun menjadi bukti bila upaya mewujudkan generasi emas, secara bertahap sudah kita lakukan sebaik-baiknya,” ujar Pak Jalil, sapaan karib Kepala SMPN 1 Trawas yang dikenal humoris itu.

Pak Jalil menegaskan, prestasi yang dicapai peserta didiknya merupakan penyemangat bagi keluarga besar SMPN 1 Trawas. Eksistensi dan kredibilitas sekolah meningkat seiring dengan kerja keras bapak/ibu guru beserta pembina dan pelatih bidang kegiatan kesiswaan.

“Apapun prestasi anak-anak didik kita, pasti kita support dan selalu memberikan pembinaan yang terbaik agar mereka terus berkembang!” kilahnya serius dan penuh optimistis.

PARA JUARA

Sederet pelajar SMPN 1 Trawas yang mampu menorehkan prestasi tingkat nasional, tentu sangat membanggakan. Mereka adalah pelajar terbaik yang memiliki masa depan dalam studi lanjut. Kelima pelajar itu, setidaknya mampu membuktikan dirinya memiliki daya juang untuk almamaternya.

Pada kejuaraan Shindoka Majapahit Cup yang digelar di SMAN 1 Puri, pada Agustus 2022, pelajar SMPN 1 Trawas benar-benar tampil membanggakan. Acara yang dibuka langsung Bupati Mojokerto, dr. Ikhfina Fahmawati, M.Si., itu, bendera sekolah pimpinan Pak Jalil pun berkibar.

Atlet pelajar dari SMPN 1 Trawas yang mampu torehkan prestasi adalah, Khoirunnisa' Himmatul Muyassaroh (VII B) mampu meraih Juara 3 Kumite -45 Putri. Raka Yovi Sigita Diwan (VII D) meraih Juara 1 Kata Pemula Putra, dan Khofifah Zulfa Dahniar Ismail (IX B) satu-satunya pelajar yang mampu meraih Juara 3 dikelas Kata Pemula Putri sekaligus Juara 3 dikelas Kumite -53 Putri.

Sedangkan Rahma Arum Neng Wilujeng (VII D) meraih Juara 2 Kata Pemula Putri dan Ghesyafara Christabella (VIII A) sebagai Juara 3 Kumite -53 Putri juga di event Shidoka Majapahit Cup. Khusus kedua pelajar ini, pada 4 – 5 Maret 2023 kemarin, mampu mencatatkan prestasi di Kejuaraan Nasional Karate Piala Walikota Malang 2023.

Rahma Arum Neng Wilujeng (VII D) sekali lagi bertengger di Juara 1 Kata Pemula Putri. Sedangkan Ghesyafara Christabella (VIII A) meraih predikat sebagai Juara 3 Kumite -50 Kadet Putri. Keberhasilan seluruh pelajar SMPN 1 Trawas itu tak luput dari kiprah tangan dingin dari Seprianus J. Lalangpuling, sang pelatihnya.

BERPROSES

Pak Seprianus, merupakan pembimbing sekaligus pelatih bagi para pelajar SMPN 1 Trawas. Khususnya pada kegiatan ekstrakurikuler karate Shindoka. Bagi pak Seprianus, prestasi yang diraih anak latihnya merupakan hasil proses yang panjang. Selain disiplin dalam berlatih, masing-masing anak memiliki bakat dan potensi terpendam yang harus dieksplorasi.

“Prestasi mereka memang membanggakan. Namun anak-anak harus lebih giat berlatih guna meningkatkan kemampuan dan keterampilannya. Bagaimana pun, proses itu sangat relevan dengan hasil yang akan diperoleh,” ujar Pak Seprianus yang juga memiliki Dojo Shindoka yang aktif latihan di Pendopo Kecamatan Trawas dan YAO Atena Futsall itu.

Dalam kesempatan ini, Pak Seprianus juga mengucapkan terima kasih pada dukungan sekolah, para guru, dan juga walimurid. Sejatinya, kata Pak Seprianus, prestasi yang diraih anak-anak merupakan kristalisasi dari kerjasama semua pihak.

Sementara itu, guru pendamping para pelajar berprestasi SMPN 1 Trawas, Drs.Yaumar menyatakan kebanggaan sekaligus rasa syukur atas prestasi yang diraih anak didiknya. Bagi Pak Yau, sapaan harian guru PJOK itu, mendampingi peserta didik yang penuh semangat mengukir prestasi, menjadi sebuah kepuasan tersendiri.

“Kepala sekolah sudah mendukung penuh, pelatih sudah memberikan gambaran yang akuntabel, dan anak-anak begitu bersemangat. Semua terbukti dengan prestasi yang diraihnya. Saya sebagai pembimbing, sekedar menyemangati saja,” ucap Pak Yau dengan aura penuh semangat.

Bagi pak Yau, tidak hanya anak-anak yang berprestasi dibidang olahraga saja yang harus didampingi maksimal. Sebab, masih banyak pelajar lainnya di sekolah yang juga memiliki potensi besar dibidang akademik. Agar semua bisa mencapai sebuah prestasi maksimal, maka sangat dibutuhkan kerjasama dan komitmen seluruh pihak.

“Anak didik kita adalah calon penerus bangsa. Perhatian dan motivasi harus kita berikan tanpa henti. Setiap anak punya potensi dan harus dikembangkan sesuai minat, bakat dan kemampuannya. Bila komitmen pembinaan itu sinergis, saya yakin SMPN 1 Trawas bakal lebih prestasi lagi,” ujar Pak Yau yang juga memiliki arena futsal indoor di kawasan Desa Kesiman, Kecamatan Trawas.(yuswanto)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post