ZAENOL HASAN

Zaenul Hasan, lahir di Kabupaten Jember, 19 Juni 1970. Alumni SDN Patemon 1 (1983), MTsN 1 Jember (1986), SMA 2 Jember (1989), D3 Pendidikan Bahasa Indone...

Selengkapnya
Navigasi Web
HADIAH TAK TERDUGA

HADIAH TAK TERDUGA

Kamis, 30 Desember 2021 merupakan hari kedua pelaksanaan Workshop Penyusunan dan Publikasi Artikel Guru MTsN 1 Jember. Peserta workshop yang berasal dari unsur guru sangat bersemangat mengikutinya. Ilmu dan praktik menulis opini, editorial, tulisan populer, dan lain-lain telah terselesaikan. Editing tulisan populer peserta mulai dilakukan oleh sang Narasumber, Eko Prasetyo. Beliau adalah Pemimpin Redaksi Mediaguru.

Dengan gaya serius tapi santai, Mas Eko, panggilan akrabnya, mulai menampilkan tulisan peserta workshop. Tulisan pertama yang Beliau kritisi adalah tulisan Ustaz Idris. Kalimat-kalimatnya yang panjang-panjang dan diksinya yang terasa “tidak nyambung” dengan deretan kata yang lainnya jadi sorotan utamanya. Dengan gaya serius tetapi kocak, beliau mengomentari tulisan sang Ustaz. Sang narasumber berkata, “Stres saya kalau liat tulisan begini!” Ya memang, saya dan teman-teman peserta workshop juga merasakan keanehan dan kelucuan kalimat-kalimat dalam tulisan populer sang Ustaz.

Tibalah giliran tulisan populer peserta workshop berikutnya yang ditayangkan di layar slide. Mas Eko memang tidak menampilkan nama pemilik tulisan populer tersebut. Namun, melihat judulnya “NASIB RESEPSI PERNIKAHAN ANAKKU”, aku sempat kaget dan deg-degan juga. “Astagfirullah, itu tulisanku!” Sang Editor mulai mengomentari tulisanku. Komentar Beliau, “Tulisannya bagus, bersih. Diksinya tepat. Kalimat-kalimatnya efektif.” Setelah berkomentar panjang lebar, Dia meminta yang memiliki tulisan tersebut maju untuk diberi hadiah. Dengan langkah santai tapi bangga, aku maju mendekati Beliau. Mas Eko meminta saya berdiri di dekatnya. Dia kemudian menawarkan hadiah ATM atau apa gitu kepadaku. Kemuadian, Ia mengambil sesuatu dari dalam dompetnya. Ternyata, uang Rp 50.000,00 yang dia ambil dari dompetnya. Mas Eko berkata, “Uang ini untuk Bapak. Tolong jangan dilihat nominalnya” Antara percaya dan tidak, saya terima uang itu dengan rasa bangga. Beliau mengajakku berfoto dengan memegang uang Rp50.000,00 bersamaku.

Alhamdulillah. Hadiah tak terduga dari sang Narasumber, sang Pemred Mediaguru. Ya...hadiah tak terduga dari sang motivatorku. Terima kasih Mas Eko atas ilmunya, motivasinya, dan semuanya yang telah membangunkanku untuk menulis.

(Kampus Biru, MTsN 1 Jember, Januari 2022)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post