Zahra Alika Fatmawati Sanggaria

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Implementasi Teknologi

Implementasi Teknologi

Teknologi, dari beberapa bacaan yang saya baca teknologi adalah sebuah sarana yang begitu di minati dan berguna bagi kehidupan kita, selain untuk mempermudah mendapat berbagai macam barang, tetapi juga informasi dan kebutuhan lainnya yang sesuai dan berguna bagi kehidupan sehari hari manusia. Namun beriring berjalannya waktu kata “Teknologi” ini mulai di jabarkan dengan luas. Banyak yang berkesimpulan bahwa teknologi adalah sebuah alat ataupun non alat yang diciptakan sesuai atau senada dengan barang-barang yang dibutuhkan oleh manusia, lalu ada banyak orang sekitar yang mengataka bahwa teknologi adalah kumpulan dari penerapan seperti ilmu matematika, sains, dan berbagai seni lainnya yang tentunya memiliki tujuan dan manfaat yang sama, sebagai contoh kita akan mengambil handphone yang merupakan salah satu barang dengan basis modern. Di jaman sekarang hampir seluruh dunia kita yakini bahwa banyak orang yang sudah mengenal handphone dengan dampak yang sangat besar bagi dunia, entah itu positif atau pun berdampak negatif.

Seperti yang kita ketahui Handphone adalah sebuah alat dengan model dan kecanggihan yang terus meningkat di zaman yang semakin maju. Handphone juga memuat berbagai informasi yang berguna bagi kehidupan manusia seperti, saat pandemi semua pelajar, mahasiswa, bahkan para pegawai kerja mengikuti himbauan dengan menghentikan semua pekerjaan yang dilakukan menggunakan cara bertatap muka dan menggantinya dengan cara daring atau lewat alat guna yaitu handphone, laptop dan alat bantu lainnya,di saat itu semua informasi mengenai tugas ataupun pekerjaan di kirimkan melalui alat komunikasi handphone. Tak lupa handphone juga memiliki berbagai aplikasi yang memiliki nilai guna yang tinggi, seperti WhatsApp, Zoom, Google dan masih banyak lagi aplikasi dengan nilai guna yang bermacam macam manfaatnya, tentunya harus disertai dengan sosial media sebagai penyempurna.

Berbicara mengenai sosial media, sosial media adalah sebuah media yang berbasis online dengan nilai guna yang sangat tinggi.Disini para pengguna media sosial dapat dengan mudah berpartisipasi, menciptakan hal baru ataupun berbagai hal yang menarik bagi manusia. Isi dari media sosial sendiri seperti blog, jejaring sosial, wiki, forum dan lagi ada dunia virtual yang memiliki daya tarik guna khususnya di kalangan remaja zaman sekarang, selanjutnya kita bersama akan menuju ke pengertian. Dari macam -macam isi dari media sosial. Seperti blog, jejaring sosial, wiki, forum, lalu yang terakhir ada dunia virtual.

Menurut beberapa artikel yang saya pahami blog adalah sebuah singkatan dari kata WeBlog. WebBlog sendiri berarti sebuah situs web yang berwujud tulisan yang terdapat pada bagian halaman web dan tersusun rapi secara urut serta sesuai dengan waktu kejadian. Bermulai dari sebuah postingan entah berupa foto, video ataupun tulisan yang kita unggah di sosial media. Lalu untuk susunannya dimulai dari postingan terbaru yang berada di halaman utama lalu di ikuti oleh postingan lama selanjutnya.

Yang kedua ada Jejaring sosial menurut artikel yang ada di sosial media, jejaring sosial merupakan suatu rancangan sosial yang terbentuk melalui satu individu. Akan tetapi juga dapat berupa kelompok yang masing-masing masih terikat satu sama lain atau lebih oleh nilai, ide, visi, kerabat, keturunan ataupun teman, dan masih banyak lagi.

Lalu untuk yang ketiga ada wiki dari penelusuran, wiki adalah suatu situs yang di dalamnya terdapat suatu rancangan untuk sekelompok orang yang memiliki ide atau berbagi ide dengan sangat cepat. Lalu mereka akan membuat suatu halaman sederhana dan akan mengembangkan ide tersebut secara bersama sama. Biasanya dilakukan oleh suatu organisasi dengan berbagai tujuan dan ide-ide gemilang.

Untuk yang ke empat ada forum, dari hasil pembahasan di sosial media. Forum adalah sebuah tempat yang di gunakan untuk berdiskusi atau bermusyawarah agar mencapai mufakat yang di inginkan. Namun bisa juga berpengertian bahwa forum adalah tempat untuk sekumpulan orang yang akan menyelenggarakan diskusi dengan bakat dan minat yang sama.

Dan yang terakhir adalah Dunia virtual, sebagian artikel menuliskan bahwa dunia virtual adalah suatu lingkungan yang dilakukan dengan alat bantu berupa media elektronik seperti, komputer, handphone, ataupun laptop yang tentunya dapat di isi oleh banyak sekali pengguna. Para pengguna tersebut akan mulai membuat avatar pribadi mereka lalu secara mandiri mereka akan menjelajahi, berpartisipasi, dan berkomunikasi dengan orang lain melalui dunia virtual.

Akan tetapi dibalik kecanggihan itu semua ada sebuah internet yang tak kalah canggih. Jika di pelajari dan di telusuri lebih dalam dari suatu artikel internet adalah sebuah jaringan yang cukup besar dan saling berhubungan untuk menyambungkan komputer yang ter gunakan di seluruh belahan dunia, dengan alat bantu seperti telepon, dan sistem komunikasi lainnya serta juga melibatkan satelit. Internet jika ditelusuri dari sebuah artikel memiliki sejarah yakni pertama kali di temukan atau di buat pada tahun 1969, oleh ARPA singkatan dari Advanced Research Projects Agency. Pada masa itu, internet masih berupa jaringan komputer dengan nama Arpanet, dan mulai dari situlah awal mula terbentuknya jaringan internet yang selalu populer dari masa ke masa,hingga saat ini.

Kembali ke handphone alat guna yang di temukan pada tahun 1983 oleh Martin Cooper, seorang Insinyur Amerika. Alat yang ia ciptakan ini juga memiliki dampak yang bersifat positif dan juga negatif. Dalam artian dampak positif jika penggunaan hanphone dengan sangat hati-hati dan memanfaatkan fasilitas dari handphone tersebut untuk hal yang dapat menimbulkan suatu kegiatan positif, namun jika di artikan dengan kata negatif berarti sangat bertentangan dengan makna kata positif dimana sang pemilik handphone tidak dapat mengontrol penggunaan handphone dan malah masuk ke jenjang kecanduan serta tidak dapat memanfaatkan alat guna tersebut dengan hal yang positif. Untuk contoh kedua sikap tersebut kita akan mengambil beberapa contoh seperti, pada dampak positif memiliki sikap yang amat baik dalam memanfaatkan teknologi seperti, seorang pelajar yang memanfaatkan handphone untuk mengirim dan mengerjakan tugas yang di tugaskan sewaktu masa daring. Lalu untuk hal negatifnya adalah seorang remaja yang bermain game tanpa memedulikan tugas atau kewajiban lainnya yang harus di kerjakan.

Dari contoh-contoh tersebut sudah bisa di simpulkan bahwa seorang remaja, pelajar ataupun seseorang dengan status di bawah umur sangat memerlukan pengawasan serta peran dari orang tua. Peranan orang tua harus sangat di perketat apalagi di saat perkembangan zaman seperti ini, karna sudah pasti teknologi yang amat sangat modern dan banyak sekali para remaja yang salah menggunakan pemanfaatan barang tersebut. Namun di saat ini banyak sekali keluhan mengenai seorang anak yang sudah masuk ke fase kecanduan dan hal tersebut menjadi salah satu hal yang paling banyak di rasakan oleh para orang tua karna tidak dapat menangani buah hati dalam penggunaan alat gadget.

Selesai.

Profil Penulis :

Zahra Alika Fatmawati Sanggaria, gadis dengan tanggal lahir 31 Juli 2008 ini merupakan seorang pelajar yang menduduki kelas 8A saat ini, lebih tepatnya di sebuah sekolah berbasis negeri yakni MTsN 7 Kediri yang beralumni di SDN Kencong 1. Ia tinggal ti Dusun. Nongkorejo, Desa. Kencong, Kec. Kepung, Kab. Kediri, Prov. Jatim. Hobinya menulis dan membaca komik lalu masih banyak lagi, makanan kesukaannya adalah bakso akan tetapi gadis ini paling tidak menyukai nastar, buah apel dan selai nanas. Cita citanya adalah Psikolog dengan kerja sampingan seorang penulis yang berlatar belakang sebagai hobi semata. Pelajaran kesukaannya adalah Bahasa Indonesia, Biologi dan Fisika. Guru terfavoritnya saat masih duduk di bangku SD adalah Bu.Titik, karna memiliki sifat yang ramah dan pekerja keras, lalu untuk di MTsN ini guru kesukaannya jatuh pada Bu.Is seorang guru Fisika yang amat sangat membantu di kehidupannya.

Sumber gambar 1 : https://pin.it/3o4hqty

Sumber gambar 2 : https://pin.it/Bz3k5C5

Sumber gambar 3 : https://pin.it/47vf5yE

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post