Zaidatul Rahmayanny, S.Pd, M.AP

Saya seorang guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di SMPN 21 Batam. Menamatkan Sekolah Dasar di SDS Yayasan Bahtera Dwipa Abadi PT RSUP, Pulau Burung. SMP d...

Selengkapnya
Navigasi Web
LEARN FROM HOME BERSAMA MEDIA GURU DI WEBINAR 3

LEARN FROM HOME BERSAMA MEDIA GURU DI WEBINAR 3

Tepat pada Rabu, 06 Mei 2020 Media Guru kembali menyelenggarakan WEBINAR 3 yang begitu luar biasa.Nara sumber yang dihadirkan adalah guru-guru penggerak dari beberapa daerah di Indonesia. Ada 4 guru penggerak dan satu keynote speaker. Kegiatan ini dibuka oleh CEO Media Guru, Bapak Mohammad Ihsan pada pukul 08.00 WIB.

Pak Parptono ( Dirjen GTK Dikmen dan Diksus) menyampaikan bahwa kemampuan bernalar membaca kita masih berada dibawah angka 122 digit (standar ukur), ia berharap 5 tahun kedepan angka persentase tersebut akan meningkat dari angka sekarang. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkat nilai PISA ( ) yaitu: (1)Transformasi kepemimpinan sekolah (2)Transformasi pendidikan dan pelatihan guru (3) Mengajar sesuai tingkat kemampuan siswa (4) Standar penilaian global (5) Kemitraan daerah dan masyarakat sipil. Didalam sesi tanya jawab beliau menyampaikan bahwa semua guru berhak menjadi guru penggerak dengan cara mendaftarkan diri ke kemendikbud yang masih disiapkan desainnya.

Nara sumber pertama ( Pak Alpian) menyampaikan bahwa "Guru penggerak memimpin perubahan memajukan pendidikan ". Dalam hal untuk menggerak Literas beliau menggunakan "Inspirasi Cration Endorsement Team work Implementation Branding Evaluasi Try again akronim dari ICE TIBET. Pesan yang paling saya ingat dari penyampaian pak Alpian yaitu " Jika tidak bisa menjadi Penggerak minimal kita harus bergerak".

Untuk menggerakan literasi disekolah yang masih baru dan belum memiliki perpustakaan Ibu Tri Sulistini menggunakan program Membaca Senyap Berkelanjutan yang melibat guru. Untuk melibatkan semua guru beliau ia menjadikan program ini sebagai program sekolah sehingga semua bisa dicover oleh sekolah dan mudah dipantau. Selain Ibu Tri, ada Ibu Dian Intan Marsifa Fauzia yang melakukan inovasi-inovasi untuk menggerakan literasi disekolahnya. Begitu juga dengan Pak Alfes yang sangat luar biasa dengan pengalamannya mengikuti SM3T, perjuangan demi perjuangan dilaluinya dengan ikhlas.Diakhir materi semua narasumber menyampaikan statment sebelum akhirnya ditutup oleh Pak CEO.

Saya sangat berterima kasih kepada Media Guru yang telah menyelenggarakan WEBINAR, semoga ilmu yang telah diberikan menjadi amal jariyah untuk narasumber dan ilmu yang bermanfaat untuk peserta. Aamiin ya Rabb.

SALAM LITERASI........

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap reportasenya bunda. Salam kenal dari pak Blangkon

10 May
Balas

terima kasih, salam kenal jg dari saya Miss Ema dari Batam.

10 May

Keren bun

10 May
Balas

Keren Bun...Salam dr Solok

10 May
Balas

terima kasih bunda, salam dari Batam :)

10 May

Matul sekali bu sukses selalu

10 May
Balas

Terima kasih bu :)

10 May

Mantab,Bu. Salam dari sby

10 May
Balas

Terima kasih bu, salam kenal Miss Ema dari Batam :)

10 May



search

New Post