Zaidatul Rahmayanny, S.Pd, M.AP

Saya seorang guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di SMPN 21 Batam. Menamatkan Sekolah Dasar di SDS Yayasan Bahtera Dwipa Abadi PT RSUP, Pulau Burung. SMP d...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERIHAL KEMATIAN (MUHASABAH DIRI)
manado.tribunnews.com

PERIHAL KEMATIAN (MUHASABAH DIRI)

PERIHAL KEMATIAN

Siapa, dimana, kapan, dengan siapa, dalam keadaan apa kita tidak ada yang tau tentang perihal kematian. Siap atau tidak siap setiap yang bernyawa pasti akan merasakan hal tersebut. Dalam Al-qur’an sudah dijelaskan dalam surah Ali Imran ayat 185 yang artinya “setiap jiwa pasti akan merasakan mati”Mau tidak mau makhluk ciptaan-Nya pasti akan kembali padaNya. Saat malaikat Izrail datang tak seorang dapat menghindar, ia akan menjalankan perintah Allah untuk mencabut nyawa siapa pun yang Allah perintah. Saat itu nyawa akan berpisah dengan raga, maka terputuslah kehidupan didunia kecuali amalan dan doa anak sholeh. Harta, jabatan, suami, istri, anak, orang tua, keluarga semua akan tinggal dan pada akhirnya kita akan tinggal sendiri dirumah baru itu.

Hari ini potret kehidupan menampilkan sebuah keluarga kehilangan pemimpin dikelurganya, yaitu sosok ayah dan suami yang selama ini menghidupi mereka, bekerja membanting tulang untuk membesarkan kelima anaknya yang masih kecil dan satu orang istri yang saat itu dalam keadaan sebelah badannya mengalami kelumpuhan. Dirumah tengah sudah terbujur kaku seorang laki-laki berbalut kain putih, hidungnya sudah ditutup dengan kapas, matanya sudah terpejam sejak Izrail bertemu dengannya. Disekeliling tampak anak-anak menangis sambil memeluk tubuh yang sudah menjadi jenazah itu. Disisi lain tampak perempuan paruh baya duduk dan dari pelupuk matanya keluar bulir-bulir bening. Tak ada yang menyangka kalau laki-laki itu akan pergi untuk selamanya karena ia begitu sehat dan bugar.

Kematian sebuah perihal yang sangat rahasia. Tidak ada yang dimatikan tanpa kehendakNya meskipun logika manusia menyangkalnya. Manusia hanya perlu menyiapkan amalan baik untuk menuju kematian. Maka dari itu kita sebagai makhluk ciptaan-Nya untuk selalu beribadah kepadanya, perbanyak melakukan hal yang baik, selalu lah ingat akhirat sebagai alarm dalam kehidupan sehingga kita tidak lalai dan fasik karena kematian selalu mengikuti kita dan tidak menunggu kita taubat. Kapan saja KEMATIAN akan menghampiri kita. Semoga kita dimatikan dalam keadaan husnul khotimah, Aamiin ya rabb.

Berikut doa mohon agar husnul khotimah

“ Allahummakhtim Lanaa bill islaami Wakhtim Lanaa bil limaani wakhtim lanaa bi husnil khotimat” artinya: “ya Allah, akhirilah hidup kami dengan Islam, akhirilah hidup kami dengan membawa iman dan akhirilah hidup kami dengan husnul khotimah”.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanallah, Maha BEnar Allah dengan segala firman-NYA.Terimakasih buat nasehat untuk diingat akan perihal mati yang menjasi milik Allah.Minal Aidin Wal Faidzin, Dari Papua, kami menyapa !

25 May
Balas

Semoga bermanfaat untuk kita semua,Aamiin.Minal Aidil Walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin jg bun, salam literasi dari Batam:)

25 May

Mantap bun, Mohon maaf lahir dan batin

26 May
Balas

terima kasih bunda,iya, mohon maaf lahir dan batin jg ya :)

26 May

Tulisannya sangat menarik ..mengingatkan kita tentang kematian. Salam lebaran

25 May
Balas

terima kasih bun, mohon maaf lahir dan batin ya bun:)

26 May

Terima kasih, sebagai renungan bagi kitaYa rabb...matikan kami dalam husnul khotimah

25 May
Balas

Aamiin ya rabb,minal aidil walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin:)

26 May

Aamiin ya rabb,minal aidil walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin:)

26 May



search

New Post