Zainul Abidin

Pengajar yang masih mencari jati diri...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kesepakatan Atau Toleransi?

Kesepakatan Atau Toleransi?

Tantangan hari ke-18

#tantangangurusiana

Dua kata yang saling berhubungan yaitu antara kata kesepakatan dan kata toleransi. Suatu kesepakatan dihasilkan dari penyatuan berbagai masukan dan pendapat dua orang atau lebih. Orang-orang yang bersepakat tentu sebelumnya telah menyampaikan pendapat, usul dan saran yang bisa berbeda, disinilah toleransi itu diperlukan. Tidak bisa memaksakan salah satu pendapat dengan mengorbankan pendapat yang lain. Mengalah sebagai bentuk suatu toleransi dibutuhkan guna menghasilkan suatu kesepakatan.

Kesepakatan yang telah diputuskan tentunya harus diamankan. Untuk melaksanakan keputusan tersebut tentunya harus disertai dengan kedisiplinan, niat dan kemauan yang kuat. Hal-hal yang kiranya harus dilakukan tidak boleh bersebrangan dengan kesepakatan yang telah diputuskan, bila dianggap kesepakatan yang diambil sudah tidak sesuai dengan kondisi yang ada maka untuk merubah kesepakatan tersebut harus diputuskan oleh forum yang ada.

Sebagai contoh telah disepakati suatu kegiatan akan dimulai pada jam 07.00 maka kegiatan tersebut harus dilaksanakan tepat pukul 07.00 bila ada keterlambatan maka bisa ditoleransi misalnya 30 menit atau paling lama satu jam. Namun bila ada orang yang keberadaannya harus ditunggu sampai ada karena kalau orang tersebut jika belum ada acara tersebut tidak bisa dimulai, maka pelaksanaan bisa dimulai sampai orang tersebut datang, disinilah toleransi bisa diambil untuk merubah kesepakatan.

Bagaimana jika ada orang yang belum datang tapi acara bisa tetap berjalan tanpa kedatangannya? Maka toleransi waktu yang berlebihan tidak perlu diambil, acara harus langsung dilaksanakan sesegera mungkin.

Namun kembali kesepakan bersama dan toleransi harus diutamakan, kapan kesepakatan atau toleransi yang harus dijalankan, jika ada anggota yang tidak sepaham maka harus bisa saling menghargai yang terpenting kegiatan tetap bisa berjalan.

Dan hari ini saya telah keluar dari kesepakatan atau kurang bisa bertoleransi? Silahkan ditentukan sendiri yang penting kegiatan bisa tetap berjalan walaupun tanpa kehadiran saya. Tetap semangat kawan.....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post