Zainul Abidin

Pengajar yang masih mencari jati diri...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mencoba Menggugah Semangat Literasi Melalui Mading Online

Mencoba Menggugah Semangat Literasi Melalui Mading Online

Tantangan hari ke-19

#tantangangurusiana

Mas Nadiem mengatakan bahwa masyarakat Indonesia saat ini sedang dilanda krisis literasi untuk itu orang tua dan guru mempunyai tugas untuk meningkatkan semangat literasi, berbagai cara atau metode harus ditempuh guna membentuk genarasi yang gemar membaca dan menulis. Saat ini semangat literasi kalah jauh dengan semangat bermain game, ini menjadi PR bagi guru dan orang tua agar krisis literasi tidak semakin mendalam.

Kita sebagai guru tentunya harus meningkatkan semangat literasi diri sendiri terlebih dahulu. Jika guru menyuruh siswa untuk membaca tapi dirinya tidak mau membaca maka keberhasilan untuk menumbuhkan semangat literasi jangan terlalu diharapkan. Contoh dan teladan dibutuhkan oleh siswa kita, untuk itu mulailah dari sekarang, tunjukkan kepada siswa bahwa kita mempunyai semangat berliterasi.

Blog gurusiana.id adalah salah satu portal yang bisa menumbuhkan semangat literasi guru karena disitu tempat puluhan ribu guru Indonesia yang mempunyai kemauan meningkatkan semangat literasi. Sebagai penyemangat, gurusiana.id juga mengadakan lomba-lomba menulis dengan hadiah menarik. Artikel-artikel yang ada di gurusiana id juga bervariasi, mulai dari puisi, cerpen, opini, reportase semuanya menjadi daya tarik tersendiri.

Kegiatan untuk meningkatkan semangat literasi juga ingin saya coba dengan metode berbeda seperti yang diterapkan biasanya, majalah dinding atau mading yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk menempelkan karya-karya siswa saat ini saya mencoba membuat mading online di web MTs Negeri 1 Bojonegoro tempat saya mengabdikan diri.

Saya mencoba menyediakan sub domain (http://mading.mtsn1bojonegoro.sch.id) sebagai tempat kreasi anak-anak secara online. Siswa bisa membuat artikel sesuai dengan kategori yang disediakan. Teknik untuk menarik minat siswa agar mau mengisi mading online tersebut sangat diperlukan. Pengurus OSIS yang pada dasarnya mempunyai kemampuan bisa diberi semangat untuk menjadi penggerak siswa-siswa lainnya, penugasan kepada seluruh siswa agar mengisi mading tersebut juga bisa menjadi metode yang dipilih. Lomba literasi yang menyediakan hadiah menarik juga bisa menjadikan daya tarik tersendiri bagi siswa agar semangat mengisi mading online sebagai salah satu bentuk literasi. Semog metode yang saya coba ini benar-benar menjadi daya tarik siswa untuk berkreasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post