Zainul Wasilah

Guru di SMAN 1 CERME GRESIK. Mendidik tidak sekedar mengajar. Tapi mendidik dari hati dan melihat bahwa setiap anak adalah memiliki keunikan yang harus ki...

Selengkapnya
Navigasi Web
(47)  Pementasan Ludruk

(47) Pementasan Ludruk

Oleh. Zainul Wasilah,S.Pd 

Kesempatan hari ini, merupakan hari yang istimewa. Tidak ada jam di kelas Sengaja jadwal diatur oleh pihak kurikulum sedemikian, karena memberikan kesempatan untuk semua kordinator,dalam pembenahan di tugas tambahannya. Seperti saya, sebagai kepala perpustakaan, maka saya harus bisa menyelesaikan pekerjaan,yang berkaitan dengan perpustakaan.

Merupakan  kesempatan yang istimewa, ketika hari ini, saya bisa menyaksikan penampilan anak-anak dalam pementasan ludruk. Awalnya, saya melihat anak-anak menggunakan pakaian keseharian, dengan dandanan yang berbeda. 

Beberapa anak, yang sempat berpapasan dengan saya, menggunakan pakaian batik,pakaian polisi, kostum menari dan pakaian adat Jawa Timuran. Iseng saya tanyakan,vternyata mereka sedang bermain peran untuk penampilan ludruk. Penampilan mereka dalam rangkaian memenuhi tugas akhir, yaitu mata pelajaran bahasa Jawa.

Penampilan mereka, dimulai pada pukul 08.00 WIB. Mengenai pementasan dengan latar belakang budaya Jawa Timuran  Dalam ludruk yang ditampilan. Nilai yang bisa diambil adalah, nilai budaya bangsa, akan terus ditanamkan ke generasi muda. Seiring dengan kemajuan zaman, pola kebudayaan baru yang datang, tidak dapat menggerus kebudayaan daerah.

 

Rumahku,  24 Februari 2022

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post