Zakiah,SS

Zakiah, SS, mengajar di MTsN 3. Lima Puluh Kota...

Selengkapnya
Navigasi Web

jurnal tantangan hari ke-1

Jurnal Tantangan 14 hari Zona 3

Hari ke-1

1. Daftar Rencana stimulasi selama 14 hari

Nama Ananda: Fathimah Humairah

Usia Anak : 6, 5 tahun

Perkembangan

Aktivitas

Waktu

1. Sosial

Komitmen dan yang sudah dilatih

31 Mei 2023

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

2. Ceritakan aktivitas stimulasi yang dijalankan pada hari tersebut.

Fathimah umur 6,5 tahun Alhamdulillah sudah hafal bacaan salat. Dia biasa salat di sekolah dan di rumah berdua dengan ummi. Setiap salat dia sudah tenang dan tidak banyak gerak. Kadang sesekali sujud agar kurang tenang, tapi setelah diingatkan dia Kembali tenang dan tumakninah. Dengan kebiasaan seperti itu, Fathimah juag sudah bisa diajak untuk salat berjamaah di masjid. Dia selalu mengikuti Gerakan imam dengan tenang sehingga orang dewasa yang salat di sebelahnya bisa tenang dan tidak khawatir shaf terputus karena batal atau tidak melanjutkan salatnya karena ada gangguan atau ada anak kecil sebaya dengannya mengajak untuk bermain atau ngobrol.

Tadi malam, kebetulan kami pulang menghadiri undangan, mampir di took dan salat magrib di Masjid Muslimin yang ada di dekat toko. Saat baru sampai di masjid, Fathimah melihat seorang anak gadis kecil sebaya dengannya, juga Bersiap untuk salat.

“Ummi, Immah mau kenalan sama kakak itu!’ katanya malu-malu.

“Kenalanlah” kata ummi.

Tapi Fathimah sepertinya masih malu, berusaha mengumpulkan keberaniaan. Anak gadis kecil itupun sepertinya ingin kenalan juga dengan Fathimah, terlihat dari cara dia melirik dan memperhatikan Fathimah. Saat muazin sudah melantunkan iqamah, akhirnya mereka sama-sama berdiri dan langsung kenalan. Terlihat langsung akrab dan mereka pun ummi suruh berdiri untuk salat disamping ummi.

Setelah salat di mulai, rupanya teman baru Fathimah ini belum tenang saat salat. Dia banyak gerak dan mulai mengajak Fathimah ngobrol. Dia juga mulai tertawa dan cekikikan saat salat. Ummi jadi tidak tenang dan khawatir Fathimah jadi terpengaruh. Sampai Ketika ruku’ dia juga rukuk agak brutal termasuk saat sujud seperti orang tertelungkup. Fathimah sepertinya sedikit terpengaruh.

Setelah salat ummi sampaikan kepada Fathimah agar tenang Ketika salat seperti biasa saat dengan ummi. Jangan terpengaruh oleh teman atau orang lain. Fathimah [un mengannguk dan mengerti. Ketika besoknya salat subuh ke masjid, dia sudah mulai Kembali tenang saat salat.

Teman atau lingkungan sepertinya memang sangat berpengaruh terhadap anak, apalagi seumuran Fathimah.

Ummi bersyukur sela mini Fathimah belajar dengan baik di sekolah dan juga sabar saat salat sehingga dia bisa tenang. Tak mudah melatih anak-anak untuk bisa salat dengan tenang apalagi sampai selesai termasuk Ketika zikir dan doa setelah salat.

Ketenangan itu memang dipengaruhi oleh Latihan dan kebiasaan terus menerus. Latihan salat tarawi selama dua tahun berturut-turut sangat membantu ketenangan itu. Ummi jadi bersyukur sekali semoga Fathimah bisa istiqamah sampai dewasa kelak.

3. Tuliskan hasil observasi stimulasi yang dijalankan

Dari komunikasi yang ummi sampaikan ke Fathimah dan dengan melaksanakan salat berjamaah Bersama Fathimah, ummi bisa mengontrol sikap dan kesabaran dia selam salat. Motivasi dan support setiap selesai salat ummi harapkan bisa menguatkan Fathimah untuk istiqamah dalam melasanakan salat.

4. Lengkapi dengan dokumentasi (foto/video)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post