Zakiah,SS

Zakiah, SS, mengajar di MTsN 3. Lima Puluh Kota...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengendalikan Internet dengan Bijak dan Cerdas

Mengendalikan Internet dengan Bijak dan Cerdas

Oleh: Zakiah, SS

Beberapa waktu yang lalu kami kedatangan asesor penilaian akreditasi pusataka dari pusat. Baru memasuki pintu perpusatakaan beliau mengomentari kotak saran yang manual agar juga lengkapi kotak saran online dengan QR

“Sekarang bukan lagi zamannya siswa dilarang membawa HP ke sekolah karena dengan transformasi perpustakaan berarti banyak akses yang dibutuhkan menggunakan gadget!” ujar sang asesor. Saya jadi tercenung sendiri. Begitukah? Tanya saya dalam hati.

Di lain waktu saya membaca buku berjudul Guru Hebat Di Era Milenial. Di dalamnya ditulis bahwa keahlian pendidik di bidang teknologi, Informasi dan komunikasi sudah menjadi suatu keharusan. Guru hanya sebagai fasilitator sedangkan siswa harus aktif dan mandiri untuk mencari informasi dan memburu sumber belajar berbasis IT. Untuk itu tingkat ketergantungan pada internet sangat tinggi. Itulah sebabnya kerjasama orang tua dan pendidik sangat dibutuhkan untuk mengawasi para putra dan putrinya. Peserta didik harus bisa mengendalikan internet dengan bijak dan cerdas.

Mengendalikan internet dengan bijak dan cerdas? Sebuah penyataan yang membutuhkan refleksi diri kita para pendidik dan orang tua. Sebelum meminta siswa, sudahkah kita para orang tua mampu mengendalikan internet? Ataukah sebagian kita masih sama dengan mereka, belum mampu mengendalikan internet dengan cerdas dan bijak. Malah sebaliknya kita yang dikendalikan internet. Jauh sebelum internet berkembang pesat, sejatinya sudah dikenalkan dengan namanya internet. Bagaimana mengendalikannya, apa manfaat dan mudharatnya? Kalau sudah tahu dengan membaca sedikit-sedikit tapi belum sampai ke tahap menyadari dengan sepenuh hati. Kita masih terlena dengan kenyamanan dan keasyikan yang disuguhkan internet. Kita belum menjadi orang yang cerdas dan bijak, baru berada pada tahap terlena dan takjub serta keasyikan. Belum menyadari bahaya yang mengintai baik secara fisik maupun mental. Kalau pun ada itu baru pada segelintir orang yang benar-benar awareness.

Tugas kita para orang tua memang berat, mencari banyak informasi bagaimana mengelola internet secara cerdas dan bijak baik untuk diri kita apalagi untuk anak. Buku panduannya harus jelas, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh termasuk bagaimana berinternet atau menggunakan Gadget secara sehat.Ternyata banyak hal yang perlu kita sampaikan dan diskusikan bersama anak.(bersambung)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post