Zakiah,SS

Zakiah, SS, mengajar di MTsN 3. Lima Puluh Kota...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tantangan hari ke -10

TANTANGAN HARI KE-10

Jumat, 19 Mei 2023

1. Poin Komunikasi Produktif yang aku latih hari ini adalah Jelas dalam memberikan pujian dan kritikan

2. Parnerku berlatih komunikasi produktif hari ini adalah anak umur 6 tahun

3. Kesimpulan darii hasil latihanku hari ini: sungguh-sungguh melatih dan bersabar menunggu hasil.

4. A. Apa yang sudah baik dari Latihan komunikasi produktifku hari ini? Fathimah mengetahui apa hal yang positif dalam dirinya

B. Apa yang ingin aku perbaiki untuk Latihan besok? Sabar melatihnya terus menerus.

Jurnal Latihan Komunikasi Produktifku

Hari ke-10 (Jumat, 19 Mei 2023)

Setelah belajar materi komunikasi produktif ini membuat ummi menyadari banyak kesalahan yang telah kami lakukan sebagai orang tua, karena kurangnya ilmu dan wawasan serta kurang tepatnya pola yang dilakukan orang tua kami dahulu sehingga tanpa disadari pola itu itu terulang kembali.

Misalnya dalam hal memberikan pujian dan kritikan. Kami sering focus pada kesalahan dan kurang menyampaiakan pujian. Pujian akan diberikan saat anak-anak menerima penghargaan atau meraih prestasi tapi jarang memuji perilaku. Sering mengkritik perilaku tapi dengan Bahasa yang kurang tepat. Hal inilah yang ingin kami ubah, perbaiki dan latih Kembali.

Misalnya Fathimah, dia punya kelabihan selalu menyimpan mainannya, setiap selesai bermain dia berusaha menyimpannya Kembali. Cuma ummi kurang atau belum pernah menyampaikannya langsung, Abang zaki juga, dia adalah anak yang rapi. Rapi saat menyetrika pakaian dan juga rapi saat packing barang, tapi mungkin belum pernah kami menyampaiakannya langsung.

Rahmat juga punya banyak kelebihan tapi kami malah sering menyampaikan kekurangannya. Saat mengkritik pun bahasanya kurang pantas atau malah menyinggung perasaannya,

“Ummi perhatikan Fathimah rajin menyimpan mainan, ummi senang melihatnya, jadi selalulah seperti itu ya!”

“Ummi perhatikan Immah senang sekali mencium kucing, kucing itu tidak selalu bersih, jadi-hati saat berdekatan dengan kucing agar tidak terkena penyakit atau kumannya pindah ke kita

“Ummi perhatikan Rahmat agak kurang cepat bergerak atau merespon sesuatu. Ummi harap Amat bisa merubah kebiasaan itu agar tidak terbawa sampai dewasa.!”

‘Rahmat ummi lihat sudah bagus dalam berpidato, teruslah berlatih dan jangan pernah menolak jika ada kesempatan untuk tampil atau diminta untuk tampil walau waktunya mendadak sekalipun. Teruslah semangat dan berlatih!”

“Ummi lihat Amat agak kurang semangat untuk memenuhi hak tubuh untuk memperoleh makanan yang bergizi. Semangatlah untuk makan makanan yang sehat agar bisa beraktivitas dengan maksimal, jangan sampai sakit dulu, baru berusaha untuk makan,!”

“Ummi perhatikan saat liburan Hanif agak terlalai dengan seringnya bermain game di HP, ummi harap kebiasaan seperti bisa diubah atau cepat dialihkan agar tidak terlalai, apalagi Hanif sekarang sedang menyelesaikan skipsi, jadi harus ketat dalam mengatur jadwal agar target untuk wisuda di bulan Agustus bisa tercapai!”

“Ummi perhatikan kakak kadang mut-mutan saat bermain dengan Fathimah, buatlah dia senang dan didiklah dia dengan cara yang baik jangan terlihat seperti memusuhinya atau merasa dia tidak disayangi sehingga membuat dia menangis. Fathimah punya perasaan yang halus, mudah berhiba hati.

Dengan lima orang buah hati, ummi mesti memperhatikan kelabihan dan kekurangan masing-masing, mudah mengapresiasi dan hati-hati dalam memberikan kritikan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post