Zakiah,SS

Zakiah, SS, mengajar di MTsN 3. Lima Puluh Kota...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tantangan hari ke-14

TANTANGAN HARI KE-14

Selasa, 23 Mei 2023

1. Poin Komunikasi Produktif yang aku latih hari ini adalah transfer 0f feeling

2. Partnerku berlatih komunikasi produktif hari ini adalah anak bujang 24 tahun

3. Kesimpulan darii hasil latihanku hari ini: sungguh-sungguh melatih dan bersabar menunggu hasil.

4. A. Apa yang sudah baik dari Latihan komunikasi produktifku hari ini? Saling suport

B. Apa yang ingin aku perbaiki untuk Latihan besok? Sabar melatihnya terus menerus.

Jurnal Latihan Komunikasi Produktifku

Hari ke-14 (Selasa, 23 Mei 2023)

Hari ini bujang sulung kami akan mengikuti munaqasah/ ujian akhir dari Pendidikan yang ditempuhnya secara bersamaan dengan kulian di UIN. Dua kulian sekaligus sebenarnya tidak mudah, tapi Alhamdulillah dia bisa melewatinya , tentu saja dengan perjuanagn dan kerja keras. Saat yang lain bisa agakn santai dan bisa berorganisasi, tapi si abang harus rela berkutat dengan buku dan kitab siang dan malam. Malam dan subuh kuliah di Darus Sunnah, siangnya di UIN Syahid.

Awalnya saat dia baru tamat di Arrisalah (setelah 6 tahun mondok) dan harus kuliah di ibukota, ummi sempat khawatir melepasnya kuliah di Ibukota. Syukurnya dapat info untuk bisa bergabung di Darus Sunnah, yang mengharuskan dia tinggal di asrama. Setelah berjuang ikut tes dua kali, abang baru dinyatakan diterima.

Saling support melalui WA grup keluarga, kami mencoba saling support dan saling memberi informasi sehubungan dengan kegiatan kuliah dan kegiatan lainnya.

Dulu, anak-anak sering kurang respon jika ada info di wagrup. Mereka kurang semangat untuk memberi apresiasi saat ada yang posting foto kegiatan atau info lainnya. Secara perlahan abi dan ummi untuk mengingatkan mereka agar semangat untuk memberikan apresiasi dan support saat ada yang posting sesuatu. Saat diingatkan sudah mulai ada perubahan tapi masih belum maksimal. Yang sering komen hanya ummi dan abi, sesekali kakak. Yang jarang itu justru abang zaki dan abang Hanif. Sekarang sudah semakin sering mungkin sudah terasa manfaatnya. Selain untuk saling mendekatkan , support itu sangat perlu untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan merasa dihargai.

Memang untuk menumbuhkan rasa percaya diri, komen dan memberikan tanggapan terhadap postingan di wa grup tidaklah mudah. Takut salah dan takut ditertawakan kadang membuat kita memilih silent di wa grup baik di grup kantor, sekolah dan keluarga itu hal yang biasa kita rasakan Kemampuan untuk memberikan tanggapan perlu dilatih, diasah dan dibiasakan. Bagaimana memberikan tanggapan yang baik, sopan dan berkelas memang perlu dilatih dan itu bisa kita mulai dari lingkup keluarga.

Sebenarnya ini ummi rasakan hal yang perlu dibiasakan agar tidak canggung dilingkup yang lebih luas apalagi jika sudah masuk ke ranah dunia kerja. Komunikasi yang baik pada akhirnya juga akan berimbas pada dunia kerja apalagi bagi anak-anak yang nanti akan memasuki dunia itu. Semakin bagus komunikasi semakin bagus juga hubungan yang terjalin nantinya serta semakin mudah diterima di masyarakat luas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post