Zaleha

Sebagai seorang guru, dengan berbagai pengalaman unik karena ditempatkan di daerah yang sangat jauh dari rumah, tidak membuat diri ini menyerah. Justeru menjadi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Forum Diskusi Eksplorasi Konsep Modul 2.1

Forum Diskusi Eksplorasi Konsep – Modul 2.1

Oleh ZALEHA, CGP Angkatan 10

KAB: Muaro Jambi

Modul 2.1.a.4.1 Yaitu Forum Diskusi – Ekplorasi Konsep Modul 2.1 terdapat beberapa pertanyaan yang harus saya jawab sesuai pemahaman,dengan menyimak dua video yang di sajikan pada Learning Management System (LMS) pendidikan guru penggerak. Pertanyaan untuk diskusi daring antara lain:

1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

Jawab

Video 1

Berdasarkan informasi dari video tersebut, untuk memetakan kebutuhan murid di kelas, harus memahami 3 aspek yaitu: Kesiapan belajar murid, Monat belajar murid, dan Profi belajar murid. Pemetaan kebutuhan murid tersebut, menjadi dasar menentukan strategi pembelajaran diferensiasi yang akan kita gunakan. Ada tiga strategi, antara lain:

· Diferensiasi Konten, konten adalah materi yang diajarkan kepada murid. Perlu ada persiapan pemetaan kesiapan belajar,minat dan profil belajar murid, agar bahan ajar yang disiapkan sesuai dan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh murid.

· Diferensiasi Proses, ada beberapa sknario yang dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran, agar murid memahami materi. Kegiatan tersebut, bisa secara berjenjang dengan pertanyaan pemandu untuk menentukan minat masing-masing murid, membuat agenda individual masing-masing murid dimulai dari tugas umum ke tugas khusus, adanya variasi waktu menyesuaikan kebutuhan.

· Deferensiasi Produk, Setelah proses pembelajaran,produk tagihan/ unjuk kerja yang diharapkan dari murid bisa berupa hasil tes,diskusi,pertunjukan,pidato,diagram dan lainnya yang mencerminkan pemahaman murid. Hal yang dapat dilakukan untuk deferensiasi produk dapat dilakukan setelah melakukan pemetaan kebutuhan murid.Guru harus dapat mengetahui dan mengomunikasikan indikator yang diharapkan dari produk yang dicapai.

Video 2

Berdasar video 2, beberapa informasi yang dapat saya ambil adalah lingkungan belajar yang perlu disiapkam untuk mendukung kegiatan pembelajarn berdeferensiasi.

· Kesuksesan dari penerapan pembelajaran berdeferensiasi didukung oleh lingkungan belajar yang efektif.

· Iklim pembelajaran berdeferensiasi akan menimbulkan dampak yang positif, hubungan yang harmonis dan saling menghargai antar warga sekolah.

· Guru membantu memecahkan setiap masalah di kelas secara konstruktif.

· Tujuan dari pembelajaran berdeferensiasi adalah untuk memaksimalkan pertumbuhan potensi yang dimiliki oleh masing masing murid menyesuaikan dengan kemampuan yang di mikiki.

· Guru harus dapat mencari tahu sejauh mana capaian murid serta memberi pemgalaman yang bermakna.

· Merancang pembelajaran yang menentang dengan tingkat yang telah disesuaikan.

2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

Jawab

Gagasan baru yang saya dapat dari video dan artikel adalah:

· Dalam berdeferensiasi, guru dapat menentukan penilaian masing -masing murid sesuai kemampuannya.

· Lingkungan belajar sangat mendukung keberhasilan pembelajaran diferensiasi,guru harus membentuk atmosfer lingkungan kelas yang positif.

· Bagaimana menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik dan kreatif.

· Bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang nyaman ,aman dan menyenangkan bagi guru dan murid.

· Mengimplementasikan strategi pembelajaran berdeferensiasi yang tepat dalam kegiatan belajar di kelas.

· Dalam kegiatan pembelajaran, guru juga di tuntut untuk memiliki prinsif adil, adil disini bukan berarti sama, namun dengan adil murid dapat terpenuhi kebutuhan belajarnya dan mendapatkan kesuksesan sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Jawab

· Melakukan pemahaman dan pemetaan Tingkat kesiapan murid, minat belajar, dan profil belajar yang berbeda

· Karna perlu adanya keyakinan, kesungguhan dan juga kolaborasi antar semua elemen untuk dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran berdeferensiasi secara tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Jawab

· Cara membuat modul ajar yang tepat, sesuai dengan kegiatan pembelajaran berdeferensiasi secara lengkap.

· Apakah guru mampu jika harus menyiapkan semua strategi dalam pembelajaran deferensiasi, dalam mata pelajaran yang di ampuh oleh guru kelas?.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post