Zulaika Ramli

Zulaika Ramli mempunyai nama lengkap Zulaika Siti Astati anak dari pasangan ayah Ramli dan ibu Sarifah. Zulaika dilahirkan di suatu desa Talang Pengeran Ogan Il...

Selengkapnya
Navigasi Web
Si Cantik Bergizi

Si Cantik Bergizi

Pagi tadi saya pergi kekebun karet yang tidak jauh tempat pemukiman masyarakat  desa Desa Tanjung Agung Kecamatan Tanjung Agung, Dikebun karet ada batang pohon yang sudah lapuk dan saya lihat ada sesuatu yang tumbuh di pohon lapuk tersebut. Ternyata setelah diamati sejenis jamur. Namun jamur ini lain dari  jamur yang biasa saya temukan di kebun. Jamur ini berwarna orange bentuknya menyerupai mangkok ,cantik. Saya ambil saya bawa pulang

Sampai dirumah saya tanya tetangga kiri kanan, ternyata jenis jamur ini enak dimakan dan namanya jamur mangkok.

Untuk memuaskan rasa penasaran saya dengan jenis jamur yang baru saya temukan, saya cari reverensi  tentang si mangkok. Dan inilah data dan manfaat nya.

 Nama Latin : Cookeina sulcipes

Nama Lokal : Scarlet Cup Fungi

Di temukan :

Di temukan oleh saya di atas batang pohon lapuk diarea kebun karet desa Tanjung Agung.

Habitat/substrat: biasanya tumbuh sebagai saprotrof di cabang, ranting, dan batang kayu mati yang sudah lapuk dan lembab.

Jamur adalah salah satu makanan yang banyak dikonsumsi, terutama oleh orang vegetarian. 

Mengandung Vitamin B

Ternyata, jamur juga mengandung vitamin B yang bisa melancarkan proses metabolisme tubuh. Kandungan vitamin B dalam jamur berbeda-beda. Jamur portobello, misalnya mengandung vitamin B9 lebih banyak, daripada jamur crimini. Lalu, jamur shitake mengandung vitamin B6 lebih banyak dibandingkan jamur lainnya.

Mengandung Vitamin D

Selain vitamin B, jamur juga mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, otot, fungsi saraf, dan sistem kekebalan tubuh. O iya, kebutuhan vitamin D harian kita tidak bisa dipenuhi oleh jamur seutuhnya. Jadi, kita harus tetap mengonsumsi makanan lain yang mengandung vitamin D, seperti ikan atau telur.

termasuk makanan yang rendah kalori, lo. Satu mangkuk jamur cokelat atau jamur putih hanya memberikan kita 20 kalori dan 2 gram protein. Selain rendah kalori, tekstur jamur yang kenyal juga bisa membuat kita lebih cepat kenyang. Jadi, jamur sangat cocok dikonsumsi orang yang sedang menurunkan berat badan.

Meningkatkan Rasa Makanan

Selain rendah kalori, jamur juga bisa membuat rasa makanan lebih enak, lo. Kenapa? Karena jamur akan memberikan rasa gurih pada makanan yang dimasak bersamanya. Wah… luar biasa sekali, ya, bahan makanan yang satu ini.

Mengandung antioksidan

Ternyata, jamur mengandung antioksidan. Antioksidan di dalam jamur bisa memerangi radikal bebas yang merusak tubuh dan menyebabkan penyakit serius, seperti jantung dan kanker. Selain itu, antioksidan di dalam jamur juga bisa menunda penuaan. Selain antioksidan, jamur juga mengandung selenium. Selenium juga bisa memerangi zat radikal bebas, loh

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

30 Jan
Balas

Terima kasih Pak..salam literasi

30 Jan

Ulasan yang sangat bermanfaat..sukses selalu bu

30 Jan
Balas

Terima kasih Pak..Aamiin.

30 Jan
Balas

Terima kasih Pak..Aamiin.

30 Jan
Balas



search

New Post