Zulfadhliyah, S.Ag, MA

GURU SMPN 5 BUKITTINGGI SUMBAR...

Selengkapnya
Navigasi Web
BETUL-BETUL MERUNGI

BETUL-BETUL MERUNGI

(Tantangan Gurusiana.Hari ke-23)

Shalat subuh merupakan shalat wajib yang paling sedikit jumlah rakaatnya, hanya dua rakaat saja. Namun ia memiliki banyak keutamaan dibanding dengan shalat wajib yang lain.

Rasulullah saw bersabda:“Sesungguhnya dua shalat ini (Subuh dan Isya) adalah shalat yang berat bagi orang munafik. Sesungguhnya, apabila mereka mengetahui apa yang ada dalam shalat subuh dan isya, maka mereka akan mendatanginya, sekalipun dengan merangkak,”(HR Ahmad dan An-Nasa’i).

Dapat dibayangkan seseorang yang kakinya cacat sehingga tidak mampu untuk berjalan ke masjid untuk shalat berjamaah, tapi ia tahu keutamaan yang akan didapatkannya dari shalat subuh, maka ia akan tetap pergi ke masjid walaupun dengan keadaan merangkak. Lalu bagaimanakah dengan kita yang mempunyai kaki yang sempurna?. Alasan apalagi yang bisa melalaikan sehingga tidak dapat melakukan shalat subuh berjamaah ke masjid ?.

Seiring dengan itu Rasulullah SAW bersabda” Dua rakaat shalat fajar(shalat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.(H.R Muslim)

Jika dilakukan dua rakaat shalat sunnah sebelum subuh, berarti setiap harinya kita akan memperoleh dunia beserta isinya. Shalat subuh juga dapat menjadi standar keimanan seseorang dan ujian terhadap kejujurannya, karena waktunya sangat sempit.

Rasulullah saw juga bersabda:“ Siapa yang shalat Isya berjamaah, seolah-olah ia telah shalat malam selama separuh malam. Dan siapa yang shalat subuh berjamaah, seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya” (HR.Muslim).

Siapa orangnya yang sanggup melakukan shalat malam dari isya sampai subuh. tentu sangat jarang kita temukan. Tapi dengan hadirnya kita pada shalat subuh berjamaah sama nilainya dengan shalat malam dari waktu isya sampai subuh.

Shalat subuh berjamaah akan disaksikan oleh para malaikat.Allah SWT berfirman :”Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan oleh malaikat”. (QS, Al-Isra’ ayat 78).

Pada waktu subuh bertemulah malaikat yang bertugas pagi dengan malaikat yang bertugas malam. Maka saat subuh tersebut hadir banyak malaikat. Malaikat yang bertugas pagi baru turun, ia ikut shalat subuh, begitu juga malaikat malam juga ikut shalat subuh dan langsung melaporkan ibadah orang-orang yang ikut shalat subuh. Itulah sebabnya maka shalat subuh itu sangat berbeda dengan shalat yang lain, dimana hati terasa nyaman dan tenang sekali.

Begitu banyak hikmah dan keutamaan shalat subuh tersebut dan betul-betul

merungilah orang yang melalaikannya apalagi meninggalkannya.

“Bukittinggi, 23 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post