Zulfadhliyah, S.Ag, MA

GURU SMPN 5 BUKITTINGGI SUMBAR...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGALAH BUKAN BERARTI KALAH

MENGALAH BUKAN BERARTI KALAH

(Tantangan Gurusiana Hari Ke-11)

Dalam menjalankan aktifitas keseharian seringkah anda mengalami dan merasakan kesalahpahaman antara atasan dengan bawahan, antara orang tua dengan anak, adik dengan kakak, atau sesama teman.? Di antara penyebabnya adalah karena sifat otoriter dan egois dari satu pihak, sehingga pihak lain akan selalu mengalah.

Seorang pimpinan yang otoriter dan egois yang menganggap bawahannya sebagai pesuruh bukan sebagai mitra kerja, akan membuat bawahannya sering mengalah, orang tua yang egois jika terjadi perdebatan dengan anaknya, maka sianak juga sering mengalah demi menghargai orang tuanya. Begitu juga perdebatan dengan teman sesama kerja.

Jika yang di kedepankan egois dan kesombongan masing-masing maka tidak akan terjadi kedamaian,keakraban. Salah satunya harus mengalah, bukan berarti kalah, tetapi akan berusaha untuk mencari cara lain untuk penyelesaiannya. Itu butuh waktu dan kesabaran.

Mengalah adalah suatu kemenangan bagi jiwa yang berkualitas tinggi. Kalah bukan berarti tidak mampu melawan atau bersaing, justu bagi orang egois yang mau menang sendiri itu adalah orang yang kalah dalam mengendalikan fikiran dan jiwanya.

Semakin sering mengalah dari orang yang egois, maka semakin terlatih kesabaran dan menjadi pribadi yang dewasa serta terbiasa untuk mampu mengontrol hati. Jadi dari satu sisi ia kalah tapi dari banyak sisi ia sangat beruntung.

Bukittinggi, 11 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sabar ada pula batasnya ya ibu. Sekali sekali kita lawan dengan argumen yang tepat untuk menyadarkan orang yang egois

12 Sep
Balas



search

New Post