Zumroh

Bismillah...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENJADI PENTIGRAFIS PRAKTIS

MENJADI PENTIGRAFIS PRAKTIS

Pentigrafis sebutan untuk penulis Pentigraf atau Cerpen Tiga Paragraf. Cerita pendek yang pendek (Short Short Story) di temukan oleh seorang Dosen Universitas Negeri Surabaya Bapak Tengsoe Thahjono. Pada webinar V yang di selenggarakan pada tanggal 20 Juni 2020 lalu oleh Mediaguru bertema Meneroka Dapur Pentigraf mengupas tuntas apa dan bagaimana itu pentigraf.

Banyak istilah cerita pendek seperti : Flash Story, Fiksi Mini, Flash Fiction, Cerita Mini, Cerita Sekilas, dan Cerita 140 Huruf, itu semua masih tergolong Panjang. Bapak Tengsoe menemukan cerita pendek atau cerpen yang hanya tiga paragraph yang tokoh, alur, setting dan konflik langsung di berkelindan didalamnya.

Ada beberapa formula dalam pentigraf:

- Focus pada persoalan yang di hadapi/ tema yang diangkat.

- Elemen narasi yang di sajikan utuh Bersama-sama

- Kurangi dialog, ubah menjadi deskripsi atau narasi

- Upayakan ada kejutan di paragraph tiga

- Panjang paragraph sewajarnya maksimal 120 kata

Pentigrap bukan memindahkan fakta tetapi mengolah dan mengangkat realitas yang ada menjadi realitas baru. Tokoh utama pentigraf bisa berupa manusia, hewan, tumbuhan, benda, alam dan sebaginya.

Pentigraf menjadi penting karena fenomena sekarang, kita banyak yang kekurangan waktu untuk membaca dan menulis.

Pesan terakhir pak Tengsoe setelah memaparkan materinya: sebelum mencintai yang Panjang Panjang kita kenal dulu yang pendek pendek, kalau pendek sudah di kuasai maka bikin cerita Panjang, novel dan lain lain akan bisa.

Selamat berpentigraf..

Air Tawar, 23 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hebat tulisannya Bu

24 Jun
Balas

Terima Kasih bu.. salam

24 Jun

Keren ..Bunda..salam kenal

23 Jun
Balas

Terima kasih. salam kenal juga

23 Jun



search

New Post