Zunaldi. S. Ag, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Qonaah

Tagur ke 85

Qonaah

Qonaah adalah suatu sifat yang menerima dengan rela terhadap apa yang telah dibeikan Allah kepadanya, dengan kata lain merasa cukup terhadap apa yang telah diberikan Allah kepadanya.Disamping itu orang yang qonaah akan merasakan ketentraman,kedamaian, kenyamanan dan kebahagiaan.

Adapun fungsi qonaah dalam kehidupan manusia adalah :

1.Stabilisator : maksudnya adalah orang yang qonaah maka jiwanya akan selalu stabil dengan keadaannya, ketika ia punya harta sikapnya seperti itu juga tidak menyusah, ketika tidak berada hatanya tidak menjadikan ia gelisah.

2. Dinamisator : maksudnya adalah orang yang qonaah akan berupaya untuk menjadi maju dan berkambang sesuai dengan apa yang ia punyai.

Disamping itu ada sebuah hadis qutsi seperti yang telah dijelaskan oleh Abu Wakiq Alayst, Nabi barkata : Allah berfirman, kalian telah diberi harta, oleh sebab itu lakukanlah sholat, bayarlah zakat.kalau anak adam memiliki satu lembah maka ia berkehendak dua lembah, setelah dua lembah dimiliki maka ia akan berhajad tiga lembah. Inilah keadaan manusia yang tifak merasa qonaah, sehingga tidak pernah puas.inilah orang yang miskin.

Orang yang qonaah sesuai dengan hadits nabi kekayaan mereka adalah kaya jiwa. Sehingga batunnya selalu bahagia.

Zunaldi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

16 Apr
Balas

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

16 Apr
Balas

Mantap ulasannya keren

16 Apr
Balas

Trimks buk ris, barakallah

16 Apr

Ulasan yang mantap dan mencerahkan, salam sukses selalu pak..

16 Apr
Balas

Aamiin. Trimks buk sry

16 Apr

Aamiin. Trimks buk sry

16 Apr



search

New Post