Zurliati

ZURLIATI KELAHIRAN PEKANBARU/ 17 JULI 1970 BERTUGAS SEBAGAI KEPALA SEKOLAH SDN 51 BENGKALIS...

Selengkapnya
Navigasi Web

Adab makan

Adap makan

#tantangan gurusiana hari ke-91#

Makan

Setiap hari kita makan, hari hari kita makan, semua itu kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Alangkah bagusnya makan yang kita lakukan setiap hari mendapat manfaat untuk akhirat kelak. Selain bermanfaat untuk kebutuhan di dunia.

Bagaimana cara nya?

Tentu nya cara yang dianjurkan dan dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Makan dan minuman lah dengan tangan kanan. Makanlah dengan duduk jangan berdiri. Makanlah dengan berjamaah, makan dengan satu nampan. Cuci tangan dengan air yang mengalir. Jangan bicara sambil makan. Makanlah sambil berzikir. Jangan mencela makanan. Jangan ada makanan yang terbuang, kecuali memang tidak dapat dimakan, seperti tulang dan sebagainnya.

Apabila kita makan terbuang, maka hal tersebut memberi makan jin, sehingga ia gemuk dan mengganggu kehidupan kita. Untuk itu jangan makan bersisa.

Adab-Adab Makan Dan Minum ADAB-ADAB MAKAN DAN MINUM Oleh Syaikh ‘Abdul Hamid bin ‘Abdirrahman as-Suhaibani Adab-adab makan dan minum meliputi tiga hal; adab sebelum makan, adab ketika makan dan adab setelah makan. 1. Adab Sebelum Makan a. Hendaknya berusaha (memilih untuk) mendapatkan makanan dan minuman yang halal dan baik serta tidak mengandung unsur-unsur yang haram, berdasarkan firman Allah: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu…” [Al-Baqarah/2: 172] b. Meniatkan tujuan dalam makan

Referensi: https://almanhaj.or.id/4005-adab-adab-makan-dan-minum.html

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post