Zusal Risfahni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KEUTAMAAN ADAB

Jika ingin lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat berjalan dengan harmonis dan bahagia, hendaklah mengutamakan adab dibanding ilmu.

Ibadah kepada Allah, hubungan sosial kemasyarakatan dan interaksi antar sesama, membutuhkan adab yang baik. Dengan adanya pembiasaan adab yang baik, akan melahirkan kemaslahatan dalam beraktifitas sehari-hari. Dan hal inilah yang pernah dilakukan oleh para ulama kita dahulu yang lebih mengutamakan adab daripada ilmu.

Adab yang harus dicontoh oleh kita umat Islam adalah Adab nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam dengan memberikan keteladanan, seperti kerendahan hati dengan rajin beribadah walaupun sudah dijamin Allah masuk surga. Beliau sangat santun dalam bertutur kata dan bersikap kepada keluarga dan handai taulannya. Suka memaafkan dan hidup sederhana. Jujur dalam berkata sehingga diberi gelar al-Amin. Bertanggung jawab terhadap amanah yang dipikulkan dan banyak lagi yang lainnya.

Adab tidak sama dengan karakter, lebih luas maknanya. Berkarakter baik atau buruk bisa dimaksudkan sebagai ber "peran" baik atau buruk. Namun tidak mengacu kepada dimensi Ilahi, hanya kepada dimensi manusiawi. Seseorang mampu berkarakter, namun belum tentu mampu beradab. Seorang pemimpin mampu bersikap santun, berwibawa, tekun dalam bekerja, namun ia tidak beradab jika masih melegalkan judi, tempat-tempat hiburan, minuman keras, kesyirikan dan lain sebagainya.

Disinilah adab sangan berperan dalam membentuk prilaku seseorang untuk menjadikannya mampu menciptakan keharmonisan dan kedamaian di lingkungan yang dipimpinnya. Peran manusia sebagai pemimpin di permukaan bumi sangat dibutuhkan dan menentukan kualitas serta keberhasilan menanamkan nilai-nilai adab bagi yang dipimpinnya, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat nantinya.

Seiring berjalannya waktu, semoga para pemimpin di negeri tercinta Indonesia ini mampu menjunjung tinggi nilai-nilai adab dan dapat melahirkan generasi yang beriman, bertaqwa, beradab, cerdas, kreatif mandiri.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, salam shaum Ramadhan penuh rahmah Bu Risfahni

30 Mar
Balas

Syukran atas apresiasinya bu Zuyyinah dan mas Rahman. Salam shaum juga bu Zuyyinah. Semoga kita lebih mengutamakan adab dalam menjalankan kehidupan ini. Aamiin.

30 Mar
Balas

Syukran atas apresiasinya bu Zuyyinah dan mas Rahman. Salam shaum juga bu Zuyyinah. Semoga kita lebih mengutamakan adab dalam menjalankan kehidupan ini. Aamiin.

30 Mar
Balas

Tulisannya keren dan inspiratif. Adab ukurannya

30 Mar
Balas



search

New Post