ZUYYINAH

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, itulah mottonya. Lahir di Kudus 9 Januari 1964. Sebagai anak pertama dari delapan bers...

Selengkapnya
Navigasi Web
BUKIT SIKUNIR DIENG WONOSOBO (Hari ke-793)

BUKIT SIKUNIR DIENG WONOSOBO (Hari ke-793)

Bukit Sikunir terletak di kawasan wisata dataran tinggi Dieng Wonosobo. Banyak hal menarik di bukit Sikunir, salah satunya adalah tampilan sunrise dari puncak Sikunir yang sangat indah, dan dikenal dengan Golden Sunrise Sikunir.

Golden Sunrise di langit fajar menyinari gunung-gunung tinggi yang berselimut kabut, warnanya jingga keemasan. Puncak Sikunir sering disebut sebagai tempat yang strategis untuk mendapatkan spot sunrise terindah se-Asia Tenggara.

Keindahan alam dan udaranya yang sejuk membuat para pengunjung betah di tempat wisata Sikunir. Apalagi sapaan penduduk desa yang ramah dan hangat menjadikan tempat wisata ini selalu ramai pengunjung dari berbagai negeri.

Dari puncak bukit Sikunir, pengunjung bisa menyaksikan gunung-gunung tinggi berderet di kejauhan yang tampak gagah. Ada rumah-rumah penduduk dan telaga Cebong yang diselimuti kabut tipis yang tampak indah dipandang dari puncak Sikunir.

Tempat wisata Sikunir ini berada di sebelah timur desa Sembungan, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa Sembungan merupakan desa tertinggi di pulau Jawa. Pengunjung lebih leluasa dalam memandang keindahan alam dataran tinggi Dieng dari ketinggian bukit Sikunir. Di kaki bukit Sikunir terdapat Telaga Cebong yang indah dengan airnya yang jernih.

Untuk menikmati keindahan pemandangan dari puncak bukit Sikunir, ada beberapa hal yang sebaiknya harus dipersiapkan para pengunjung. Karena suhu yang dingin, bawalah jaket yang cukup tebal. Pengunjung bisa menginap di daerah Dieng yang sudah tersedia puluhan homestay.

Karena jalan gelap saat naik menuju puncak Sikunir, bawalah lampu penerangan/senter. Pakailah sepatu sport karena jalan licin. Sebaiknya lakukan pemanasan sebelum mendaki ke bukit Sikunir.

Ketika masih ada di tempat parkir, pergilah ke toilet dan berwudhu untuk melaksanakan shalat Subuh di puncak Sikunir. Karena di puncak bukit Sikunir airnya sangat dingin, yang membuat pengunjung menggigil. Sebagai bekal, sebotol air mineral sudah cukup.

Berwisata menjelajah dunia untuk mengagungkan kebesaran Allah ta’ala ada dalam Al-Qur’an surah Al-Mulk ayat 15:

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

“Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. Al-Mulk: 15).

Wallaahu a’lam

Semoga barakah manfaat

Kudus, 3 Maret 2024 (Hari ke-793)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keindahan alam dan udaranya yang sejuk membuat para pengunjung betah di tempat wisata Sikunir..... Ingin ke sini rasanya membaca reportasenya. Salam literasi, Bu.

04 Mar
Balas

Alhamdulillah pak Rasyid. Betapa Agungnya Allah Ta'ala, Yaa 'Adhiim.

04 Mar

Alhamdulillaah, segala puji hanya bagi Allah ta'ala.

03 Mar
Balas

Berkah barakah untuk semuanya.

03 Mar

Subhanallah indahnya bun

04 Mar
Balas

Alhamdulillah Bu Sofiawati, Barakallah.

04 Mar

Tempat yang indah. Cerita yang membuat diri ini ingin kesana. Salam literasi Bu Zuyyinah.

04 Mar
Balas

Alhamdulillah Bu Orbita, Barakallah.

04 Mar

berburu SunRise...Istimewa ulasannya bunda Zuy

04 Mar
Balas

Alhamdulillah Pak Tito, Barakallaah.

04 Mar



search

New Post