ZUYYINAH

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, itulah mottonya. Lahir di Kudus 9 Januari 1964. Sebagai anak pertama dari delapan bers...

Selengkapnya
Navigasi Web
MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK (Hari ke-323)

MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK (Hari ke-323)

Jelajah literasi selanjutnya menuju Museum Seni Rupa dan Keramik. Sebelum menuju ke acara Temu Nasional Guru Penulis 2022 hari kedua yang berada di Gedung Kemendikbudristek Jakarta, pagi-pagi sekali pukul 05.30-08.00 pada Ahad 13 November 2022, rombongan IPP Jawa Tengah dari hotel Alia Pasar Baru menuju ke Kota Toea Jakarta.

Sesampai di lokasi, kami melihat bangunan tua peninggalan penjajah Belanda, yang tertata rapi mengitari alun-alun Fatahillah. Berbagai macam bangunan diantaranya: Museum Fatahillah, Taman Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik, Pos Indonesia, dan Cafe Batavia.

Museum Seni Rupa dan Keramik berada di seberang Museum Sejarah Jakarta, terletak di Jalan Pos Kota No 2, Kotamadya Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta. Museum itu memajang keramik lokal dari berbagai daerah di Tanah Air, dari era Kerajaan Majapahit abad ke-14, dan dari berbagai negara di dunia.

Gedung ini awalnya digunakan oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk Kantor Dewan Kehakiman pada Benteng Batavia, yang diresmikan pada 12 Januari 1870. Hindia Belanda adalah sebuah daerah pendudukan Belanda yang wilayahnya saat ini dikenal dengan nama Republik Indonesia. Saat perjuangan kemerdekaan sekitar tahun 1944 dan pendudukan Jepang, tempat itu dimanfaatkan oleh tentara KNIL (tentara kerajaan Hindia Belanda) dan selanjutnya untuk asrama militer TNI.

Gedung dengan delapan tiang besar di bagian depan itu pada 10 Januari 1972, dijadikan bangunan bersejarah serta cagar budaya yang dilindungi. Tahun 1967-1973, gedung tersebut digunakan untuk Kantor Wali kota Jakarta Barat, dan tahun 1976 diresmikan oleh Presiden Soeharto (saat itu) sebagai Balai Seni Rupa Jakarta.

Pada tahun 1990 gedung itu digunakan sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik yang dirawat oleh Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta. Banyak koleksi dari hasil karya para seniman Indonesia sejak kurun waktu 1800-an hingga sekarang.

Koleksi Seni Lukis Indonesia dibagi beberapa ruangan berdasarkan periodisasi yaitu: Ruang Masa Raden Saleh (karya-karya periode 1880 - 1890). Raden Saleh Sjarif Boestaman (Mei 1811 – 23 April 1880) adalah pelukis Indonesia beretnis Arab-Jawa yang menjadi pionir seni modern Indonesia (saat itu Hindia Belanda). Lukisannya merupakan perpaduan romantisisme yang sedang populer di Eropa saat itu, Ruang Masa Hindia Jelita (karya-karya periode 1920-an), Ruang Persagi (karya-karya periode 1930-an), Ruang Masa Pendudukan Jepang (karya-karya periode 1942 - 1945), Ruang Pendirian Sanggar (karya-karya periode 1945 - 1950), Ruang Sekitar Kelahiran Akademis Realisme (karya-karya periode 1950-an), Ruang Seni Rupa Baru Indonesia (karya-karya periode 1960 - sekarang).

Koleksi keramik menampilkan keramik dari beberapa daerah di Indonesia dan seni kreatif kontemporer. Ada juga koleksi keramik dari mancanegara seperti keramik dari Tiongkok, Thailand, Vietnam, Jepang dan Eropa dari abad 16 sampai dengan awal abad 20.

Semangat Guru Penulis Indonesia, siap memajukan literasi di sekolah, selalu aktif setiap hari membuat artikel di Mediaguru Indonesia! Kalimat penyemangat untuk diri sendiri: “Jika orang lain bisa berbagi kebaikan setiap harinya, kenapa kita tidak bisa? Ayolah sobat... tetap siap semangat ya! Wassalam.

Wallahu a’lam,

Semoga barakah, manfaat.

Kudus, 19 November 2022 (Hari ke-323)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen ulasannya mbakyu. Sukses selalu

19 Nov
Balas

Aamiin Yaa Allah, terimakasih adik, sehat sekeluarga dan sukses ya

19 Nov

Mantap, Bunda. Jalan2 plus menambah wawasan. Kereeen

19 Nov
Balas

Alhamdulillaah Bu Ernasari, sukses ya Bu

19 Nov

Top markotop pokoke. Salam sehat dan sukses selalu. Terima kasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

19 Nov
Balas

Sama-sama Pakdhe, salam sehat sekeluarga dan sukses ya

19 Nov

Pokoknya kenangan indah

19 Nov
Balas

Alhamdulillaah Bu Andi, salam sehat

19 Nov



search

New Post