ZUYYINAH

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, itulah mottonya. Lahir di Kudus 9 Januari 1964. Sebagai anak pertama dari delapan bers...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBELAJARAN DIFERENSIASI (Hari ke-328)

PEMBELAJARAN DIFERENSIASI (Hari ke-328)

Kegiatan “Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Sosialisasi Perencanaan berbasis data (PBD) Jenjang SD Kabupaten Kudus Tahun 2022”, telah disajikan sejak pagi pukul 08.00 sampai 16.00 pada Rabu 23 November 2022 di gedung Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus.

Pada sessi terakhir kegiatan sosialisasi tersebut, yang telah diikuti oleh Kepala Sekolah di Satuan Pendidikan seluruh Kabupaten Kudus dan Pengawas Sekolah Dasar, yang seharusnya membuat para peserta saatnya mengantuk, kali ini beda. Kok bisa? Ya iya lah, pemateri telah melibatkan sepenuhnya kepada peserta sebagai siswanya.

Suasana tampak hidup, karena semua peserta (sebagai siswa) mengikuti dengan seksama. Dalam waktu yang terbatas menghasilkan perubahan yang signifikan. Guru tidak menerangkan, hanya mengarahkan. Guru sebagai fasilitator, memfasilitasi kebutuhan para peserta didiknya. Begitulah yang diharapkan dalam praktik pembelajaran kesehariannya.

Materi yang disajikan kali ini adalah “Pembelajaran Diferensiasi”. Dalam pembelajaran diferensiasi ini, peserta didik memainkan peranan penting dengan bimbingan guru. Minat, gaya, dan kesiapan belajar peserta didik ditempatkan sebagai prioritas sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning). Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut.

Setiap manusia lahir dengan kepribadian dan karakter yang berbeda. Begitupun dengan peserta didik, ada yang mempunyai keunikan tersendiri di dunia pendidikan. Guru sebagai fasilitator yang baik, harus memahami semua kebutuhan peserta didiknya. Apa sih tujuannya? Agar pembelajaran dapat tersampaikan secara menyeluruh.

Dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas, guru mampu menyusun dan mengembangkan pemahaman bermakna dalam kegiatan belajar, yang berguna untuk membantu guru dalam menjelaskan manfaat dan tujuan siswa mempelajari materi pelajaran tersebut. Maka, guru dituntut dapat menyusun dan mengembangkan pertanyaan pemantik.

Pertanyaan pemantik yaitu kalimat pertanyaan yang digunakan untuk memantik rasa ingin tahu, memulai diskusi, dan memulai penelitian atau praktikum. Bentuk pertanyaan pemantik sebaiknya dalam bentuk terbuka dengan menggunakan kata tanya seperti apa (what), siapa (who), di mana (where), kapan (when), mengapa (why), bagaimana (how), dan berapa (how many).

Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang sebelumnya ada 3, sekarang ada 4 yaitu: diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan.

Diferensiasi konten berhubungan dengan materi yang diajarkan pada peserta didik dengan mempertimbangkan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik, baik itu dalam aspek kesiapan belajar, aspek minat dan aspek profil belajar peserta didik atau kombinasi dari ketiganya.

Diferensiasi proses menekankan pemahaman guru tentang proses belajar peserta didik apakah secara berkelompok atau mandiri. Guru menetapkan jumlah bantuan yang akan diberikan pada peserta didik. Siapa sajakah peserta didik yang membutuhkan bantuan dan siapa sajakah yang membutuhkan pertanyaan pemandu yang selanjutnya dapat belajar secara mandiri.

Diferensiasi produk merupakan keberagaman dalam hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang harus ditunjukkan pada guru bisa berbentuk karangan, tulisan, hasil tes, pertunjukan, presentasi, pidato, rekaman, diagram, dan sebagainya.

Deferensiasi Lingkungan merupakan pembelajaran yang dibangun dengan “learning community” atau komunitas belajar yaitu komunitas yang semua anggotanya adalah pembelajar. Guru akan mengembangkan peserta didiknya untuk mengembangkan sikap-sikap dan praktik-praktik yang selalu mendukung lingkungan belajar.

CONTOH: Materi permainan bola volly.

Pertanyaan pemantik: Apakah kalian pernah melihat permainan bola volly? Ya. Di mana? Di lapangan sebelah rumah, di televisi, di youtube, di pantai (jawaban peserta didik)

Diferensiasi Konten: Coba praktikkan apa yang sudah kalian ketahui tentang permainan bola volly! Peserta didik mempraktikkan servis, block, dan smash (sesuai apa yang diketahuinya).

Diferensiasi Proses: Guru memberi arahan kepada siswa, bukan menerangkan. Cara servis, block, dan smash yang baik bisa diperoleh dari buku sumber belajar di perpustakaan, atau dari youtube.

Diferensiasi Produk: Peserta didik menerangkan di depan kelas sekaligus mempraktikkan teknik servis, block, dan smash yang benar (dari hasil belajarnya melalui buku sumber belajar di perpustakaan, atau dari youtube).

Diferensiasi lingkungan: Di masyarakatnya ada lapangan permainan bola volly.

Wallahu a’lam,

Semoga barakah, manfaat.

Kudus, 24 November 2022 (Hari ke-328)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

24 Nov
Balas

Alhamdulillah, Terimakasih Pak Dede Saroni, salam sukses

24 Nov

Alhamdulillaah, segala puji hanya bagi Allah.

24 Nov
Balas

Semoga barakah

24 Nov

Wah...luar biasa. Harus banyak belajar nih saya Bun... Sehat selalu

24 Nov
Balas

Aamiin Yaa Allah, Terimakasih Bu Sholihah, sukses selalu

25 Nov

Mantap ulasannya bun. Salam sehat.

24 Nov
Balas

Aamiin Yaa Allah, terimakasih Bu Maemunah, sukses selalu

24 Nov

Pasukan Oranye bukan Kebaya Merah. Peserta kegiatan nampak sumringah.

25 Nov
Balas

Hehe....Terimakasih Pak IsakPasukan oranye bukan kebaya merahPak Isak sekeluarga semoga penuh berkah

25 Nov

Terimakasih banyak informasinya Bu Zuyyinah, sangat bermanfaat. Cantik sekali dengan kerudung orange nya Bu. Salam sukses selalu

24 Nov
Balas

Aamiin Yaa Allah, sa-sama Bu Nunungnur, itu busana Kudusan Bu setiap tanggal 23. Salam sukses ya Bu

24 Nov

Mantap ulasannya. Semoga sehat selalu Bunda.

24 Nov
Balas

Aamiin Yaa Allah, Terimakasih Bu Nanik, salam sehat dan sukses ya Bu

25 Nov



search

New Post