ZUYYINAH

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, itulah mottonya. Lahir di Kudus 9 Januari 1964. Sebagai anak pertama dari delapan bers...

Selengkapnya
Navigasi Web
WISATA PANTAI BATUHIU PANGANDARAN (Hari ke-850)

WISATA PANTAI BATUHIU PANGANDARAN (Hari ke-850)

Kabupaten Pangandaran Jawa Barat dan wisata baharinya sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Pangandaran sudah dikenal sebagai salah satu objek wisata pantai. Potret kondisi pantai di wilayah Pangandaran ikut terabadikan di arsip-arsip milik Belanda.

Pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, Pangandaran terkenal sebagai salah satu wilayah penghasil kopra, selain sebagai salah satu pusat wisata bahari.

Pantai Batuhiu terletak 22 kilometer dari bundaran Ikan Marlin yang berdekatan dengan kawasan wisata Pantai Pangandaran. Dari pantai Pangandaran, menuju pantai Batuhiu bisa ditempuh lewat jalur darat dengan durasi perjalanan 35 menit. Perjalanan bisa dipersingkat hanya 10 menit dari Pantai Barat Pangandaran melalui jalur lintas pantai.

Pengunjung bisa datang ke pantai Batuhiu dengan menumpang angkutan umum dari Terminal Pangandaran, kemudian berbelok ke sebelah kiri di Jalan Raya Cijulang yang ditandai dengan gapura Batu Hiu yang ikonik. Wisatawan masuk melalui mulut patung hiu untuk menuju ke atas karang Tanah Lot Jabar.

Pantai Batu Hiu Pangandaran dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat. Pantai ini memang memiliki batu karang dengan posisi menjorok ke lautan yang mengingatkan akan Tanah Lot di Pulau Dewata Bali.

Batu karangnya terbilang tinggi. Dari area tepi pantai, batu karang ini tampak seperti tebing terjal yang menjulang. Dengan lekukannya yang menawan nan eksotis, batu karang ini dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

Penamaan Batuhiu berasal dari karang yang menyerupai ikan hiu. Karena proses abrasi batu karang itu mulai terkikis oleh ombak Pantai Selatan, bahkan hampir tidak nampak lagi. Kondisi Pantai Batuhiu saat ini hanya terlihat bukit Batuhiu yang menjorok ke pantai.

Pantai Pangandaran Batu Hiu merupakan bagian dari wisata Pantai Selatan yang terkenal ombaknya tinggi. Maka, berenang dilarang. Pantai Batu Hiu menyuguhkan keindahan laut lepas Samudra Hindia.

Untuk naik ke atas bukit, bisa masuk melalui gerbang mulut hiu atau menaiki tangga yang sudah tersedia. Pengunjung bisa melihat perpaduan deburan ombak yang menerjang sisi-sisi tebing dengan birunya langit yang mencerminkan keindahan laut di bawahnya.

Wallaahu a’lam

Semoga barakah manfaat

Kudus, 29 April 2024 (Hari ke-850)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren jalan2nya, bikin segar semua hehe.... Sukses selalu, Bun

30 Apr
Balas

Aamiin Yaa Rabbal 'Alamiin. Barakallah Bu Ernasari.

30 Apr

Alhamdulillaah, segala puji hanya bagi Allah ta'ala.

29 Apr
Balas

Berkah barakah untuk semuanya.

29 Apr

Keren bunda

30 Apr
Balas

Alhamdulillah Bu Sofiawati, Barakallah.

30 Apr

Pantai yang indah, Bu, Cocok untuk refresing.

30 Apr
Balas

Alhamdulillah Bu Sakdiyah, sehat selalu ya Bu.

30 Apr

Keren healingnya. Sehat selalu Mbak.

30 Apr
Balas

Aamiin Yaa Allah, Barakallah Dik Nanik.

30 Apr



search

New Post