Siswa Kelas 8 MTsN 4 Bantul Belajar Menjadi Pemecah Masalah Lewat IPA
Bantul (MTsN 4 Bantul)-Kegiatan Remedial dan Pengayaan IPA di MTsN 4 Bantul (16/06/2025), tahun ini tidak sekadar memperbaiki nilai. Lebih dari itu, siswa kelas 8 diajak menjadi pemecah masalah sejati dengan mengaitkan konsep-konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari melalui soal esai reflektif.
Contoh soal yang diberikan antara lain: Mengapa lampu kendaraan bermotor harus menggunakan reflektor? Bagaimana prinsip pemantulan cahaya digunakan dalam kehidupan sehari-hari? atau Apa peran edukasi masyarakat dalam mengurangi risiko bencana gempa?
“Kami ingin siswa menyadari bahwa ilmu yang mereka pelajari tidak hanya penting di kelas, tetapi juga sangat relevan untuk hidup sehari-hari,” terang Restuning. Pendekatan ini membuat banyak siswa mulai menyukai IPA karena merasa bisa langsung menerapkannya.
Selain analisis tulisan, beberapa siswa juga diminta mempresentasikan solusi mereka dengan mind mapping. Antusiasme terlihat jelas saat beberapa siswa membuat solusi inovatif untuk masalah limbah rumah tangga dengan pemanfaatan biopori dan lubang resapan.(ETU)
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar