PRIMA DANU ASTRI SUSANTI

Guru SD N Karanganyar II Kabupaten Karawang

Selengkapnya
Navigasi Web
MATEMATIKA BERCERITA (Pengayaan Matematika Kelas Atas Melalui Cerita Interaktif)
http://www.educenter.id/matematika/

MATEMATIKA BERCERITA (Pengayaan Matematika Kelas Atas Melalui Cerita Interaktif)

Selama ini matematika menjadi pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah pemilihan metode yang kurang sesuai dengan tahap perkembangan siswa. Salah satu pendekatan yang bisa menjadi pilihan dalam pembelajaran matematika adalah matematika realistik. Matematika realistik membuat matematika yang abstrak menjadi terasa real dan lebih mudah dipahami oleh siswa. Matematika realistik memanfaatkan lingkungan yang sudah dipahami dan pernah dialami oleh siswa sebagai sumber belajar. Lingkungan yang pernah dipahami, dilihat dan dialami oleh siswa akan lebih memudahkan siswa dalam membayangkan lingkungan yang dimaksud sat dihunungkan dengan materi matematika. Siswa SD yang masih berada pada tahap perkembangan operasional konkret masih sulit untuk diajak berfikir abstrak. Jadi, pendekatan matematika realistik cocok untuk menjadi pilihan dalam menyajikan pembelajaran matematika.

Pembelajaran matematika yang disampaikan secara konvensional selain sulit dipahami juga menjenuhkan. Matematika bercerita mencoba mengajak siswa belajar matematika melalui cerita dalam kehidupan sehari hari. Materi matematika yang dikemas dalam sebuah cerita akan membawa materi matematika yang abstrak menjadi lebih konkret. Setiap pembahasan dilengkapi dengan cerita interaktif yang menantang siswa untuk menyelesaikan masalah matematika dengan perasaan ringan seperti sedang membaca cerita. Cerita yang dikemas diambil dari bagian – bagian lingkungan yang sudah akrab dengan dunia anak – anak atau dipilih yang memang sudah menjadi daya tarik anak – anak usia SD. Imajinasi anak dituntun untuk masuk ke dunia matematika dengan lebih halus sehingga kesan sulit bisa perlahan kita hapus dari cara pandang anak terhadap matematika.

Materi matematika yang disajikan dalam sebuah cerita interaktif akan lebih kuat dalam menanamkan konsep matematika. Bukan sekadar menghafal rumus lalu melupakannya. Petualangan dalam matematika bercerita mengundang rasa penasaran bagi siswa untuk memecahkan masalah dalam cerita interaktif yang disajikan dan tanpa mereka sadari mereka sedang berlatih memecahkan persoalan matematika. Matematika bercerita ini bertujuan menjadi buku pengayaan matematika SD kelas atas dengan harapan konsep dasar matematika terutama siswa kelas atas lebih kuat tertanam kepada siswa. Selain itu, siswa dapat memahami penerapan matematika dalam kehidupan sehari – hari.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantaaap!

05 Apr
Balas

Luar biasa, lanjutkan Mba...

05 Apr
Balas

sangat setuju sekali . dengan bercerita , dunia bermain anak menentukan suka atau tidak suka . dengan kemasan bahasa yang logis menurut anak dan varian rasa yang tidak monoton akan mempercepat nalar anak.

04 Apr
Balas



search

New Post