Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar
GEMAR MEMBACA DAN MENULIS
DAPAT MENCETAK GENERASI PENULIS YANG KREATIF
Oleh : Rachmawati
Judul Diatas merupakan salah satu karya tulis yang saya buat untuk meningkatkan gemar membaca dan menulis pada siswa khususnya di lingkungan Sekolah Islam Bunga Bangsa. Mengapa Harus Membaca dan Menulis...?, walau terlihat sederhana tapi pelaksanaanya masih jarang kita lihat diterapkan oleh sekolah-sekolah dan kehidupan keseharian. Banyak orang beranggapan kalau menulis itu adalah kegiatan yang sulit. Namun sebagian lainnya mungkin memiliki anggapan bahwa menulis merupakan kegiatan yang sangat mudah. Segala sesuatu bila belum kita coba dan biasakan memang akan nampak sulit, tetapi bila kita paham dan mengetahui caranya tentu akan terasa lebih mudah. Semua itu memerlukan proses tersendiri.
Salah satu cara agar anak memiliki keterampilan menulis adalah dengan membiasakan mereka sejak dini untuk membaca. Karena apa? Berbagai tulisan yang telah mereka baca secara tidak sadar akan terekam dibawah alam sadarnya. Keterampilan menulis harus sejalan dengan keterampilan membaca. Itu sebabnya anak yang sudah terbiasa membaca akan menambah perbendaharaan katanya sehingga akan lebih mudah untuk merangkai kata-kata dibandingkan dengan anak yang tidak gemar membaca. Manfaat yang kita peroleh bila terbiasa melakukan ini adalah hal yang luar biasa. Anak akan terbiasa menuangkan pikirannya ke dalam kertas, mengorganisasikan pemikirannya, dan menyatakan perasaannya tentang apa yang dialami dalam bentuk tulisan.
Keberadaan perpustakaan sekarang ini menjadi begitu penting dengan dikeluarkannya Undang-undang no 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. Undang-undang yang menjadi payung hukum bagi segala aktifitas kinerja perpustakaan dan seluruh elemen pendukung kegiatannya, meliputi pustakawan, gedung, koleksi, dan pemustaka. Sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang no 43 tahun 2007(**(censored)**

Ulat Buku yang ditempelkan di Mading Kelas

1. Membuat Resensi Buku, Kelompok B Kelas 3, 4, 5, dan 6 serta untuk tingkat SMP Kelompok 7, 8, 9
Membaca dan menulis judul buku, pengarang, penerbit, tokoh yang digemari serta meringkas buku yang sudah dibaca di lembar Resume Of Reading yang sudah disediakan. Tujuannya agar dalam merangkum cerita tidak terjadi pengulangan rangkuman dengan judul yang sama dan orang tua siswa/guru dapat melihat dan membantu siswa untuk terus memotivasi agar rangkuman bisa mencapai target 30 buku bacaan untuk mendapatkan reward berupa piagam prestasi atas usahanya membaca dan merangkum cerita dimaksud. Pada akhir lembar buku ada satu lembar kesan guru dan orang tua akan presatasi anaknya tersebut.
Bagi siswa yang berhasil menyelesaikan target bacaan pada satu semester, perpustakaan akan memberi piagam perhargaan atas prestasi yang telah diraih (hal ini sudah berjalan pada tahun 2009 (Daftar Gambar 4).

A. BUKU SEKOLAHKU AWAL IMAJINASIKU WUJUD NYATA PROGRAM CALISME R&B (Membaca Menulis Membuat Resensi dan Buku)
Pembuatan buku Sekolahku Awal Imajinasiku merupakan salah satu wujud nyata dari kegiatan CALISME R&B di perpustakaan. Salah satu tujuannya untuk membangkitkan minat baca dikalangan siswa diera teknologi informasi melalui gadget. Dengan menfasilitasi mereka dalam menulis dan membantu mereka mewujudkan karyanya dalam bentuk buku dan disebarkan melalui internet dalam bentuk buku elektronik, akan membawa siswa secara tidak langsung untuk membaca buku karya mereka melalui gadget dan memperlihatkan hasil karya mereka ke rekan mereka yang lainnya.
Buku karya mereka kelak akan mampu menyampaikan pesan moral dan sikap terpuji terhadap sesama teman yaitu ketekunan, memanfaatkan waktu luang dengan membaca, dan melatih kreatifitas siswa dalam hal menulis.
Media Informasi digunakan salah satu tujuannya adalah untuk menarik perhatian dan minat membaca siswa melalui gadget. Dengan menggunakan media tersebut akan dapat menumbuhkan motivasi siswa. Media informasi dapat dijadikan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan untuk memperluas wawasan siswa. Penggunaan media Informasi yang tepat akan menjadi penunjang kegiatan positif Siswa.

Buku siswa dapat dibaca online melalui I Kaltim dan Web Perpusbb.blogspot.co.id

Dalam menjalankan program CALISME R&B untuk meningkatkan minat baca dan menulis siswa merupakan peran semua pihak. Maka dari itu Sudah saatnya pihak sekolah meletakkan pustakawannya pada fungsi dan peran yang sesungguhnya. Dimana Peran yang sesungguhnya bagi pustakawan adalah memberikan sumbangan pada misi dan tujuan sekolah termasuk prosedur evaluasi dan mengembangkan serta melaksanakan misi dan tujuan perpustakaan sekolah melalui program kerja yang sudah dibuatnya. Dalam kerjasama dengan manajemen sekolah, maka pustakawan ikut dalam pengembangan rencana dan implementasi kurikulum. Sangatlah penting serta diupayakan agar pustakawan diterima setara dengan anggota tenaga profesional dan dapat berpartisipasi dalam kelompok kerja dan ikut serta dalam semua pertemuan dalam kedudukannya sebagai kepala unit atau bagian perpustakaan.
Jika pihak sekolah serius untuk membenahi perpustakaan demi mendukung tercapainya visi dan misi sekolah dan meningkatkan minat bada dan menulis siswa, maka urgensi kebutuhan pustakawan harus linier dengan penempatan peran dan posisi yang sesuai dengan kompetensinya. Dengan keputusan yang tepat yakinlah bahwa pustakawan sekolah bisa menjadi salah satu aset sekolah dalam kegiatan belajar mengajar. Dan suatu saat nanti kemajuan suatu sekolah akan ditentukan juga oleh perkembangan perpustakaan dan peran pustakawan sekolahnya.(**)
Daftar Pustaka :
- Dimuat di Majalah Pustaka Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur, tanggal 03 Juni 2015. Karya Tulis Calisme R&B dapat mencetak generasi penulis yang kreatif
- Hernowo 2003: 37, Membangun sebuah bentang ide dan perasaan yang menjadi dasar dari ide kreatif
- Undang-undang no 43 tahun 2007 tentang perpustakaan
- Majalah Bunanta 2004: 85
- Harian "Kompas" dalam pernyataannya yang dikutip dalam Matabaca edisi Juli 2004.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Terima Kasih banyak atas sharing ilmunya. Insya Allah akan saya diskusikan sama kawan-kawan di sekolah supaya bisa meniru SD Bunga Bangsa
aamiin. Alhamdulillah jika bisa bermanfaat buat sekolah lain, untuk meningkatkan semangat literasi dikalangan pelajar. pak. meningkatkan minat baca gampang-gampang susah, klo siswa sudah minat, kegemaran akan otomais menyertai.
Panjang informasinya bu. Lengkap banget.
semoga bermanfaat dan dapat di terapkan disekolah-sekolah lainnya
Yeaaaayyy ibu kereeeeennn..
terima kasih miss Dyan. miss Dyan Juga Keren....
Sangat bermanfaat pengalaman mengelola minat baca dan menulisnya! Saya tunggu tulisan lainnya, Bu Racham.
terima kasih bapak. kebanyakan yang saya tulis adalah apa yang sudah saya kerjakan. dan laksanakan, klo nggak ide menulisnya susah