Rizni

Dari daerah Sumatera Barat Kab. Agam Kec.Tanjung Raya tepatnya Sigiran tanggal 2 Januari 1969 lahir ke dunia dari pasangan orang tua Nurdin ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ILMU ALLAH PADA CIPTAANYA

ILMU ALLAH PADA CIPTAANYA

Tantangan hari ke-182

# Tantangan GuruSiana

ILMU ALLAH PADA CIPTAANNYA

Allah maha mengetahui atas segala sesuatu, Dia yang maha kuasa atas semua yang ada di langit dan di bumi, karena itu kita sebagai makhluk Nya harus taat, tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Semua diketahui oleh Allah yang yang tersembunyi apalagi yang zahir.

Dengan ilmunya Allah terhadap ciptaanNya benar-benar sudah jelas dan diperhitungkan oleh Allah dengan sebai-baiknya tapi kebanyakan manusia yang banyak menyangkalnya bahkan cenderung ada yang takabur dan menyombongkan diri apa mereka tak sadar ilmu Allah itu tak ada yang bisa menandinginya seperti dalam Firman Allah dalam surat Al An’am ayat 59:

Artinya: dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah 59. ayat yang agung ini termasuk ayat yang terbesar yang menjelaskan ilmu Allah yang menyeluruh bahwa ia meliputi seluruh yang ghaib, yang mana sebagian darinya Dia tunjukan kepada siapa yang dikehendakiNya, dan masih banyak ilmuNya yang tidak Dia ungkapkan kepada para malaikat yang dekat dan para Nabi yang di utus, lebih-lebih mhkluk selain mereka. Bahwa Dia mengetahui apa yang ada di daratan dan di temapat-temapt sepi yang mencakup biantang, pepohonan, pasir kerikil, dan debu, dan hewan yang berada di laut, berupa binatang, tambang, ikan, dan lain-lain yang dikandungi oleh airnya.

“Dan tiada sehelai daunpun yang gugur” dari pohon darat, laut, kota, desa, dunia dan akhirat kecuali Dia mengetahuinya. “ Dan tidak ada sebutir bijipun yang jatuh dalam kegelapan bumi,” berupa biji-bijian, buah-buahan dan tanaman, biji yang di tanam oleh manusia, dan biji-biji tanaman di darat yang menjadi cikal tumbuh-tumbuhan, “dan tidak pula sesuatu yang basah dan juga yang kering.” Ini menyebutkan yang umum setelah yang khusus, “ melainkan tertulis di dalam kitab yang nyata.

” Maksudnya, Lauh Mahfudz. Ia mencakup dan mengandungnya, dan sebagian yang di sebutkan ini mencenggangkan akal orang-orang yang berakal dan mengagumkan hati orang-orang yang mulia. Ini adalah bukti keagungan Allah Yang Maha agung dan keluasanNya dalam seluruh sifat-sifatNya, dan jika seluruh mahkluk ia dari yang pertama sampai terakhir bersatu untuk menhetahui sebagian dari sifat-sifatNya, niscaya mereka tidak memiliki daya dan kekuatan untuk itu. Maka Mahasuci Allah Yang Mahaagung, Maha luas, Maha Mengetahui, Maha Terpuji, Mahamulia, Maha Menyaksikan dan Maha Meliputi. Alangkah mulianya Dia sebagai Tuhan, yang tidak ada seorang pun yang mampu menghitung pujianNya, akan tetapi Dia sebagaimana yang di pujikan uuntukNya. Ayat ini menunjukan ilmuNya yang meliputi segala sesuatu dan kitabNya yang mencakup seluruh peristiwa.(Referensi: https:// tafsirweb. com/2183-quran-surat-al-anam-ayat-59.html )

Di sini sebenarnya tak ada lagi keraguan dari manusia akan ilmu dan kuasa dari Allah semua begitu sudah tertulis di Lauh Mahfudz. Tapi hal ini masih disangkal oleh manusia sebab manusia sudah dikuasai oleh hawa nafsu sehingga lupaakan kodrat sebagai makhluk ciptaaNya. Moga jadi renungan bagi kita surat AlAn’am ayat 59 ini.

#mediaguruindonesia

#ilmuAllah padaciptaanya

#ambilhikmahnya

#day92putaran4/ 365

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih ilmunya bu

14 Jul
Balas

Masyaallah tabarakallah, bunda

20 Jul
Balas



search

New Post