Aan Frimadona Roza

Lahir di Way Kanan, 22 Februari 1982, Saat ini mengajar dan mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah di SMPN 2 Kasui Kabupaten Way Kanan,Lampung....

Selengkapnya
Navigasi Web
PASAR MALAM
Pasar malam Baradatu Kab.Way Kanan (10/5)

PASAR MALAM

PASAR MALAM

oleh Aan Frimadona Roza Anggota Forum Guru IPS Indonesia Kabupaten Way Kanan.

Komedi putar dengan lampu hiasnya warna warni berputar pelan mungkin akan berhenti sebab sekelompok penumpang ditanah lapangan kecamatan menanti berganti yang sesak dengan wajah penuh gembira;anak-anak,remaja hingga usia tua. Sudah semingguan ini keramaian pedagang berjejer padat pembeli membludak itulah sebuah pasar, pasar malam hiburan rakyat yang menggembirakan.

Menurut W.J. Stanton pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya dengan transaksi jual beli melibatkan produk/barang atau jasa dengan uang sebagai alat transaksi pembayaran yang sah dan disetujui oleh kedua belah pihak yang bertransaksi.

Menurut jenisnya pasar dibagi dalam berbagai kegiatanya, waktunya, barangnya dan lainya. Pasar Malam adalah suatu fenomena yang kegiatanya pada malam hari, pada hari-hari tertentu saja, dilakukan secara perseorangan/individu, tanpa koordinasi yang jelas, pelaku pasarnya terdiri dari pedagang musiman, dan “spesialis” pasar malam. Pasar malam juga termasuk kategori pasar “kaget”. Para pembelinya pun merupakan orang-orang yang pada umumnya bertujuan jalan-jalan malam atau sekedar melihat-lihat saja.

Syahdan awal terbentuknya pasar malam, menurut ceritera terjadi karena adanya hajatan pernikahan atau selamatan lainnya yang dihibur oleh dangdutan atau layar tancap.Dengan adanya seperti ini masyarakat sekitar memanfaatkan dengan cara berdagang kecil-kecilan seperti makanan dan mainan anak-anak dengan kesepakatan antar pedangang untuk membentuk pasar di malam harim.

Berbagai jenis barang-barang yang diperdagangkan di pasar malam mulai dari pakaian jadi, perakas, kaset dan cd/vcd, serta varian makanan ditambahkan dengan adanya hiburan rakyat berbagai jenis permainan juga pertunjukan semacam komedi putar,kereta,ayunan binatang, rumah hantu bahkan atraksi-atraksi hiburan yang cukup menantang para masyarakat yang berkunjung di pasar malam yang dikemas dalam sebuah hiburan yang cukup murah meriah.

Adanya pasar malam diberbagai daerah utamanya perkampungan fenomena pasar malam membawa dampak pada masyarakat sekitarnya akan menjadi masyarakat konsumtif dan pedagang dadakan (mencari penghasilan tambahan), serta parkir dadakan pula. Dengan demikian pasar malam memberikan kebermanfaatan yang positif serta negatif tinggal dimana kita mengambil sudut pandang ditengah tengah kemajuan teknologi dan tergerusnya budaya lokal serta pasar dunia yang semakin bebas pada masyarakat ekonomi dunia saat ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post