Aan Frimadona Roza

Aan Frimadona Roza, dilahirkan di Waykanan pada tanggal 22 Februari 1982, Anak kedua dari lima bersaudara dari pasangan Bapak Zainal Arifin Almarhum dan Ibu Roh...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membumikan Gerakan Literasi Sekolah & Catatan Lomba Menulis Opini PGRI Way Kanan 2019
Guru Keren Berani Menulis

Membumikan Gerakan Literasi Sekolah & Catatan Lomba Menulis Opini PGRI Way Kanan 2019

Oleh Aan Frimadona Roza, Koordinator Lomba Menulis Opini Populer Guru PGRI Way Kanan Tahun 2019.

Hampir dua bulan setengah di penghujung tahun 2019 rangkaian kegiatan dalam rangka perayaan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 74 Tingkat Kabupaten Way Kanan tahun 2019 di laksanakan lomba menulis opini populer dengan tema pendidikan bagi guru dengan mengirimkan karya melalui email panitia. Sebelumnya di beberapa titik wilayah dilakukan semacam ruang belajar menulis yang dibungkus dengan nama studi literasi bagi guru yang dibagi menjadi 4 titik wilayah yakni wilayah 1 terdiri dari Kecamatan Blambangan Umpu, Kasui, Rebang Tangkas. Wilayah 2 meliputi Kecamatan Way Tuba, Bumi Agung, Buay Bahuga dan Bahuga. Wilayah 3 meliputi Kecamatan Negeri Agung, Pakuon Ratu, Negeri Besar dan Negeri Batin lalu wilayah 4 yang meliputi Kecamatan Baradatu, Gunung Labuhan dan Banjit. Dengan segala upaya dua titik yakni wilayah 1 dan wilayah 2 dapat terselenggara dengan baik bisa dikatakan hampir diikuti 500 an peserta guru yang mengajar mulai dari TK, SD, SMP dan SMA atau sederajat nya. Ternyata perhelatan yang dikemas dalam bentuk studi literasi berjalan baik walau dua titik terkendala teknis tidak dapat dilakukan walau masih meninggalkan beban untuk menyelenggarakan nya pada waktu yang tepat.

Setelah karya yang dikirim oleh sebanyak 99 guru dari berbagai jenjang sekolah melalui email dalam lomba menulis opini populer pendidikan lalu diumumkan pada medio awal tahun 2020 akhirnya pengumuman daftar Pemenang lomba opini guru dalam rangka Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-74 Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 diumumkan walau sempat dua kali tertunda. Dari hasil penjurian yang diputuskan oleh panitia dan juri para pemenang terbaik yang telah dibagi dalam 4 titik wilayah dengan masing-masing titik wilayah di umumkan sebanyak 6 terbaik berarti akan ada 24 terbaik dari masing-masing wilayah mulai dari terbaik 1 sampai terbaik 6 maka melalui proses penjurian yang dibagi 4 Wilayah diputuskan sebagai berikut:

A. Daftar Peserta Terbaik Lomba Menulis Opini HUT PGRI ke 74 dan HGN 2019 Tingkat Kabupaten Way Kanan Wilayah 1 (Blambangan Umpu,Kasui, RebangTangkas, Kasui) dengan urutan terbaik:

1.Lia Susnita, S.Pd. Judul opini: Meningkatkan Keterampilan Menulis Guru, Bertugas di SMPN 7 Blambangan Umpu sebagai terbaik I.

2.Deddy Wicaksono, S.Pd,MM. Judul Opini: Guru Keren, Melek Teknologi, Bertugas diSDN 01 Kasui Pasar Kec.Kasui, sebagai terbaik II.

3.Wawan setiawan, M.Pd. Gr. Judul Opini: Guruku Kami Beragam, Bertugas di SDN 01 Sriwijaya, Kec. Blambangan Umpu, sebagai terbaik III.

4.Susanarisanti, S.Pd. Judul Opini: Menjadi Guru yang Menyenangkan, Siapa Takut?, Bertugas di SMPN 4 Kasui Kec.Kasui, sebagai terbaik IV.

5.Herlina Sadriningsih, S. Pd. Judul Opini: Catatan Guru : “Mileneal vs Kolonial”, Bertugas di SDN 02 Negeri Baru Kec. Bl.Umpu, sebagai terbaik V.

6.Amad Sutami, S.PdI. Judul Opini:Guru Pekerjaanku, Guru Mulia, Bertugas di SDN. 01 Sriwijaya Kec. Blambangan Umpu, sebagai terbaik VI.

B. Daftar Peserta Terbaik Lomba Menulis Opini HUT PGRI ke 74 dan HGN 2019 Tingkat Kabupaten Way Kanan Wilayah 2. (Way Tuba, Bumi Agung, Buay Bahuga, Bahuga) dengan urutan terbaik:

1.Meri Lusiyanti, S.Pd Judul opini: Menulis? Siapa Takut. Bertugas di SD Negeri 01 Beringin Jaya, Way Tuba, sebagai terbaik I.

2.Irham W.S. Judul Opini: Guru Dalam Pusaran Globalisasi. Bertugas di SMPN 4 Way Tuba, sebagai terbaik II.

3..Fiber Alamsyah, S.Pd. Judul Opini: Jadi Guru Jangan Jadul Harus Update.Bertugas di SDN 1 Bumi Agung Kec.Bahuga, sebagai terbaik III.

4.Peti Warningsih, S.I.Pust. Judul Opini: Siswaku juga Sahabatku. Bertugas di SD Negeri 01 Beringin Jaya, Kec.Way Tuba sebagai terbaik IV.

5.Musniyati Sakinah. Judul Opini: Haruskah Guru Melek Teknologi? . Bertugas di SD Negeri 1 Pisang Baru Kec.Bumi Agung, sebagai terbaik V.

6.Nurul Hikmah, S.PdI. Judul Opini: Kenapa Sih Harus Jadi Guru Milenial?. Bertugas di SDIT Al-Firdaus Kec. Bumi Agung Kabupaten Way Kanan, sebagai terbaik VI.

C. Daftar Peserta Terbaik Lomba Menulis Opini HUT PGRI ke 74 dan HGN 2019 Tingkat Kabupaten Way Kanan Wilayah 3. (Negeri Agung, Pakuon Ratu, Negeri Besar, Negara Batin ) dengan urutan terbaik:

1.Dina Setianingsih. Judul opini: Guru Pekerjaan, Guru mulia. Bertugas di SDN 1 Pakuon Baru Kec.Pakuon Ratu, sebagai terbaik I.

2.Endra Purna Irawan, S.Pd. Judul Opini: GURUKU KEKI (Guru Keren Melek Teknologi) Bertugas di SMPN 3 Negeri Besar,sebagai terbaik II.

3.Ahmad Ihsanudin, S. Pd. Judul Opini: Tantangan Guru Profesional di Era Milenal

Bertugas di SMPN 1 Negara Batin Kec.Negara Batin, sebagai terbaik III.

4.Tugiyem. Judul Opini: Guru Pekerjaanku Guru Mulia. Bertugas di SDN 2 Kalipapan Negeri Agung, sebagai terbaik IV.

5.Pitoyo, S.Pd. Judul Opini: Guru Berani Menulis. Bertugas di SDN 01 Rumbih Kec. Pakuan Ratu, sebagai terbaik V.

6.Dewi Puspita Sari. Judul Opini: Guru Sahabat Anak. Bertugas di SDN 01 Gedung Jaya Kec.Negara Batin, sebagai terbaik VI.

D. Daftar Peserta Terbaik Lomba Menulis Opini HUT PGRI ke 74 dan HGN 2019 Tingkat Kabupaten Way Kanan Wilayah 4. (Baradatu, Gunung Labuhan, Banjit) dengan urutan terbaik:

1.Valentina Dewi Akhila C.Judul opini: Guru Penggerak Kuasai Teknologi.Bertugas di SD Bhakti Baradatu Kec.Baradatu, sebagai terbaik I.

2.Yadi, S.Pd.SD. Judul Opini: Guru Pekerjaanku, Guru Mulya. Bertugas di SDN 01 Menanga Jaya Kec.Banjit, sebagai terbaik II.

3.Yuniarti. Judul Opini: Guru Keren Melek Teknologi. Bertugas di MP Islam Darul Hikmah,Taman Asri Kecamatan Baradatu dan MA Mathla’ul Anwar Baradatu, sebagai terbaik III.

4.Laila Mayasari, S.Pd.SD. Judul Opini: Guru dan Media Sosial. Bertugas di SDN 02 Banjit Kec. Banjit, sebagai terbaik IV.

5.Mujiatun, S.Pd. Judul Opini: Guru Profesional di Era Digital. Bertugas di SMPN 2 Banjit, Kec.Banjitsebagai terbaik V.

6.A.Trisno Atev, S.Pd. Judul Opini:Guru Sahabat Anak. Bertugas di SMPN 1 Banjit, sebagai terbaik VI.

Adapun reward akan diberikan piala,piagam dan buku kumpulan opini karya yang telah di ISBN kan sebagai dokumentasi karya yang baik.

Membaca dan memperhatikan dari hasil lomba menulis opini populer bagi guru pada tahun 2019 yang di inisiasi oleh PGRI Way Kanan tentunya penulis memiliki catatan-catatan dalam evaluasi dari kegiatan yang sudah terselesaikan dengan harapan yang tinggi untuk perbaikan kedepanya. Dari keinginan menulis ternyata potensi menulis bagi guru di Kabupaten Way Kanan untuk langkah awal sudah dimiliki cukup baik dari hasil penjurian yang dilakukan terlihat karya yang masuk sebanyak 99 walau dengan upaya "keras" dengan berbagai strategi yang dilakukan sehingga tahun 2019 pengirim karya jauh lebih meningkat dari tahun 2018.

Dari segi teknis menulis harus diakui perlunya dilakukan pelatihan-pelatihan menulis yang intens dalam meningkatkan mutu sebuah tulisan sebab mengurai dari karya yang masuk masih banyak karya opini mengkhianati dari rukun menulis opini semisal pemahaman apa itu opini, judul yang tidak menarik notabene sama dengan tema yang diberikan panitia, isi yang berlarian dari judul hingga pesan terpotong-potong yang akan disampaikan ke pembaca, keutuhan kalimat hingga hurup yang tak utuh dalam membentuk sebuah kalimat, tanda baca yang tak ada jeda untuk menghela nafas pembaca hingga juri menemukan karya yang berupa pidato yang tentunya tak bisa di indentifikasi bahwa ini adalah lomba yang memiliki indikator penilaian dan panitia yakin bahwa teman-teman guru memiliki semangat yang begitu mendalam dalam mengirimkan karya mereka.

Dari semua aspek yang dinilai dalam lomba menulis opini mulai dari menulis Judul, Alinea Pembuka, Isi (Batang Tubuh), Alinea Penutup (Ending) bahwasanya semangat untuk menulis harus ditanamkan secara kuat sehingga penulis tidak akan pernah selesai untuk menulis dan akan terus memproduksi karya tulisan opini yang baik dan baik lagi dari latihan-latihan yang dilakukan para penulis tentunya dalam hal ini adalah para sahabat guru-guru kita. Pendeknya semakin banyak pelatihan-pelatihan, event-event lomba menulis, reward yang diberikan kepada penulis bahkan semua elemen-elemen yang berkaitan dengan pendidikan tak henti-hentinya berjibaku dalam memprovokasi betapa pentingnya kegiatan membaca dan menulis dalam meningkatkan mutu profesional guru menimba ilmu lalu mentrasfer kepada anak-anaknya sehingga akan terbentuk sebuah masyarakat yang cerdas akan pengetahuan dan memiliki budaya yang tinggi dalam kehidupan berbangsa hingga kemajuan yang dicita-citakan akan dapat diwujudkan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Tak lupa juga panitia lomba menulis opini HGN dan HUT PGRI Way Kanan 2019 mengucapkan ribuan terimakasih kepada para sahabat guru yang mengirimkan karya menulis opini dari hasil kerja intelektual dari sahabat guru walau belum menjadi yang terbaik sebab panitia yakin bukanlah menjadi pemenang dalam tujuan utama tetapi bagaimana untuk terus bekarya sebab guru mulia karena karya. Lalu diucapkan selamat kepada 24 pemenang terbaik dalam lomba menulis opini populer guru dengan sekuat tenaga panitia melakukan pengdokumentasi di blog guru menulis dan panitia yakin akan terdokumentasi dengan baik di google, Pada akhirnya panitia lomba menulis opini yang ditugaskan PGRI Way Kanan masih banyak belum maksimal dalam melakukan kerja hajatan tahunan organisasi profesi kita, PGRI Kabupaten Way Kanan terucap panitia mohon maaf dan tentunya akan lebih baik lagi kedepannya.

Ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan, Ketua PGRI Provinsi Lampung, Plt Ketua PGRI Way Kanan beserta jajaran pengurus serta Ketua Cabang beserta pengurus di 14 Kecamatan Kabupaten Way Kanan, Insan pers cetak dan elektronik yang membantu mensosialisasikan lomba hingga pengumuman pemenang lomba menulis opini dan spesial para guru-guru yang mengirimkan karya opini semoga menjadikan karakter dalam membumikan gerakan literasi di Kabupaten Way Kanan Bumi Ramik Ragom. Demikian catatan dan harapan panitia semoga menjadi semangat kita dalam memajukan PGRI Kabupaten Way Kanan;

Hidup Guru!

Hidup PGRI!,

Solidaritas YESS.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat pak...kami juga gitu. Semoga sukses

03 Feb
Balas

Amin yrb...mksh bu

03 Feb
Balas



search

New Post