Aan Frimadona Roza

Aan Frimadona Roza, dilahirkan di Waykanan pada tanggal 22 Februari 1982, Anak kedua dari lima bersaudara dari pasangan Bapak Zainal Arifin Almarhum dan Ibu Roh...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sisi Lain Manfaat OyongTanaman Kami di Sekolah

Banjit (2/2) Apakah anda sudah tahu, loofah sejenis benda yang kerap digantung dikamar mandi dan ditaruh di tempat kering agar tidak menjadi sarang bakteri, Nah mungkin kita cari tahu dari mana loofah alami berasal?

Loofah terbuat dari semacam serat, tanaman, atau benda yang dapat ditemukan di lautan, sebab selama ini loofah yang dipakai sebagai alat bantu saat mandi ini selalu bertemakan laut, samudra, dan semacamnya. Namun ternyata, loofah sama sekali tak ada kaitannya dengan lautan. Loofah terbuat dari sayuran yang bernama oyong.

Oyong atau gambas, ketimput merupakan jenis sayuran yang biasa kita jumpai di pasar. Nama lain dari oyong dalam bahasa latin yakni Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae adalah komoditi sayuran minor. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Gambas dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur. Gambas masih sekerabat dengan belustru (Luffa aegyptiaca). Disekolah kami SMPN 7 Banjit Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung dalam rangka program sekolah hijau (Green School) juga memiliki jenis tanaman Oyong ini di halaman kantor dan depan Laboratorium IPA yang tentunya dapat mempercantik taman sekolah, bermanfaat bagi warga sekolah.

Sisi lain dari tanaman Oyong ini selain memiliki manfaat kesehatan juga merupakan alat yang kita gunakan sebagai pembersih tatkala dalam membersihkan tubuh dari aktivitas sehari-hari yakni Loofah sebagaimana dijelaskan diawal paragraf. Alat pembersihm atau dikenal loofah dari tanaman buah oyong yang seringkali kita temui dikamar mandi, Mudah sekali dan sangat bermanfaat dan simpel dalam membuatnya.

Pertama-tama, oyong dikeringkan, dikupas kulitnya, dibuang bijinya, lalu diambil bagian dalamnya. Jadi, deh, loofah! Ada yang dijual dalam bentuk panjang seperti aslinya, ada juga yang ditambah pegangan, dibentuk oval, dan lain-lain.

Sangat praktis dan tidak sulitkan???, Ayo manfaatkan tanaman disekitar sekolah dengan inovasi yang berguna dimulai dari lingkungan dan diri kita.

Sumber:https://womantalk com/beauty//articles/fakta-mengejutkan-ternyata-loofah-untuk-mandi-terbuat-dari-ini-xoel

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post