Abd. Karim Tahir

Tinggal di Gowa - Sulawesi Selatan. Guru IPS SMP Negeri 1 Parangloe Kab. Gowa dan Ketua Pusat Belajar Guru (PBG) Gowa....

Selengkapnya
Navigasi Web

Jadilah Guru Inspiratif

Apa yang paling berkesan dari sosok guru-guru anda? Bagi yang sering reunian saya yakin tahu jawabannya. Hal yang paling sering dibicarakan menyangkut guru-guru kita adalah tentang kepribadiannya. Mengenai sikap, cara berbicara, kelakuan, dan nasehat-nasehatnya. Saat masih dibangku sekolah saja, ketika ada acara ngumpul yang banyak dibahas adalah pribadi guru. Tentang materi pelajaran yang mereka sampaikan sangat jarang dibahas, kalaupun dibicarakan ada kelompok tersendiri dengan bahasan yang super serius dan orang-orang terpilih, mirip dengan FGD (Focus Group Discussion) zaman sekarang.

Materi yang disampaikan oleh guru lebih banyak dilupa dari pada diingat. Tetapi kepribadian seorang guru tertancap sangat dalam di hati siswanya. Tidak jarang kepribadian seorang guru menginspirasi siswa hingga menjadi panduan dalam memilih jalan hidup di masa depan. Seorang guru pernah bertemu dengan siswanya di SMP dulu. Muridnya ini kebetulan juga berprofesi sebagai guru. Ketika dia bertanya mengapa memilih menjadi guru. Sang murid dengan enteng menjawab “karena Bapaklah sehingga saya memilih menjadi guru”. Sang siswa mengaku terkesan dengan pribadi gurunya sehingga diapun memutuskan menjadikan guru.

Di SD ada guru saya yang mengajar dengan menyelipkan dongeng atau kisah yang sarat dengan makna hidup. Saya paling suka dengan beliau, saya selalu menunggu cerita-ceritanya. Sepulang sekolah ketika berada di tengah-tengah keluarga saya selalu mengulangi cerita-cerita dari guru saya. Ayah, Ibu dan saudara-saudara saya menjadi penyimaknya. Dongeng dan cerita guru saya menempel dengan kuat dalam benak saya hingga sekarang. Begitu berkesannya, saat mengajar sayapun sering menyelipkan dongengan dan cerita tentang pengalaman hidup kepada siswa. Tentu saja sebagian besarnya hasil copy paste dari cerita guru saya. Siswa sepertinya senang dengan cerita-cerita ini, setiap saya mengajar selalu diminta bercerita. Kadang waktu istirahat ada saja yang datang ingin mendengar saya bercerita.

Masa kuliah, saya mengagumi seorang dosen. Pintar, wawasannya luas, kritis dan penuh semangat. Tetapi yang paling membekas bagi saya adalah ketika suatu pagi sebelum perkuliahan dimulai, sang dosen memanggil saya dan berkata, “saya sudah membaca tugasmu kemarin dan luar biasa, kamu mengerjakannya dengan sangat baik”. Wah, saya dipuji dosen, bangga dong. Efeknya, seharian itu, saya sering senyum-senyum sendiri tanpa diperintah, hehe. Dan sejak saat saya tambah semangat mengikuti perkuliahan.

Ternyata pujian berdampak besar bagi peserta didik. Karena itu, guru jangan pelit memberikan pujian pada hal-hal baik yang dilakukan oleh siswa. Tentu pujian yang sesuai dengan proporsinya, tidak berlebih-lebihan.

Masih ingat bu Een Sukaesih? Beliau adalah penerima penghargaan spesial Achievement Liputan6 Award untuk kategori Inovasi, Kemanusiaan, Pendidikan, Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan dari SCTV Award 2013. Ibu Een adalah pendiri Rumah Pintar yang diberi nama Al-Barokah yang berlokasi di Dusun Batukarut, Desa Cibereum Wetan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Rumah Pintar ini menjadi sarana kegiatan belajar mengajar untuk anak-anak darimana saja yang ingin belajar secara gratis. Di Rumah Pintar yang dia dirikan ini, Bu Een sekaligus sebagai tenaga pengajar. Aktivitas mengajar beliau lakoni sambil berbaring di tempat tidur akibat penyakit lumpuh yang telah lama dideritanya. Semangat hidup dan pengabdiannya di bidang pendidikan patut diteladani. Keterbatasan yang dialaminya bukan penghalang untuk memajukan pendidikan bagi semua kalangan.

Ketika Ibu Een ditanya siapa sumber inspirasinya, beliau menyebut Pak Ahmad, Gurunya semasa SD. Menurutnya, cara Pak Ahmad mengajar mudah dipahami membuat murid-muridnya jadi pintar. Tidak hanya itu, Bu Een juga sangat kagum pada tulisan gurunya ini di papan tulis, tulisannya cantik. Sampai-sampai bu Een berlatih untuk meniru tulisan gurunya tetapi selalu gagal. Hal ini diungkapkan Bu Een ketika wartawan dari Lipuutan6.com bertandang ke rumahnya.

Bill Gates, pebinis dan penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO dan saat ini sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang dia didirikan bersama seorang rekannya, Paul Allen. Sejak 1995 hingga 2009, Dia menduduki peringkat pertama orang terkaya di dunia. Tidak termasuk tahun 2008 ketika dia turun ke peringkat ke tiga. Kisah perjalanan hidupnya telah memotivasi dan menginspirasi begitu banya orang. Ketika ditanya, siapakah yang telah membentuk dirinya sehingga menjadi pebisnis milyarder seperti sekarang ini, dengan mantap Bill Gates menjawab: guru-gurunya. Dan dia merasa beruntung memiliki guru-guru yang merupakan sumber inspirasinya. Dia tidak pernah melupakan jasa Blanche Caffiere, guru SD-nya yang disebut memiliki peran penting dalam hidup Gates di masa lampau. Baginya Caffiere adalah pemicu semangatnya untuk belajar.

Stephen Hawking, seorang ilmuan besar asal Oxford, Inggris. Kelumpuhan bahkan tidak membuatnya lemah semangat. Dia terus menciptakan terobosan-terobosan baru dalam bidang ilmu pengetahuan Alam hingga membuat namanya termasyhur di dunia. Ketertarikannya akan ilmu pengetahuan alam dimulai saat dirinya menjadi siswa di St. Albans School di Hertfordshire, Inggris. Dalam sebuah video yang dibuat khusus, Hawking mengakui dirinya sebagai anak yang malas dengan tulisan tangan yang buruk. Itu karena guru-guru di sekolahnya yang membosankan, katanya. Tetapi ada seorang guru yang sangat dia idolakan, Dikran Tahta. Lewat kelas yang dihadirinya, Hawking mengaku gurunya itu berhasil membuka matanya bahwa untuk menyingkap rahasia alam semesta adalah dengan matematika. “Kelasnya begitu hidup dan menarik. Semuanya bisa diperdebatkan, kata Prof. Hawking (dilansir dari BBC.com; 9/3/2016).

Guru yang hebat adalah guru yang mampu menginspirasi sebanyak mungkin peserta didik. Begitu banyak kisah yang dapat dijadikan contoh betapa guru inspiratif memiliki jasa besar dalam mengubah dan membukakan jalan sukses bagi peserta didiknya di masa depan. Menginspirasi peserta didik yang juga adalah generasi penerus berarti telah memberikan arah dan tuntutan bagi kemajuan bangsa.

Selamat Hari Guru Nasional untuk semua guruku dan sesamaku guru

Selamat menginspirasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju Pak ,guru yang hebat adalah guru yang mampu menginspirasi. Selamat hari guru Pak. Salam kenal ,sehat dan sukses selalu.

25 Nov
Balas

Selamat hari guru

25 Nov



search

New Post