Abdurrauf Shaleng

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
BARAKALLAH
Dok. pribadi

BARAKALLAH

#SalamPenggerak

BARAKALLAH🤲🤲

"Barakallah" adalah kata yang familiar dengan keseharian masyarakat muslim Indonesia. Kata tersebut lazim didengar dalam percakapan sehari-hari ataupun kita baca di media sosial. Ucapan “barakallah” yang artinya semoga Allah memberkahi. Atau "barakallahu laka/barakallah fiika" (semoga Allah memberkahimu/untuk lelaki). Atau "barakallahu laki/barakallahu fiiki" (semoga Allah memberkahimu/untuk perempuan) sebagai ucapan selamat sekaligus doa.

Barakah dalam bahasa Bugis disebut "Barakka' atau Mabbarakka" adalah kondisi yang diinginkan oleh hampir semua hamba yang beriman. Dengan barakka' seseorang akan mendapat limpahan kebaikan dalam hidupnya di dunia dan di akhirat.

Barakka' bukanlah cukup dan mencukupi saja. Tapi barakka' ialah ketaatan kepada Allah dengan segala keadaan yang ada, baik berlimpah atau sebaliknya. Jadi barakka' itu menambah taat kita kepada Allah SWT.

Hidup yang mabbarakka' bukan hanya sehat, tapi kadang sakit itu justru barakah. Sebagaimana Nabi Ayyub as, sakitnya menambah taatnya kepada Allah.

Barakka' itu tak selalu panjang umur. Ada yang umurnya pendek tapi dahsyat taatnya. Layaknya Mus'ab ibn Umair ra, sahabat Rasulullah saw yang syahid di perang uhud pada usia muda.

Tanah yang barakah itu bukan karena subur dan panoramanya indah. Karena tanah yang tandus seperti Makkah punya keutamaan di hadapan Allah tanpa ada yang menandingi.

Rumah yang barakah itu bukan rumah yang mewah dan luas. Tapi rumah yang penghuni di dalamnya taat mendekatkan diri kepada Allah. Walau rumah itu kecil dan sederhana seperti rumah Rasulullah saw di samping mesjid Nabawi, yang kini menjadi makam beliau.

Makanan barakah itu bukan yang komposisi gizinya lengkap serta serbah wah. Tapi makanan itu mampu mendorong pemakannya menjadi lebih taat kepada Allah.

Ilmu yang barakah itu bukan ilmu yang banyak riwayat dengan setumpuk hapalannya. Tapi yang mampu menjadikan seorang ikhlas meneteskan keringat dan darahnya untuk beramal serta berjuang bagi agama Allah.

Penghasilan barakah juga bukan gaji yang besar dan terus bertambah. Tapi sejauh mana hal itu bisa menjadi jalan rezeki bagi yang lainnya dan semakin banyak orang terbantu dengan penghasilan tersebut.

Anak-anak yang barakah bukanlah saat kecil mereka lucu dan imut. Atau setelah dewasa mereka sukses bergelar, populer, dan memiliki pekerjaan serta jabatan yang tinggi dan hebat. Tapi anak yang barakah ialah anak yang senantiasa taat kepada Rabb-Nya dan aktivitasnya bermanfaat bagi orang lain. Terutama tak henti-hentinya mereka mendoakan kedua orang tuanya baik saat masih hidup lebih-lebih setelah kedua orangtua telah menghadapNya

Oleh karenanya agar kita selalu mendapatkan barakah, maka tidak bosan-bosannya kita mengucapkan "barakallahu lakum/fiikum" kepada semua pembaca tulisan ini. Semoga Allah memberkahi kita semua. Aamiin yaa rabbal aalaminnn.

#Soppeng15Feb2023

#SalamPenggerak

#SalamPerubahan

#PelatihAhliPSP

#FasilitatorPSP

#KurikulumMerdeka

#MerdekaMengajar

#MerdekaBelajar

#SekolahPenggerak

#Bergerak

#Tergerak

#Menggerakkan

#Gasspoll

#Salamaki

#TapadaSalama🤲😄💪

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin. Semoga hidup kita senantiasa berkah.salamki tapada salama

15 Feb
Balas

Aamiin. Semoga hidup kita senantiasa berkah.salamki tapada salama

15 Feb
Balas

Aamiiinn yra..Trims bu bosQ

15 Feb



search

New Post