Abdurrauf Shaleng

Bekerja adalah Ibadah, lakukanlah dengan Penuh Cinta...!!...

Selengkapnya
Navigasi Web
Buwaja Bulu Lise Ampelo (Tagur Ke-145)

Buwaja Bulu Lise Ampelo (Tagur Ke-145)

Mauni buwaja bulu’, Nalise’ ampeloi teyyawa’ nalureng

(Mauni tomacca namaja’ sipa’na teyawa naparenta).

Artinya : ”Meskipun orang itu cerdas tapi tidak memilki sifat yang baik maka saya tidak ingin diperintah atau dituntun olehnya.”

Filosofi Bugis ini mengandung makna yang masih relevan dengan era kekinian. Bahwa modal kecerdasan tidaklah cukup bilamana seseorang akan menjadi pemimpin. Kecerdasan seharusnya berbanding lurus dengan akhlak baik yang telah mengkristal dalam tindakan dan ucapan. Jika hanya kecerdasan yang diutamakan tapi tidak berahlak, maka dia tidak dapat diterima di tengah-tengah masyarakat. Demikian juga dengan akhlak, dianggap tidak cukup jika tidak cerdas. Jadi pemimpin yang baik adalah yang cerdas dan berakhlak.

Lalu siapa yang disebut orang cerdas. Orang cerdas menurut filosofi Bugis yakni; Tau magello’ akkalengna yanaritu de’na napaccaireng, saba sampoengngi akalengge iyanaritu sipa’ paccairengnge.

Artinya: ”Orang cerdas adalah orang yang bagus dan tinggi akalnya (terarah pemikirannya), terpuji akhlaknya, tidak suka marah, karena yang menutupi akal pikiran manusia adalah sifat suka marah. Jadi orang cerdas adalah orang yang memiliki akal pikiran yang baik. Ia dapat bersabar dalam menghadapi persoalan yang genting, tahan banting terhadap ujian hidup, proaktif mencari solusi yang dapat menyelasaikan urusannya dengan baik.

Wallahu a’lam bissawab…

---------------------------------------------

Salamaki To Pada Salama

#Soppeng, 13082020

#Tantangan Menulis 365 Hari

#TaGur Hari ke-145

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap Pak salam literasi...

13 Aug
Balas

Trims pak Agus...slm literasi

14 Aug

Oh...begitu...Hebat pak bos

14 Aug
Balas

Amiin barakahAllah

13 Aug
Balas

Tengkiu bu

13 Aug

Aamiin... semoga kita menjadi orang yang betul-betul cerdas...

13 Aug
Balas

Aamiinn yra..thanks

13 Aug



search

New Post