Suherman, C.DAI., M.A., M.Pd

Riwayat Pendidikan : S.1 Fakultas Dirosat Islamiyyah UIN Syarief Hidayatullah Jakarta S.2 Dirosat Islamiyyah SPS UIN Syarief Hidayatullah Jakarta S.2 Pendidi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sifat Seorang 'Arif Billah'
Diantara sifat (Arif billah) Orang yang mengenal Allah adalahDia tidak melihat dirinya ada (memiliki daya dan upaya), karena dia menyaksikan dan merasakan Allah (yang memiliki daya dan upaya atas segala hal).

Sifat Seorang 'Arif Billah'

Banyak dari kita, Apabila projectnya berjalan dengan lancar, maka kita akan membanggakan hasil dari kerja keras kita. apabila Allah memberikan kelebihan/keahlian dibidang ilmu, maka kita akan memuji dan mengagungkan kecerdasan kita. Apabila Allah memberikan kelebihan di bidang harta dan kedudukan, maka kita akan berkata :

  إِنَّمَاۤ  أُوْتِيْتُه عَلٰى عِلْمٍ عِنْدِيْ

"Sesungguhnya aku diberi (harta itu), semata-mata karena ilmu yang ada padaku.” (QS. Al-Qasas:78)

Apa dampak yang bisa terjadi!?…

اِنْشَغَلْنَا بِالكَرَامَةِ وَنَسِيْنَا الكَرِيْمَ

Kita akan cenderung sibuk dengan kelebihan yang melekat pada diri kita hingga melupakan Sang Pemberi kelebihan/keahlian (Allah)

Imam Abu-l-Azaim berkata didalam Hikmahnya :

إِذَا بَسَطَ الله لَكَ بِسَاطَ الكَرَامَةِ فَابْتَهِلْ إِلَيْهِ وَسَلْهُ السَّلَامَةَ

Apabila Allah memberikan kelebihan (atas berbagai macam hal) kepadamu maka berdo’alah kepada-Nya sebanyak-banyaknya, dan mintalah keselamatan.

Mengapa Imam Abu-l-Azaim menyuruh kita untuk meminta keselamatan, memang keselamatan dari hal apa? Yaitu, keselamatan dari musibah sibuknya diri kita dari kelebihan/ keahlian yang melekat pada diri ini, tapi melupakan Allah yang (menitipkan kelebihan tersebut). Karena hal itu akan membuat kita jauh dari Allah lewat jalur sombong/ ujub.

Ibadah saja bisa menjadi penghalang bagi kita untuk dekat dengan Allah. Kapan itu? Ketika kita mengira bahwasanya salat tahajjud yang kita dirikan, adalah karena kesholehan dan iman yang melekat dihati kita, dll.

Kita tutup tulisan ini dengan satu hal…

Diantara sifat (Arif billah) Orang yang mengenal Allah adalah :

أَنْ يَسْتُرَ شُهُوْدَ وُجُوْدِهِ لِوُجُوْدِ شُهُوْدِهِ

Dia tidak melihat dirinya ada (memiliki daya dan upaya), karena dia menyaksikan dan merasakan Allah (yang memiliki daya dan upaya atas segala hal).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post