Achmad Nadzir

Anak bungsu dari empat bersaudara, lahir hari Sabtu, 14 April 1979 Suami dari seorang istri, menikah hari Jumat, 13 Mei 2005 Ayah dari dua orang anak, perempu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ratusan Siswa MINSAWANGI Serbu Festival Entrepreneur Pelajar di Taman Blambangan
Feature

Ratusan Siswa MINSAWANGI Serbu Festival Entrepreneur Pelajar di Taman Blambangan

Sabtu, 23 September 2023 menjadi hari yang sangat berkesan bagi dua ratus sepuluh siswa MIN 1 Banyuwangi. Mereka berasal dari kelas lima dan enam yang diberi tugas khusus untuk menghadiri event Festival Entrepreneur Pelajar yang diadakan pemerintah kabupaten Banyuwangi di taman Blambangan. Siswa-siswa tersebut sangat antusias atas tugas yang diberikan, mereka tampak bersemangat menjalaninya didampingi wali kelas masing-masing.

Festival Entrepreneur Pelajar merupakan pameran hasil karya siswa SMP/MTs sederajat di Banyuwangi. Ada sekitar 35 lima sekolah yang mengikuti kegiatan festival. Event tersebut sebagai bagian dari penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (Kumer), khususnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) elemen kewirausahaan.

Bupati Banyuwangi membuka langsung Festival Entrepreneur Pelajar Tahun 2023. Dalam sambutannya, Ipuk menyampaikan, "event festival entrepreneur pelajar sesuai dengan ajaran Rssulullah. Kita ketahui Rasulullah adalah seorang pengusaha."

"Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki ide kreatif dan inovatif yang mampu mengembangkan suatu bisnis untuk mencapai kesuksesan." Lanjutnya.

Antusias peserta perlu ditingkatkan, karena di festival tahun 2023 ini baru 35 peserta yang ambil bagian. Padahal SMP/MTs se Kabupaten Banyuwangi jumlahnya ratusan.

Para siswa yang ditunjuk mengunjungi festival entrepreneur pelajar mendapat tugas khusus. Mereka harus membuat laporan dari hasil kunjungan dan pengamatannya.

"Anak-anak perlu membuat laporan dalam bentuk narasi. Saat berkunjung ke stand peserta mereka perlu menyiapkan pertanyaan untuk mendapat informasi yang dibutuhkan," kata Mustakim wali kelas 6C.

"Tugas membuat laporan dalam bentuk narasi merupakan bagian dari gerakan literasi bagi siswa madrasah," lanjutnya.

Ada yang unik dari peserta festival yaitu SMP 2 Glagah. Mereka mengangkat layangan sebagai brand yang kenalkan ke halayak. Alat permainan tradisional yang makin ditinggalkan generasi masa kini. Mereka mampu mengemas ide sederhana tersebut menjadi sebuah karya yang layak untuk dijual. Atas kerja cerdas dan kreatifitasnya tersebut, SPENDUGA bisa meraih juara III dalam event festival entrepreneur pelajar tahun 2023 ini. (Humas MINSAWANGI)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post