Ach Taufiqirrohman

Kepala Madrasah di MTs At Taqwa Bondowoso.Lulusan S1 FKIP/MIPA Universitas Bondowoso tahun 2003.Bekerja sebagai Guru PNS di MTsN 2 Bondowoso sejak tahun 2005 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MTs At Taqwa Adakan Bimbingan Membaca Al Quran Online dengan Metode Yanbu'a

MTs At Taqwa Adakan Bimbingan Membaca Al Quran Online dengan Metode Yanbu'a

Kab.Bondowoso(MTs At Taqwa Bondowoso) – MTs At Taqwa yang lebih akrab di panggil dengan “Masa Kademangan” melakukan salah satu program unggulan setiap pagi hari, yaitu bimbingan membaca ayat suci Al – Qur’an secara online. Bimbingan Ayat suci AL Qur’an tersebut dilakukan melalui berbagai media pembelajaran, seperti E-Learning, WhatsApp, Google Meet, dan Zoom. Kegiatan tersebut dilakukan di pagi hari sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.

Di masa pandemi, kegiatan pembelajaran ngaji pagi ini tidak berjalan mulus sebagaimana biasa. Banyak kendala disana sini yang dihadapi, yaitu dari jaringan internet, sarana komunikasi/ handphone dan lain lain. Terkadang, dalam satu keluarga, handphone andoid hanya ada satu yang dipakai orang tua mereka untuk kerja, sehingga putra/putrinya pun mengalah untuk tidak mengikuti kegiatan membaca Al Qur’an pagi secara online. Bahkan, ada yang lebih menyedihkan lagi, dalam satu keluarga tidak satupun yang memiliki handphone andoid.

Dalam kegiatan bimbingan membaca Ayat Suci Al Qur’an ini, metode yang digunakan adalah Metode YANBU’A, sebuah metode / Thoriqoh baca tulis dan menghafal Al Qur’an yang di gagas oleh KH. M. Ulin Nuha Arwani dan KH. M. Ulil Albab Arwani Kudus Jawa Tengah. Sebuah buku bernama Yanbu’a ini yang berarti sumber, mengambil dari kata Yanbu’ul Qur’an yang berarti sumber Al Qur’an, merupakan nama yang sangat digemari dan disenangi oleh seorang guru besar Al Qur’an Al Muqri’ Simbah KH. M. Arwani Amin yang silsilah keturunannya sampai pada Pangeran Diponegoro. Metode sebelumnya yang digunakan adalah metode Tilawati yang di gagas oleh KH. M. Bashori Alwi Murtadlo Singosari Malang Jawa Timur. Pendiri Yayasan At Taqwa, KH. Masrur Mashud juga merupakan salah satu penggagas Tilawati yang bukunya hingga saat ini juga menebar hingga ke pelosok negeri.(fiq)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Pak. sehat dan sukses selalu

27 Nov
Balas



search

New Post