addy satria

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi PPL PPG aksi 1 dan 2 daljab kategori 1 gelombang 2 tahun 2022

Refleksi PPL PPG aksi 1 dan 2 daljab kategori 1 gelombang 2 tahun 2022

NAMA : ADDY SATRIA FARDILLAH

KELAS : KELOMPOK B/ PPG K2 UNIMA

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)

Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMKN 2 Tangerang

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Tujuan yang ingin dicapai

Melalui kegiatan pembelajaran PBL (Problem based learning), dengan menggunakan media pembelajaran video dan gambar ( condition ), peserta didik ( Audience ) diharapkan mampu (degree) :

Aspek Sikap :

1.      Peserta didik ( Audience ) diharapkan mampu mentaati ( degree ) aturan yang berlaku di Indonesia

 

Aspek Pengetahuan :

1.      Setelah mengamati video dan gambar peserta didik (Audience)  menganalisis (Behaviour)  sistem hukum dan  peradilan (C4/HOTS) degan baik (degree)

2.      Peserta didik ( Audience ) mendeskripsikan (Behaviour)  sistem hukum  dan peradilan (C4/ HOTS) dengan tepat ( degree )

Aspek Keterampilan :

1.      Peserta didik ( Audience )  menyusun (Behaviour)  sistem hukum dan peradilan dengan baik ( degree )

2.      Peserta didik ( Audience )  menyajikan (Behaviour) hasil diskusi sistem hukum dan peradilan dengan baik ( degree )

 

Penulis

Addy Satria Fardillah, S.Pd

Tanggal

8 Desember 2022

 

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi Latar Belakang masalah Kondisi pembelajaran terlihat bahwa  peserta didik kurang    termotivasi dalam pembelajaran.

Secara  umum hal ini disebabkan oleh penyampaian materi  dari guru kurang dipahami serta            guru kurang memberikan stimulus dan umpan balik. Oleh karena  itu anak menjadi cepat bosan dan kurang bersemangat.

Hal ini bisa terlihat dari sikap peserta  didik, yaitu:

a.    Peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran

b.    Tidak memperhatikan pembelajaran yang disampaikan guru

c.    Peserta didik kurang percaya diri

d.    Peserta didik enggan untuk bertanya

e.    Suka bermain saat  proses  pembelajaran berlangsung

Kondisi tersebut semakin kompleks dengan rendahnya implementasi guru dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik dan model pembelajaran inovatif di kelas, guru juga belum memberikan perhatian dan melakukan pendekatan yang intensif kepada peserta didik dalam pembelajaran.

 

Alasan praktik ini penting untuk dibagikan: Praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru termasuk rekan kerja di lingkungan tempat saya mengajar mengalami permasalah seperti saya. Besar harapan saya praktik ini selain dapat   memotivasi   diri saya sendiri untuk mengajar dengan lebih baik lagi, juga dapat memotivasi serta menjadi referensi guru lain untuk menggunakan  media pembelajaran yang menarik dan model  pembelajaran yang inovatif, serta guru juga belum memberikan        reward      untuk memacu semangat belajar peserta didik.

 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini :

Saya    berperan     sebagai    guru     kelas     XI PPKn yang  bertanggung jawab dalam hal:

1.      Memberi motivasi kepada peserta didik

2.      Melaksanakan pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik

3.      Membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran

4.      Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

 

Memfasilitasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan menyediakan media pembelajaran yang menarik serta mudah digunakan dan dipahami oleh peserta didik.

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat

Tantangan untuk mencapai tujuan dalam kegiatan ini:

Tantangan terbesar yang saya hadapi saat pelaksanaan praktik adalah:

1.        Peserta didik yang masih kurang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung.

2.        Peserta didik yang masih belum terbiasa untuk melakukan presentasi dihadapan teman- temannya.

3.        Peserta didik yang belum terbiasa dengan pengerjaan LKPD yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif.

4.        Kondisi laptop yang tiba-tiba mengalami kendala teknis saat akan dilaksanakan praktik.

 

 

 

Yang Terlibat dalam kegiatan ini:

1.           H.Nurhali, M.Pd. (Kepala Sekolah)

Memberikan izin untuk pelaksanaan praktik pembelajaran serta memberikan izin untuk menggunakan fasilitas sekolah yang dibutuhkan saat pelaksanaan praktik.

2.           Dian Malindo , S.Si (Teman sejawat)

Meminjamkan HP untuk merekam proses pembelajaran.

3.           Peserta didik kelas X

Membantu merekam video selama praktik pembelajaran

4.           Peserta didik Kelas XI yang berjumlah 21 orang

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan  tersebut / strategi apa yang digunakan/ bagaimana     prosesnya,  siapa  saja  yang terlibat / Apa  saja  sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan sintaks pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran

a.      Media pembelajaran

Terkait media pembelajaran guru menggunakan media powerpoint yang dibuat sendiri dan juga menggunakan video sehingga peserta didik lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.

b.     Meningkatkan interaksi guru menggunakan pendekatan yang dapat meningkatkan  komunikasi peserta didik dan guru serta dapat menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran. Dalam hal ini guru menggunakan pendekatan saintifik.

c.      Memberikan reward kepada peserta didik

Pada tahap pemberian penghargaan, guru memberikan reward berupa nilai lebih kepada kelompok yang terbaik agar menumbuhkan motivasi peserta didik untuk lebih semangat lagi dalam mengikuti pembelajaran.

 

Strategi yang digunakan:

Proses pembelajaran menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dibantu dengan LKPD agar peserta didik bisa terlibat aktif dalam Menganalisis Sistem Hukum Nasional.  Selain itu saya menggunakan media pembelajaran berupa slide powerpoint yang saya buat sendiri.

 

Proses pembelajaran:

Proses pembelajaran terdiri dari 5 tahap yaitu: Tahap 1 : Orientasi Peserta Didik Pada Masalah Peserta didik mengamati video yang ditampilkan oleh guru melalui slide powerpoint, kemudian setelah peserta didik mengamati video, guru memberikan permasalahan berupa kalimat pemantik.

 

Tahap 2 : Mengorganisasi Peserta Didik Untuk Belajar

Pada tahap mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, guru mengelompokkan peserta didik secara heterogen. Dalam satu kelompok kecil berjumlah 4-5 orang, ada peserta didik yang aktif dan kurang aktif. Hal ini bertujuan agar peserta didik yang aktif dapat membantu temannya yang kurang aktif saat pembelajaran berlangsung. Guru juga memberikan nama-nama kelompok yang unik dan mudah diingat peserta didik untuk membuat mereka semakin antusias dalam bekerja kelompok.

 

Tahap 3 : Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok

Guru membimbing peserta didik untuk memahami tugas    yang    ada    pada    LKPD.  Kemudian guru

berkeliling  ke  masing-masing  kelompok  pada  saat peserta didik mengerjakan LKPD dan memberikan arahan agar peserta didik aktif dan bekerjasama dalam mengerjakan LKPD.

 

Tahap 4 : Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

Peserta didik menyajikan hasil karyanya ke depan kelas, kemudian peserta didik yang lain mengamati presentasi hasil diskusi kelompok yang tampil dan memberikan tanggapan atau saran.

 

Tahap 5 : Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

Guru bersama peserta didik melakukan tanya jawab tentang hasil diskusi, kemudian memberikan masukan atas hasil pekerjaan peserta didik  yang telah didiskusikan serta memberikan penguatan berupa materi pendukung mengenai masalah yang dibahas.

 

Sumber daya yang  diperlukan  untuk melaksanakan strategi ini yaitu :

a.       Sumber daya bahan ajar dan media pembelajaran meliputi buku teks, RPP, dan perangkat pembelajaran lainnya.

b.      Sumber daya teknologi meliputi laptop dan proyektor

c.       Sarana dan prasarana meliputi ruang kelas beserta kelengkapannya.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya  efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor  keberhasilan              atau Ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan:

Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik yang dikolaborasikan dengan penggunaan media pembelajaran berupa slide powerpoint yang dibuat sendiri dan juga menggunakan video efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik hal ini ditunjukkan dengan perubahan sikap peserta didik yang sebelumnya pasif, kurang bersemangat, enggan bertanya, dan cenderung bermain sendiri saat proses pembelajaran menjadi lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik juga lebih aktif bekerjasama dan berdiskusi dengan teman sekelompoknya, bisa melatih peserta didik berpikir kritis serta bisa menghasilkan suatu Hasil Presentasi berbentuk power point (Analisis Sistem Hukum Nasional) yang bagus sebagai hasil dari pembelajaran.

 

Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan model PBL tersebut respon dari lingkungan sekitar yaitu dari peserta didik dan teman sejawat memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut:

1.   Dari    peserta    didik:    mereka    merasa    senang dengan proses pembelajaran karena mereka dapat terlibat langsung dalam menganalisis sistem hukum Nasional. Kegiatan pada saat pemaparan materi sangat menarik karena ada video dan juga gambar fenomena hukum yang terjadi di Indonesia

2. Dari teman sejawat: guru secara keseluruhan sudah dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut terlihat dari peserta didik dapat terlibat aktif ketika kerja kelompok. Kegiatan pada saat pembelajaran menarik karena menggunakan proyektor, media gambar melalui powerpoint, dan video pembelajaran.

 

Faktor            yang   mempengaruhi keberhasilan pembelajaran ini antara lain: faktor bimbingan dosen dan guru pamong, faktor persiapan meliputi penyiapan perangkat pembelajaran, faktor dukungan stakeholder terkait, serta faktor sarana dan prasarana yang tersedia.

 

Hal baik yang didapatkan dari pembelajaran ini adalah peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, guru termotivasi untuk menggunakan model pembelajaran inovatif,  menjadikan guru lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran sehingga motivasi peserta didik dapat meningkat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NAMA : ADDY SATRIA FARDILLAH

KELAS : KELOMPOK B/ PPG K2 UNIMA

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)

Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMKN 2 Tangerang

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Tujuan yang ingin dicapai

Melalui kegiatan pembelajaran PBL (Problem based learning), dengan menggunakan media pembelajaran video dan gambar ( condition ), peserta didik ( Audience ) diharapkan mampu (degree) :

Aspek Sikap

1.      Membangun (Behavior) sikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Aspek Pengetahuan

1.      Setelah mengamati video pembelajaran (TPACK) dan gambar peserta didik (Audience) diharapkan mampu (Degree) menganalisis (C4-Hots) (Behaviour) kasus-kasus pelanggaran dan pengingkaran kewajiban warga Negara

2.      Setelah melakukan pengamatan diberbagai literasi baik dari media dan buku ajar (Condition), peserta didik(Audience) menampilkan(C6 Hots) (Degree) contoh kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara

Aspek Keterampilan

1.      Peserta didik (Audience) dapat mempresentasikan(P4) (Behaviour) hasil analisis tentang nilai-nilai pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan penuh rasa percaya diri (Condition) melalui hasil tugas diskusi kelompok dengan baik (Degree)

Penulis

Addy Satria Fardillah, S.Pd

Tanggal

4 Januari 2023

 

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi Latar Belakang masalah Kondisi pembelajaran terlihat bahwa  peserta didik kurang    termotivasi dalam pembelajaran.

Secara  umum hal ini disebabkan oleh penyampaian materi  dari guru kurang dipahami serta            guru kurang memberikan stimulus dan umpan balik. Oleh karena  itu anak menjadi cepat bosan dan kurang  bersemangat.

Hal ini bisa terlihat dari sikap peserta  didik, yaitu:

f.     Peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran

g.    Tidak memperhatikan pembelajaran yang disampaikan guru

h.    Peserta didik kurang percaya diri

i.     Peserta didik enggan untuk bertanya

j.     Suka bermain saat  proses  pembelajaran berlangsung

Kondisi tersebut semakin kompleks dengan rendahnya implementasi guru dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik dan model pembelajaran inovatif di kelas, guru juga belum memberikan perhatian dan melakukan pendekatan yang intensif kepada peserta didik dalam pembelajaran.

 

Alasan praktik ini penting untuk dibagikan: Praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru termasuk rekan kerja di lingkungan tempat saya mengajar mengalami permasalah seperti saya. Besar harapan saya praktik ini selain dapat   memotivasi   diri saya sendiri untuk mengajar dengan lebih baik lagi, juga dapat memotivasi serta menjadi referensi guru lain untuk menggunakan  media pembelajaran yang menarik dan model  pembelajaran yang inovatif, serta guru juga belum memberikan        reward      untuk memacu semangat belajar peserta didik.

 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini :

Saya    berperan     sebagai    guru     kelas     XII PPKn yang  bertanggung jawab dalam hal:

5.      Memberi motivasi kepada peserta didik

6.      Melaksanakan pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik

7.      Membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran

8.      Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

 

Memfasilitasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan menyediakan media pembelajaran yang menarik serta mudah digunakan dan dipahami oleh peserta didik.

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat

Tantangan untuk mencapai tujuan dalam kegiatan ini:

Tantangan terbesar yang saya hadapi saat pelaksanaan praktik adalah:

5.        Peserta didik yang masih kurang percaya diri ketika proses pembelajaran berlangsung.

6.        Peserta didik yang masih belum terbiasa untuk melakukan presentasi dihadapan teman- temannya.

7.        Peserta didik yang belum terbiasa dengan pengerjaan LKPD yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif.

 

Yang Terlibat dalam kegiatan ini:

5.           H.Nurhali, M.Pd. (Kepala Sekolah)

Memberikan izin untuk pelaksanaan praktik pembelajaran serta memberikan izin untuk menggunakan fasilitas sekolah yang dibutuhkan saat pelaksanaan praktik.

6.           Dian Malindo , S.Si (Teman sejawat)

Meminjamkan HP untuk merekam proses pembelajaran.

7.           Peserta didik kelas X

Membantu merekam video selama praktik pembelajaran

8.           Peserta didik Kelas XII yang berjumlah 33 orang

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk  menghadapi tantangan  tersebut / strategi apa yang digunakan/ bagaimana     prosesnya,  siapa  saja  yang terlibat / Apa  saja  sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan sintaks pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan  keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran

d.     Media pembelajaran

Terkait media pembelajaran guru menggunakan media powerpoint yang dibuat sendiri dan juga menggunakan video sehingga peserta didik lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.

e.      Meningkatkan interaksi guru menggunakan pendekatan yang dapat meningkatkan  komunikasi peserta didik dan guru serta dapat menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran. Dalam hal ini guru menggunakan pendekatan saintifik.

f.      Memberikan reward kepada peserta didik

Pada tahap pemberian penghargaan, guru memberikan reward berupa nilai lebih kepada kelompok yang terbaik agar menumbuhkan motivasi peserta didik untuk lebih semangat lagi dalam mengikuti pembelajaran.

 

Strategi yang digunakan:

Proses pembelajaran menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dibantu dengan LKPD agar peserta didik bisa terlibat aktif dalam Menganalisis Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara.  Selain itu saya menggunakan media pembelajaran berupa slide powerpoint yang saya buat sendiri.

 

Proses pembelajaran:

Proses pembelajaran terdiri dari 5 tahap yaitu: Tahap 1 : Orientasi Peserta Didik Pada Masalah Peserta didik mengamati video yang ditampilkan oleh guru melalui slide powerpoint, kemudian setelah peserta didik mengamati video, guru memberikan permasalahan berupa kalimat pemantik.

 

Tahap 2 : Mengorganisasi Peserta Didik Untuk Belajar

Pada tahap mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, guru mengelompokkan peserta didik secara heterogen. Dalam satu kelompok kecil berjumlah 5-6 orang, ada peserta didik yang aktif dan kurang aktif. Hal ini bertujuan agar peserta didik yang aktif dapat membantu temannya yang kurang aktif saat pembelajaran berlangsung. Guru juga memberikan nama-nama kelompok yang unik dan mudah diingat peserta didik untuk membuat mereka semakin antusias dalam bekerja kelompok.

 

Tahap 3 : Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok

Guru membimbing peserta didik untuk memahami tugas    yang    ada    pada    LKPD.  Kemudian guru

berkeliling  ke  masing-masing  kelompok  pada  saat peserta didik mengerjakan LKPD dan memberikan arahan agar peserta didik aktif dan bekerjasama dalam mengerjakan LKPD.

 

Tahap 4 : Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

Peserta didik menyajikan hasil karyanya ke depan kelas, kemudian peserta didik yang lain mengamati presentasi hasil diskusi kelompok yang tampil dan memberikan tanggapan atau saran.

 

Tahap 5 : Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

Guru bersama peserta didik melakukan tanya jawab tentang hasil diskusi, kemudian memberikan masukan atas hasil pekerjaan peserta didik  yang telah didiskusikan serta memberikan penguatan berupa materi pendukung mengenai masalah yang dibahas.

 

Sumber daya yang  diperlukan  untuk melaksanakan strategi ini yaitu :

d.      Sumber daya bahan ajar dan media pembelajaran meliputi buku teks, RPP, dan perangkat pembelajaran lainnya.

e.       Sumber daya teknologi meliputi laptop dan proyektor

f.        Sarana dan prasarana meliputi ruang kelas beserta kelengkapannya.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya  efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor  keberhasilan              atau Ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan:

Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik yang dikolaborasikan dengan penggunaan media pembelajaran berupa slide powerpoint yang dibuat sendiri dan juga menggunakan video efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik hal ini ditunjukkan dengan perubahan sikap peserta didik yang sebelumnya pasif, kurang bersemangat, enggan bertanya, dan cenderung bermain sendiri saat proses pembelajaran menjadi lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik juga lebih aktif bekerjasama dan berdiskusi dengan teman sekelompoknya, bisa melatih peserta didik berpikir kritis serta bisa menghasilkan suatu Hasil Presentasi berbentuk power point (Analisis Makna Hak dan Kewajiban ) yang bagus sebagai hasil dari pembelajaran.

 

Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan model Problem Based Learning PBL tersebut respon dari lingkungan sekitar yaitu dari peserta didik dan teman sejawat memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut:

1.  Dari    peserta    didik:    mereka    merasa    senang dengan proses pembelajaran karena mereka dapat terlibat langsung dalam menganalisis sistem hukum Nasional. Kegiatan pada saat pemaparan materi sangat menarik karena ada video dan juga gambar fenomena hukum yang terjadi di Indonesia

2. Dari teman sejawat: guru secara keseluruhan sudah dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut terlihat dari peserta didik dapat terlibat aktif ketika kerja kelompok. Kegiatan pada saat pembelajaran menarik karena menggunakan proyektor, media gambar melalui powerpoint, dan video pembelajaran.

 

 

 

Faktor            yang   mempengaruhi keberhasilan pembelajaran ini antara lain: faktor bimbingan dosen dan guru pamong, faktor persiapan meliputi penyiapan perangkat pembelajaran, faktor dukungan stakeholder terkait, serta faktor sarana dan prasarana yang tersedia.

 

Hal baik yang didapatkan dari pembelajaran ini adalah peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, guru termotivasi untuk menggunakan model pembelajaran inovatif,  menjadikan guru lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran sehingga motivasi peserta didik dapat meningkat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

 

 

 

 

Lampiran Hasil berbagi di GURU BERBAGI

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post