Ade Fathurahman

Guru Geografi SMA Negeri 1 Kota Sukabumi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gravitasi, Sisi Jauh, Ilusi, Kalender Fase, Pendaratan dan Pemandangan di BULAN serta Pem
Encarta Encyclopedia

Gravitasi, Sisi Jauh, Ilusi, Kalender Fase, Pendaratan dan Pemandangan di BULAN serta Pem

https://adefathurahman.blogspot.com/2021/05/pergerakan-bulan-rotasi-revolusi.html

Gaya Gravitasi

Karena Bulan memiliki massa yang jauh lebih sedikit daripada Bumi, berat suatu benda di permukaan Bulan hanya seperenam dari berat benda di permukaan Bumi. Grafik ini menunjukkan berat benda yang beratnya di Bumi pada titik yang berbeda antara Bumi dan Bulan. Karena Bumi dan Bulan menarik ke arah yang berlawanan, ada satu titik, sekitar 346.000 km (215.000 mil) dari Bumi, di mana gaya gravitasi yang berlawanan akan meniadakan, dan berat benda akan menjadi nol. Ensiklopedia Encarta © Microsoft Corporation. Semua Hak Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta.

Sisi Jauh Bulan
Gabungan gambar yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Clementine ini menunjukkan sisi jauh Bulan — sisi yang secara permanen menghadap jauh dari Bumi. Sisi jauh memiliki lebih sedikit dan lebih kecil maria daripada sisi dekat. Maria adalah dataran yang terbentuk miliaran tahun yang lalu oleh aliran lahar.Encarta EncyclopediaUSGS, Flagstaff Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta.

Ilusi Bulan
Saat bulan berada di dekat cakrawala, ia tampak lebih besar daripada saat berada di langit di atas kepala. Psikolog saat ini masih memperdebatkan penyebab ilusi ini, yang telah memesona para ilmuwan dan filsuf selama berabad-abad. Di sini bulan tampak besar di atas cakrawala San Francisco. Ensiklopedia Incarta, Michael J. Howell / Liaison Agency Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta.

Kalender : Fase Bulan
Fase bulan ditampilkan dalam Waktu Universal. Untuk menemukan Waktu Standar Timur kurangi lima jam, atau empat jam selama waktu musim panas. Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta.

Fase Bulan
Munculnya Bulan dari Bumi bergantung pada posisi relatif Bumi, Bulan, dan Matahari. Ilustrasi ini menunjukkan seperti apa Bulan dari Bumi pada berbagai tahap orbit Bulan. Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta. Pendaratan di Bulan
Misi 9 dan 13 dari program Soviet Luna mendarat di bulan, lalu merilis kapsul kecil. Kapsul itu memiliki alas yang tertimbang, jadi itu digulung tegak. Ia kemudian membuka tutupnya, memperlihatkan kamera televisi dan antena komunikasi. Encarta Encyclopedia © Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta.

Bepergian ke Bulan dan Kembali

Misi Apollo 11 ke Bulan melibatkan serangkaian tahapan yang rumit dan diatur waktunya dengan cermat, seperti yang ditunjukkan di sini. Perjalanan ke Bulan ditunjukkan dengan garis kuning, sedangkan perjalanan pulang ditandai dengan garis biru. Perjalanan luar angkasa tidak mungkin terjadi tanpa perhitungan matematis yang tepat dari percepatan, jarak, tarikan gravitasi, gesekan, dan sebagainya. Seluruh hak cipta Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta.

Bumi dari Bulan
Pada akhir 1960-an, orang untuk pertama kalinya melihat seperti apa Bumi dari luar angkasa. Foto Bumi yang terkenal ini diambil oleh para astronot dalam misi Apollo 8 saat mereka mengorbit Bulan pada tahun 1968. Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta.

Langkah Pertama di Bulan

Awak Apollo 11 Neil A. Armstrong dan Edwin E. Aldrin, Jr., mengambil langkah bersejarah pertama mereka di bulan pada 20 Juli 1969. Armstrong ditampilkan di sini saat turun dari modul bulan (LM). Aldrin mengikutinya 20 menit kemudian. Selama 2 jam 31 menit di luar LM, kedua pria itu menancapkan bendera Amerika Serikat, mengumpulkan 22 kg (49 lb) batuan dan tanah bulan, dan mengerahkan peralatan ilmiah untuk mempelajari angin matahari dan mengukur getaran seismik di bagian dalam bulan dan di permukaannya.Encarta EncyclopediaArchive Films Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta.

Pemandangan Bulan

Selama misi Apollo 17 pada tahun 1972, astronot menjelajahi wilayah bulan Taurus-Littrow yang berbatu, yang ditunjukkan di sini. Para astronot menghabiskan 22 jam berkeliling 35 km (22 mil) dari daerah itu dengan penjelajah bulan. Selain itu, mereka mengumpulkan lebih dari 109 kg (243 lb) sampel batuan untuk analisis ilmiah. Misi Apollo 17 adalah penerbangan bulan terakhir dengan awak. Encarta EncyclopediaNASA Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. Seluruh hak cipta. @thurGeoSMANSAKOTASUKABUMI
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren banget

10 Apr
Balas

hehehe... terima kasih.

12 Apr



search

New Post