Ade Kurnia

Ade Kurnia, asli tanah pasundan lahir di tasikmalaya Jawa Barat. Terlahir tahun 1977 dari 10 bersaudara. Sekarang tinggal di Jakarta sebagai pendidik disebuah M...

Selengkapnya
Navigasi Web
LOKCDOWN DAN INSTROFEKSI
Covid 19 menyebabkan adanya lokcdown. Kita harus lebih banyak melihat kepada diri kita sendiri, introfeksi atau ibda binafsi.

LOKCDOWN DAN INSTROFEKSI

Pandemi Covid 19 yang selama ini telah terus berjalan dan kita belum tahu kapan akhir dari Pandemi ini. Menyebabkan perubahan dari berbagai hal baik sosial, budaya maupun prilaku keagamaan.

Berbagai cara dilakukan dalam usaha menghentikan penyebaran Covid 19 ini. Ada istilah lokcdown, social distancing, physical distancing dan PSBB.

Marilah kita renungi bersama kondisi ini positif thinking kepada Allah SWT. Lokcdown dengan semua kegiatan dirumah saja. Work from Home kerja dirumah saja, Learning From Home belajar dari rumah. Kita lebih banyak dirumah dan waktu kita lebih banyak.

Mungkin sebelum ada Corona kita pada Ramadhan ini terlalu banyak alasan ketika tidak bisa shalat taraweh, tadarrusan baca quran dan berkumpul bersama keluarga. Sekarang Allah tunjukan itu, Allah berikan itu tak kala kita ada dirumah dan waktu begitu banyak, kita ditantang untuk bisa melakukan sholat berjamaah dengan keluarga, jadi imam, tadarrusan dan tahajud.

Apakah kita bisa melakukan itu semua, tidak ada lagi alasan capek kerja, sibuk kerja dan tidak ada waktu. Ketika kita dituntut jadi imam taraweh apakah seorang bapak mampu dan hafalan al qurannya walau surat pendek diuji.

Terlihat bagaimana kualitas kita sebenarnya apakah ketika Allah berikan waktu banyak buat kita, kita mampu memanfaatkannya dan mengoreksi diri kita, kualitas kita. Apakah ibadah yang biasa dilakukan bersama yang lain rame - rame dengan kita sendiri dirumah mau melakukannya. Apakah kita lebih khusyu apa tidak, apakah kita lebih rajin apa tidak. Jangan sampai ibadah kita selama ini rajin karena ingin dilihat orang atau sekedar meramaikan saja.

Semoga kita lebih banyak melihat kedalam diri pribadi diri kita sendiri jangan terlalu banyak melihat keluar.

Semoga bermanfaat ....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga Tuhan melindungi kita semua. Amin Yra.

03 May
Balas



search

New Post