Adelia Derifni, S.Si

Sebagai seorang pendidik, saya melihat pentingnya menginspirasi siswa untuk mencapai potensi penuh mereka. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam meningk...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMANFAAT GEOGEBRA PADA PEMBELAJARAN FUNGSI KUADRAT

PEMANFAAT GEOGEBRA PADA PEMBELAJARAN FUNGSI KUADRAT

PEMANFAAT GEOGEBRA UNTUK MENJELASKAN PENGARUAH KOEFISIEN DAN NILAI DISKRIMINAN FUNGSI KUADRAT TERHADAP KARAKTERISTIK GRAFIK FUNGSI DI SMP AL MULSIM TAMBUN SELATAN

Adelia Derifni, S.Si

A.    PERENCANAAN

Kehidupan di era abad 21 ditandai dengan berkembangnya teknologi informasi dengan sangat pesat. Dunia Pendidikan saat ini tidak bisa lepas dari imbas perkembangan di era abad 21 ini. Dunia Pendidikan harus mampu menghadirkan pembelajaran yang menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi sesuai masanya.

Guru pada era ini memiliki peran yang semakin luas. Guru harus mampu menggunakan teknologi dalam menunjang pembelajarannya di dalam kelas. Untuk mewujudkan student centre pada pembelajaran, guru harus mampu berinovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknolgi sebagai sarana media pembelajaran.

Salah satu program komputer (software) yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika adalah Geogebra. Geogebra merupakan aplikasi yang digunakan untuk memvisualisasikan konsep matematis dengan keunggulannya mudah digunakan, tersedia dalam bahasa Indonesia, fiturnya cukup lengkap dalam pembelajaran matematika, dan cocok untuk mengajarkan materi fungsi  kuadrat.

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka saya tertarik untuk melakukan praktik baik yang berjudul “Pemanfaat Geogebra Untuk Menjelaskan Pengaruah Koefisien dan nilai Diskriminan Fungsi Kuadrat Terhadap Karakteristik Grafik Fungsi di Smp Al Mulsim Tambun Selatan”. Adapun perencanaan yang dilakukan, yaitu:

1.       Menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pelaksanaan praktik baik ini.

2.     Menyiapkan perangkat pembelajaran, yaitu RPP, media pembelajaran berupa aplikasi berbasis website, LKPD berbasis website, e-modul, dan lembar observasi.

3.     Menyiapkan bahan evaluasi formatif berstandar HOTS.

Dengan memaksimalkan persiapan untuk pelaksanaan praktik baik ini diharapkan praktik baik ini mampu meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran matematika.  

B.    PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan pada tanggal 20 Oktober 2022 di kelas IX Abu Dzar Semester Satu Tahun Pelajar 2022/2023 di SMP Al Muslim Tambun Selatan sebanyak 21 orang. Adapun tahapan-tahapan pelaksanaannya yaitu:

1.       Pendahuluan (10 menit)

Setelah melakukan doa dan presensi, guru memberikan apersepsi dan motivasi dengan melibatkan siswa dengan menggunakan website https://wordwall.net.

2.     Kegiatan inti (50 menit)

a.     Pemberian stimulus dengan media http://www.geogebra.org/.

b.     Siswa mengindentifikasi masalah dari stimulus dan mengumpulkan data dari e-modul yang diberikan.

c.     Siswa melakukan pengolahan data dengan mengerjakan LKPD berbasis website yaitu https://www.liveworksheets.com/.

d.     Siswa melakukan pembuktian kebenaran dari pengolahan data yang dikerjakan melalu website http://www.geogebra.org/ dilanjutkan dengan menarik kesimpulan dari hasil pembuktian tersebut.

3.     Kegiatan penutup

a.     Siswa mengerjakan sumatif

b.     Siswa melakukan refleksi dari pembelajaran yang sudah dilaksanakan.

C.    VISUAL HASIL

Berikut disajikan gambar dalam media pembelajaran, LKPD yang digunakan dan tahapan - tahapan yang dilakukan dalam pembelajaran.

Penggunaan LKPD yang telah disematkan geogebra classic dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik untuk mengeksplore geogebra classic yang tersemat di dalam LKPD.

 

A.    TINDAK LANJUT

Berdasarkan kegiatan refleksi yang dilakukan, ada beberapa hal yang harus ditindak lanjuti, yaitu :

1.       Peserta didik diberikan modul tambahkan yang berisi materi perkenalan website https://www.geogebra.org/classic.

2.     Guru mengupgrade kompetensi professional guru dalam bidang digital, sehingga guru dapat membuat video pembelajaran yang lebih baik.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

14 Apr
Balas

terima kasih pak

16 Apr



search

New Post