ADE RIFQI ROZIQIN

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
BEST PRACTICE

BEST PRACTICE

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Nama : Ade Rifqi Roziqin, S.Pd

Nomor Peserta PPG : 201503598821

Asal instansi : SMPN 6 Tambun Selatan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SMPN 6 Tambun Selatan

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

PPL 1 : Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik pada pembelajaran menulis teks prosedur

PPL 2 : Meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik dalam pembeljaran teks laporan hasil observasi.

Penulis

Ade Rifqi Roziqin, S.Pd

Tanggal

PPL 1 :10 Desember 2022

PPL 2 : 5 Januari 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

PPL 1 :

PPL1 dilaksanakan berdasarkan permasalahan kemampuan membaca dan menulis peserta didik belum optimal. Permasalah tersebut dikaitan dengan KD 3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan 4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan tentang sesuatu dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis. Kemampuan membaca siswa belum optimal karena kebiasaan kegiatan membaca belum dioptimalkan. Kemampuan menulis juga belum optimal karena pembiasan menulis sesuai aturan bahasa dan kebahasaan belum maksimal dilaksanakan. Maka perlu diterapkan model dan metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik.

PPL 2:

PPL2 dilaksanakan berdasarkan permasalahan peserta didik kurang antusias mengikuti pembelajaran yang berorientasi peserta didik. permasalahan tersebut terkait KD 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan dan KD 4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar. Sikap kurang antusias peserta didik terlihat dari keaktifan peserta didik dalam pembelajaran belum maksial, peserta didik cenderung pasif. Maka perlu diterapkan model dan metode pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

PPL 1 :

Pelaksanaan PPL 1 dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis teks prosedur, maka dua hal yang harus ditentukan penyelesaiannya. Meskipun kemampuan membaca jelas berkaitan dengan kemampuan menulis, dua keterampilan ini masing masing harus ditentukan solusinya. Kemampuan membaca peserta didik selain ditingkatkan melalaui kegiatan pembelajaran, perlu didukung dengan sarana yang memadai dan pembiasaan kegiatan pembelajaran yang menunutut peserta didik. Maka pihak sekolah harus menyediakan sarana dan merancang kegiatan literasi. Kemampuan menulis peserta didik terutama pada ketentuan tata penulisan dan kebahasaan menjadi tanggung jawab penuh guru bahasa indonesia untuk selalu mengingatkan, mengajarkan dan melaksanakan pembelajaran menuntut kemampuan menulis sebuah teks.

PPL 2:

Pelaksanaan PPL 2 dilaksanakan untuk meningkatkan keaktifan perserta didik dalam pembelajaran materi mengidentifikasi teks laporan hasil observasi. Peserta didik belum maksimal aktif dalam mengikuti pembelajaran disebabakan oleh beberapa hal daiantaranya peserta didik belum siap menerima perubahan cara belajar dari pembelajaran berorientasi guru ke pembelajaran berorientasi peserta didik, model pembelajaran tidak mengakomodasi kebutuhan peserta didik dan peserta didik dalam keadaan bosan atau jenuh.

Yang terlibat

1. Kepala sekolah

2. Rekan sejawat

3. Pendidik

4. Peserta didik

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

PPL 1 :

Langkah

Pelaksanakan pembelajaran menulis teks prosedur dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis maka dilaksanakan langkah-langkah :

1. Pendidik di awal pembelajaran memotivasi peserta didik tentang pentingnya keterampilan membaca dan menulis melalui media video.

2. Pendidik meminta peserta didik melakukan kegiatan membaca dari bahan yang disiapkan sebelum memulai pembelajaran.

3. Pendidik melaksanakan metode pembelajaran picture and picture.

4. Pendidik melaksanakan model pembelajaran problem based learning

5. Pendidik menggunakan media gambar melalaui aplikasi wordwall.

6. Pendidik menggunakan barcode pada kegiatan pre test dan post test, serta LKPD.

Strategi

Pemilihan video motivasi dilakukan dengan pertimbangan durasi video pendek, pembahasan tentang pentingnya literasi dan contoh nyata tokoh-tokoh berpengaruh besar dan literasi. Metode picture and picture yang dilaksanakan untuk merangsang kemampaun menulis peserta didik menggunakan aplikasi wordwal agar tampilan gambar menarik dan peserta didik menerapkan tpack dalam pembelajaran. Penggunaan barcode selain disajikan di layar presentasi juga dipersiapkan bentuk lembaran di meja secara berkelompok.

Proses

1. Kegiatan pendahuluan

Orientasi:

Peserta didik bersama pendidik saling memberi dan menjawab salam, kegiatan doa, presensi peserta didik, pendidik meemastikan kesiapan Peserta didik untuk belajar serta memeriksa kerapihan diri

dan bersikap disiplin , kondusif dalam setiap kegiatan pembelajaran lalu Peserta didik bersama pendidik

mengucapkan sumpah pemuda bersama secara lantang

Apersepsi :

Peserta didik bersama pendidik bertanya jawab mengenai materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan mengaitkan materi yang akan dipelajari.

Motivasi :

Peserta didik menyimak video motivasi dan penjelasan pendidik tentang pentingnya membaca dan menulis teks prosedur

Pemberi Acuan :

Peserta didik mengerjakan pra test dan post test tentang menyajikan data rangkaian kegiatan tentang sesuatu dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis

2. Kegiatan Inti

Orientasi peserta didik pada masalah :

Pendidik menjelaskan tujuan belajar dan kegiatan yang akan dilakukan, Peserta didik disajikan sebuah permasalahan berkaitan dengan solusi langkah-langkah yang harus dilakukan.

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar :

Pendidik membentuk kelompok peserta didik yang terdiri dari 5-6 orang yang dipilih secara heterogen, Peserta didik diberikan LKPD melalui gawai untuk diselesaikan secara berkelompok, Peserta didik mencari informasi tentang langkah langkah menulis teks prosedur.

Membimbing penyelidikan Peserta didik :

Peserta didik disajikan gambar gambar langkah prosedur secara acak, lalu secara berkelompok diminta mengurutkan gambar langkah prosedur tersebut.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya :

Peserta didik secara berkelompok memilih satu rangkaian gambar dan menentukan topiknya, Pendidik membimbing peserta didik menuliskan kalimat petunjuk pada tiap gambar yang telah disusunnya, Peserta didik merancang kerangka teks prosedur, Peserta didik membuat teks prosedur secara berkelompok memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah penggunaan kata/kalimat/ tanda baca/ejaan, Peserta didik mempresentasikan teks prosedur yang telah disusun.

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Peserta didik mengevaluasi teks prosedur yang disajikan kelompok lain dan hasil evaluasi pendidik berdasarkan teks prosedur yang disusunnya.

3. Kegiatan Penutup

Pendidik memberikan tes akhir (posttest) kepada peserta didik untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran, Pendidik bersama peserta didik melakukan refleksi, Pendidik bersama peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam dan doa

Sumber daya

Sumber daya yang harus optimal adalah kompetensi dan kreatifitas pendidik dalam pengembangan perangkat pembelajaran, kreatifitas penerapan TPACK dalampembelajaran dan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang berpusat pada aktivitas peserta didik.

PPL 2:

Langkah

Pelaksanakan pembelajaran mengidentifikasi teks laporan hasil observasi dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik, maka dilaksanakan langkah-langkah :

1. Pendidik menerapkan model pembelajaran discovery learning.

2. Pendidik menerapkan metode pembelajaran talking stick.

3. Pendidik menggunakan media audiobook untuk kegiatan pembelajaran literasi.

4. Pendidik melakukan kegiatan yang menarik perhatian peserta didik yaitu mengajak peserta didik melakukan kegiatan ice breaking.

5. Pendidik didik menggunakan barcode pada kegiatan pre test dan post test, literasi, serta LKPD.

Strategi

Pada kegiatan literasi agar lebih variatif dikenalkan dan diterapkan audibook untuk dipindai pada barcode yang disediakan. audiobook disediakan 4 pilihan materi yang berbeda. Audiobook tersebut berkaiatan dengan sintak stimulus dalam kegiatan inti pembelajaran. Metode talking stick digunakan pada sintak pengumpulan data. Tongkat untuk taliking stick menjadi reward untuk peserta didik yang menjawab pertanyaan, selanjutnya disiapkan tongkat baru untuk lanjutan kegiatan talking stick hingga 5 pertanyaan yang diajukan selesai.

Proses

1. Kegiatan pendahuluan

Orientasi :

Peserta didik bersama pendidik saling memberi dan menjawab salam, kegiatan doa, presensi peserta didik, pendidik meemastikan kesiapan Peserta didik untuk belajar serta memeriksa kerapihan diri

dan bersikap disiplin , kondusif dalam setiap kegiatan pembelajaran lalu Peserta didik bersama pendidik

mengucapkan menyanyikan lagu wajib nasional.

Apersepsi :

Peserta didik bersama pendidik bertanya jawab mengenai materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan mengaitkan materi yang akan dipelajari.

Motivasi :

Peserta didik menyimak penjelasan pendidik mengenai manfaat mempelajari teks laporan hasil observasi.

Pemberi Acuan :

Peserta didik mengerjakan tes awal menguji kemampuan awal peserta didik tentang mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi.

2. Kegiatan inti

Pembiasaan Literasi :

Peserta didik mencermati audiobook melalui link yang disediakan.

Stimulus :

Pendidik me ngajukan pertanyaan kepada peserta didik berkenaan pengetahuan hasil observasi.

Identifikasi masalah :

Peserta didik disajikan dua teks berbeda terdiri dari teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi.

Peserta didik menentukan teks laporan hasil observasi.

Pengumpulan data :

Peserta didik mencari informasi tentang pengertian dan ciri umum teks laporan hasil observasi kemudian menjelaskannya, Pendidik membentuk kelompok peserta didik secara heterogen. Tiap kelompok mengerjakan LKPD menggunakan gawai secara berkelompok, kemudian menguraikan informasi dari teks yang disajikan pendidik melalui tanya jawab menggunakan alat tongkat (metode talking stick.)

Olah data :

Peserta didik secara berkelompok membuat ringkasan informasi teks laporan hasil observasi

Pembuktian :

Peserta didik menanggapi ringkasan informasi kelompok lainkemudian mengamati hasil identifikasi informasi yang disajikan pendidik.

Generalisasi :

Peserta didik menyimpulkan informasi berupa fakta dan opini dari laporan hasil observasi.

3. Kegiatan penutup

Pendidik memberikan tes akhir (posttest) kepada peserta didik untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran, Pendidik bersama peserta didik menyimpulkan hasi kegiatan pembelajaran kemudian melakukan refleksi dan tindak lanjut berupa penugasan yang berkaitan dengan materi pembelajaran pertemuan berikutnya. Pendidik bersama peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam dan doa

Sumber daya

Sumber daya yang harus optimal adalah kompetensi dan kreatifitas pendidik dalam pengembangan perangkat pembelajaran, kreatifitas penerapan TPACK dalampembelajaran dan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang berpusat pada aktivitas peserta didik.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

PPL 1 :

Hasil

1. Penggunaan metode pembelajaran picture and picture terbukti meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Gambar-gambar acak mampu disusun dan diubah menjadi kalimat kalimat petunjuk oleh peserta didik pada kegiatan pengumpulan data melalui aplikasi wordwall.

2. Penggunaan TPACK melalui scan barcode untuk pra test, post test, LKPD, Gambar picture and picture menggunakan wordwall dilayar meski mengalami kendala namun dapat dilaksanakan peserta didik dengan baik, pendidik menyiapkan alternatif scan barcode di kertas.

Evaluasi

1. Bagian evaluasi antar kelompok belum ditentukan kriteria nya sehingga peserta didik hanya menanggapi tampilan presentasi perwakilan kelompok lain

2. Pada beberapa Langkah pembelajaran anak masih perlu dibimbing penuh/ perlu penjelasan lengkap.

3. Presentasi beberapa kelompok tentang teks prosedur pada bagian struktur teks prosedur belum tersusun dengan baik.

4. Keterampilan berbicara hanya terlihat dari beberapa peserta didik perwakilan kelompok.

PPL 2:

Hasil

1. Penggunaan metode talking stick berhasil meningkatkan antusias peserta didik mengikuti pembelajaran. Terbukti pada saat refleksi menjadi kegiatan yang paling berkesan dalam pembelajaran menurut peserta didik.

2. Pengunanaan media audiobook meningkatkan antusias peserta didik karena hal tersebut merupakan halyang baru bagi peserta didik.

3. Penggunaan TPACK melalui scan barcode untuk pra test, post test, LKPD, dapat dilaksanakan peserta didik dengan baik, pendidik menyiapkan alternatif scan barcode di kertas.

Evaluasi

1. Pada beberapa langkah pembelajaran anak masih perlu dibimbing penuh/ perlu penjelasan lengkap

2. Kegatan penentuan simpulan oleh peserta didik belum dilakuakn secara mandiri oleh peserta didik

Respon

Peserta didik antusias dan senang mengikuti pembelajaran, terutama pada kegiatan baru yang mereka lakuakan. Pada PPL 1 penggunaan wordwall memacu keaktifan peserta didik karena tampilannya menarik dan isinya kompetitif. Peserta didik cendrung menyukai pembelajaran melalaui permaiann. Begitu pula pada PPL 2, peserta didik antusias karena belajar melaui permainan dan bernyanyi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post