Drs. Ade Sukarna, M.Pd.

Drs. Ade Sukarna, M.Pd. , Penulis artikel di UC News dan Bernas.id, lahir di Cirebon, 13 September 1963. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Band...

Selengkapnya
Navigasi Web
10 Cara Menakjubkan Dan Telah Terbukti Atasi Kantuk Saat Aktivitas Padat Bagi Pelajar. Nomor 7 Anti Mainstream!
10 Cara Menakjubkan dan Telah Terbukti Atasi Kantuk Saat Aktivitas Padat Bagi Pelajar (Foto : bernas.id)

10 Cara Menakjubkan Dan Telah Terbukti Atasi Kantuk Saat Aktivitas Padat Bagi Pelajar. Nomor 7 Anti Mainstream!

Kantuk menandakan bahwa tubuh perlu istirahat dari segala aktivitas yang sudah dijalani. Cara terbaik yang harus dilakukan adalah beristirahat dan tidur. Namun, aktifitas yang padat di sekolah membuat pelajar yang kurang tidur, harus rela menahan kantuk.

Dilansir dari liputan6.com dari laman Bright Side, Rabu (31/1/2018) pelajar bisa mencoba cara menakjubkan untuk mengatasi rasa kantuk di tengah aktivitas pelajar yang padat. 10 Cara menakjubkan dan terbukti ampuh untuk mengatasi kantuk saat beraktifitas bagi pelajar :

1. Sarapan pagi

Sarapan pagi adalah salah satu sumber energi pertama yang didapatkan pelajar sebelum memulai aktivitas. Pelajar yang menyempatkan untuk sarapan pagi akan lebih bersemangat dan bertenaga saat belajar dan melakukan aktifitas lainnya di sekolah. Sebaliknya, pelajar yang tidak sempat sarapan terlihat lemas dan kurang bertenaga disertai dengan mata yang mudah mengantuk.

2. Memperbanyak konsumsi air putih

Air putih bisa membantu menjaga kadar cairan di dalam tubuh. Jika kadar cairan di dalam tubuh tidak terjaga, maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang bisa menimbulkan rasa kantuk.

3. Mencuci wajah atau berwudhu

Air yang digunakan untuk mencuci wajah atau berwudhu mampu menyegarkan mata dan anggota tubuh lainnya, sehingga akan lebih bersemangat dan mengusir rasa kantuk.

4. Tidur cukup

Hendaknya pelajar istirahat dan tidur yang cukup di malam hari. Selain bisa mengatasi kantuk, tidur cukup juga mampu menjaga dari berbagai masalah lainnya seperti lemas, lesu dan tidak bersemangat untuk beraktifitas.

5. Berbincang atau bercanda dengan teman

Saat berbincang atau bercanda dengan teman, otak akan dapat bekerja, sehingga rasa kantuk pun akan hilang.

6. Menghindari banyak minum kopi atau minuman berenergi waktu malam hari

Kedua jenis minuman tersebut memang bisa mengembalikan energi ketika tubuh lelah. Namun hanya bersifat sementara. Tubuh akan terasa lemas dan lelah di keesokan paginya.

7. Sarapan es krim di pagi hari

Es krim terbukti dapat 'membangunkan' otak. Bukan karena kandungan gulanya, tapi suhu dingin dari es krim dapat mengubah rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat.

8. Melakukan olahraga ringan di pagi hari

Tidak perlu melakukan olahraga berat di pagi hari. Pelajar cukup melakukan 3 hingga 5 gerakan sederhana atau berjalan sekitar 4000m (memerlukan waktu sekitar 20 menit) untuk menambah energi pada tubuh.

9. Mandi dengan air hangat

Pelajar bisa menambahkan beberapa tetes minyak eucalyptus atau minyak esensial ke dalam air hangat di bak mandi atau ember. Aroma yang menyengat dari minyak yang dicampurkan akan memberikan efek relaks bagi tubuh.

10. Makan sedikit gula

Makan terlalu banyak gula justru bisa menyebabkan rasa kantuk datang tidak terduga. Jika pelajar ingin makan makanan yang manis sebelum beraktivitas, sebaiknya makan buah-buahan dengan rasa manis yang alami.

Demikian 10 cara menakjubkan dan terbukti ampuh untuk mengatasi kantuk saat beraktivitas bagi pelajar. Semoga dengan mengetahui cara ini, pelajar Indonesia tidak lagi mengantuk saat KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dan beraktivitas lainnya di sekolah. Pelajar yang memiliki tubuh yang sehat, segar dan tidak mengantuk saat beraktivitas padat di sekolah diharapkan bisa berprestasi akademik ataupun non akademik secara optimal.

Yth. Bapak/Ibu Guru 9 SMP dan SMA MIPA dan IPS

Mohon disampaikan kepada siswa-siswinya atau yang berminat berlangganan Quipper Video

- Konten berkualitas

- Harga terjangkau

- Bayar sekali, belajarnya berkali-kali

- Belajar dimana saja, kapan saja

Silakan klik video.quipper.com

Masukkan Kode Promosinya B634LL agar mendapat Discount Besar dan Bonus. Terima Kasih. Atau Hubungi WA : 085864308329 (http://bit.ly/kodepromosiQV)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah, Bu Budiyanti Anggit. Kenapa mogok, Bu?

22 Feb
Balas

Aktif di UC New ya Bapak. Wah sip. Banyak dolarnya di sana. Saya malah mogok. Mantap tulisannya Bapak

22 Feb
Balas

Heee biasa Pak , kurang tekun. Dulu masalah internet. Trus sekarang belum mulai lagi. Teman saya yang sudah dijaring uc news. Sukses deh untuk Bapak

22 Feb
Balas



search

New Post