Drs. Ade Sukarna, M.Pd.

Drs. Ade Sukarna, M.Pd. , Penulis artikel di UC News dan Bernas.id, lahir di Cirebon, 13 September 1963. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Band...

Selengkapnya
Navigasi Web
4 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Saat Sedang Sakit Gusi. Apa Saja Sih?
4 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Saat Sedang Sakit Gusi (Foto : shinysmiledentalclinic.com)

4 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Saat Sedang Sakit Gusi. Apa Saja Sih?

Mohon biasakan klik tombol kuning di atas sebelum membaca artikel saya, ya Sob. Gratis kok. Terima kasih.

Penyakit gusi diakibatkan oleh peradangan. Peradangan ini muncul akibat infeksi bakteri. Orang pun jadi sulit mengunyah atau bicara. Mulut jadi serba tidak nyaman. Selain harus menjalani pengobatan dengan antibiotik dan perawatan dari dokter gigi, ada pantangan yang harus ditaati agar sakit gusi cepat hilang.

Gigi goyang ketika menggigit dan mengunyah makanan sebagai ciri penyakit gusi. Saat menyikat gigi, gusi akan memerah, membengkak jadi lebih lunak dan mengalami pendarahan.. Kondisi ini disebut sebagai gingivitis atau radang gusi.

Jika dibiarkan, penyakit ini dapat bertambah parah dan berkembang jadi periodontitis. Periodontitis yaitu gejala berupa gigi renggang, gigi tanggal, dan bau mulut tak sedap. Sebaiknya seseorang segera periksa ke dokter gigi jika mengalami gejala-gejala sakit gusi.

Meskipun seseorang telah minum obat dan menjalani perawatan, sakit gusi tak akan hilang begitu saja jika ia tidak mengubah pola makan tak sehat. Penting untuk menghindari makanan dan minuman berikut ini.

Dilansir dari hellosehat.com (7/9/17), inilah 4 jenis makanan yang harus dihindari saat sedang sakit gusi :

1. Makanan dan minuman manis. Makanan dan minuman manis mengandung gula yang tinggi. Gula akan diserap tubuh dan jadi sumber makanan bagi bakteri penyebab sakit gusi. Bakteri pun akan jadi semakin ganas dan sulit diberantas. Gula yang menempel di gusi juga akan berubah jadi asam. Lingkungan yang asam justru ideal bagi bakteri penyebab sakit gusi untuk berkembang biak. Hindari dulu makanan dan minuman manis seperti permen, kue, donat, puding, sirup, dan teh manis. Hindari juga makanan dan minuman kemasan yang mengandung pemanis tambahan seperti jus buah dalam kemasan, minuman bersoda, dan kopi instan.

2. Makanan dan minuman asam. Lingkungan yang asam bisa jadi sarang bakteri penyebab sakit gusi yang ideal. Di samping itu, makanan dan minuman asam dapat mengikis lapisan pelindung gusi dan gigi. Saat mengonsumsi makanan atau minum yang asam mulut akan terasa perih. Buah dan jus yang jeruk, lemon, jeruk nipis, limau, delima, nanas, dan anggur juga untuk sementara harus dihindari. Makanan yang mengandung cuka seperti asinan dan acar juga sebaiknya tidak dikonsumsi dulu.

3. Makanan dan minuman dingin. Penyakit gusi membuat saraf-saraf di gusi jadi lebih peka dan terpapar. Mengonsumsi makanan dan minuman yang suhunya terlalu dingin akan membuat saraf-saraf gusi dan akar gigi semakin sakit dan meradang. Es krim, es batu, frozen yogurt, es lilin, dan es buah sebaiknya ditunggu sampai mencapai suhu ruangan dahulu sebelum dikonsumsi.

4. Makanan olahan tepung. Hati-hati dengan makanan yang diolah dari tepung. Misalnya roti, biskuit, dan kue. Makanan dari tepung berbahaya untuk dikonsumsi. Makanan olahan mengandung pati. Pati mudah menempel di gusi dan mulut. Dalam tubuh seseorang, pati akan diubah menjadi gula. Gula yang melekat di gusi dan gigi akan semakin meningkatkan risiko peradangan.

Itulah 4 jenis makanan yang harus dihindari saat sedang sakit gusi. Semoga penderita sakit gusi berkenan untuk sementara menghindari ke 4 jenis makanan ini dan dapat segera pulih dari sakit gusinya.

Nah, sekian rangkaian informasi yang bisa saya sampaikan. Apabila para pembaca memiliki pendapat lain, silahkan menambahkannya ke dalam kolom komentar yang tersedia. Akhir kata saya ucapkan terimakasih karena telah bersedia membaca artikel ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post