Drs. Ade Sukarna, M.Pd.

Drs. Ade Sukarna, M.Pd. , Penulis artikel di UC News dan Bernas.id, lahir di Cirebon, 13 September 1963. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Band...

Selengkapnya
Navigasi Web
5 Cara Sederhana Rawat Payudara Tetap Sehat dan Bebas Kanker Kulit

5 Cara Sederhana Rawat Payudara Tetap Sehat dan Bebas Kanker Kulit

Payudara yang sehat tidak hanya menambah nilai tambah penampilan para wanita namun juga meningkatkan kepercayaan diri kaum hawa. Merawat payudara secara teratur bisa mengurangi risiko kanker kulit, kendur dan infeksi.

Dalam merawat payudara sebetulnya tidak terlalu susah, ada cara sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari.

Dilansir dari dream.co.id dari Idiva (18/5/15), Berikut ini 5 cara sederhana menjaga dan merawat payudara agar tetap sehat :

1. Gunakan ukuran bra yang tepat. Hasil sebuah studi mengungkapkan bahwa delapan dari sepuluh wanita memakai ukuran bra yang salah dan mereka tidak begitu peduli. Mengenakan bra dengan ukuran yang tidak tepat akan membuat si wanita merasa tidak nyaman, masalah di bahu, lengan dan punggung. Tubuh wanita terus mengalami perubahan. Ketika mengalami kenaikan berat badan ukuran bra pun berubah. Sebaiknya wanita rutin untuk memeriksa ukuran bra agar tidak salah memilihnya.

2. Rutin konsultasi dokter. Cara terbaik memeriksakan kondisi payudara yaitu berkonsultasi dengan dokter. Lakukan pemeriksaan secara rutin paling tidak enam bulan sekali. Melakukan pemeriksakan di rumah bisa dilakukan dengan meraba dan merasakan apakah ada benjolan atau tidak. Ketika payudara ada benjolan, maka kemungkinan terdapat gangguan kesehatan. Pemeriksaan dokter bisa memastikan masalah atau tidaknya payudara si wanita.

 

3. Gunakan SPF (Sun Protection Factor). Menggunakan SPF hendaknya tidak hanya pada bagian kulit yang terpapar sinar matahari saja, payudara pun ternyata memerlukannya. Penggunaan SPF bisa mengurangi risiko kanker kulit, sehingga tidak hanya kulit luar saja, kulit yang di dalam pun memerlukan SPF.

4. Jangan mencukur rambut di sekitar puting payudara. Di sekitaran puting payudara mungkin tumbuh beberapa helai rambut, namun usahakan jangan mencukurnya. Menggunakan pisau cukur di atas kulit areola yang sensitif bisa menimbulkan infeksi.

5. Sebaiknya berhenti diet. Diet yang dilakukan dengan tidak benar bisa membuat payudara berubah ukuran. Ketika diet berhasil maka ukuran payudara cenderung menyusut. Namun ketika ukuran tubuh kembali normal, maka payudara juga akan kembali seperti semula. Ketika kebiasaan ini terus dilakukan dalam jangka waktu lama, maka kesehatan payudara akan berkurang. Hendaknya jika si wanita memang ingin melakukan diet, maka lakukanlah dengan benar dan rutin sehingga tidak ada tekanan yang memengaruhi kesehatan payudara.

Nah, sekian rangkaian informasi yang bisa saya sampaikan. Apabila para pembaca memiliki pendapat lain, silahkan menambahkannya ke dalam kolom komentar yang tersedia. Akhir kata saya ucapkan terimakasih karena telah bersedia membaca artikel ini.

Sumber : brilio.net / vemale.com / wolipop.detik.com

ilustrasi penggunaan SPF pada payudara bisa mengurangi risiko kanker kulit (Foto : vemale.com)

Ilustrasi jangan mencukur rambut di sekitar puting payudara (Foto : wolipop.detik.com)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post