Drs. Ade Sukarna, M.Pd.

Drs. Ade Sukarna, M.Pd. , Penulis artikel di UC News dan Bernas.id, lahir di Cirebon, 13 September 1963. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Band...

Selengkapnya
Navigasi Web
5 Ciri Pelajar Yang Mudah Mengalami Kesurupan Ditinjau Dari Sisi Medis. Nomor 1 dan 4 Perlu Perhatian!

5 Ciri Pelajar Yang Mudah Mengalami Kesurupan Ditinjau Dari Sisi Medis. Nomor 1 dan 4 Perlu Perhatian!

Di negara kita, seringkali kejadian kesurupan dikaitkan dengan hal-hal mistis. Kesurupan memiliki arti seseorang telah dimasuki oleh roh gaib yang tidak kasat mata. Beberapa kasus kesurupan terjadi pada para pelajar. Dilansir dari republika.co.id, sebanyak 30 pelajar dan seorang guru SMPN 3 Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau mengalami kesurupan dan tidak sadarkan diri sebelum PBM (Proses Belajar Mengajar) dimulai (21/10/17).

Di tempat lain, seperti dilaporkan Tribun Sumsel (19/12/17), ratusan pelajar SMK Negeri 1 Talang Ubi, Kabupaten Pali yang mengikuti perkemahan pramuka panik melihat puluhan temannya mengalami kesurupan di sekolahnya.

Ada anggapan sebagian masyarakat bahwa kesurupan adalah masuknya roh halus (makhluk halus) ke dalam tubuh manusia, sehingga membuat kehilangan akal. Ada pula penjelasan kesurupan ditinjau dari sisi medis dan kedokteran. Ada lima ciri pelajar yang mudah mengalami kesurupan yaitu :

1. Kondisi fisik pelajar sedang tidak fit

Pelajar yang kondisi fisiknya tidak fit memiliki tingkat kesadaran yang rendah, sehingga alam bawah sadarnya lebih mudah dirasuki makhluk halus.

2. Pelajar menderita penyakit tertentu

Pelajar yang menderita penyakit tertentu seperti epilepsi dan phobia yang berlebihan terhadap sesuatu, bisa menjadi pemicu mengalami kesurupan. Epilepsi adalah penyakit yang disebabkan oleh pelepasan listrik yang berlebihan di otak, sehingga mengalami kejang mendadak (sawan). Phobia berlebihan juga membuat pelajar mudah kehilangan kesadaran. Baik epilepsi maupun phobia berlebihan menyebabkan rentan dimasuki makhluk halus.

3. Pelajar tersebut pernah mengalami kesurupan sebelumnya

Para pelajar yang sudah pernah mengalami kesurupan, pertahanan mereka sudah pernah dimasuki sehingga ada celah untuk dimasuki kembali oleh makhluk halus, sehingga rentan mengalami kesurupan kembali.

4. Pelajar yang sering melamun atau bengong

Pelajar yang sering melamun atau bengong rentan dirasuki makhluk halus, karena pikirannya sedang kosong. Ketika tingkat kesadarannya menurun, makhluk halus itu lebih dekat dengan alam bawah sadarnya, kemudian dengan mudah merasuki dan menguasai alam bawah sadarnya.

5. Pelajar wanita yang sedang menstruasi

Pelajar wanita yang sedang menstruasi lebih mudah dimasuki makhluk halus, karena kondisi tubuh dan pikirannya sedang dalam keadaan tidak stabil, mudah mengalami perubahan suasana hati dan kehilangan kendali atas dirinya.

Meskipun kesurupan terkesan mistis, namun hal tersebut bisa pula dijelaskan secara ilmiah dari sisi medis dan kedokteran. Secara ilmiah dan dunia medis, kesurupan dikenal sebagai DTD (Dissociative Trance Disorder). Dikutip dari Eastern Journal of Medicine, penyebab kesurupan yang paling dominan adalah tekanan sosial (stres) dan mental yang masuk ke dalam alam bawah sadar manusia.

Tekanan dalam alam bawah sadar bisa berasal dari berbagai faktor seperti faktor psikologi, sosial dan spiritual. Ketika pelajar mengalami DTD, maka pelajar tersebut bertindak di luar kontrol tubuhnya. Bahkan, bisa melakukan sesuatu yang di luar kebiasaannya, kehilangan kesadaran, sukar membedakan kenyataan dan khayalan, nada suara berubah dari aslinya serta sukar berkonsentrasi.

Demikianlah lima ciri pelajar yang mudah mengalami kesurupan. Kesurupan terkesan mistis, karena adanya roh makhluk khalus yang masuk ke dalam tubuh. Namun, dari sisi medis dan kedokteran hal itu terjadi karena pelajar mengalami DTD yaitu pelajar mengalami tekanan sosial, mental dan spiritual yang besar, sehingga menekan alam bawah sadarnya. Akibatnya, pelajar tidak sadar terhadap sekelilingnya yang dikenal oleh masyarakat sebagai kesurupan.

Mau berlangganan Quipper Video? Silakan dapatkan kode promosinya di sini agar harganya lebih murah.

http://bit.ly/kodepromosiQV

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sama-sama, Bu Raihana Rasyid. Salam kenal.

10 Feb
Balas

Di sekolah kami , siswa yang sering kesurupan memang karena dia menyimpan masalah. Terima kasih infonya Pak. Baarokallah....

10 Feb
Balas



search

New Post