Drs. Ade Sukarna, M.Pd.

Drs. Ade Sukarna, M.Pd. , Penulis artikel di UC News dan Bernas.id, lahir di Cirebon, 13 September 1963. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Band...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wow, Inilah 7 Manfaat Balancing Art Yang Menakjubkan. Nomor 6 Paling Penting!
Wow, Inilah 7 Manfaat Balancing Art Yang Menakjubkan. Nomor 6 Paling Penting! (Foto : bernas.id)

Wow, Inilah 7 Manfaat Balancing Art Yang Menakjubkan. Nomor 6 Paling Penting!

Balancing Art di Indonesia kini mulai banyak digemari. Sebanyak puluhan tumpukan batu di Sungai Cidahu, Sukabumi, menjadi perbincangan masyarakat karena keunikannya. Keunikan tersebut adalah tumpukan batu tersebut tersusun secara seimbang.

Michael Grab merupakan salah seorang expert dalam balancing art. Dalam situsnya, gravityglue.com, dia menjelaskan bahwa unsur paling mendasar dalam balancing art adalah menemukan semacam tripod untuk meletakkan batu yang ada di atasnya.

“Setiap batu memiliki lekukan yang unik dan bervariasi pada permukaannya, mulai dari yang kecil hingga besar. Lekukan tersebut dimanfaatkan sebagai tripod untuk meletakkan batu di atasnya agar bisa berdiri tegak dan seimbang. Seseorang bisa memulai menyusun satu demi satu batu secara bertingkat. Seniman yang telah mahir bisa menyusun berbagai batu hingga 6 tingkat secara vertikal dan horisontal. Pangkal lengan dan jari-jemari seniman berusaha untuk tidak banyak bergerak saat menyusun batu-batu itu. Gerakan sedikit saja bisa menjatuhkan batu-batu yang sudah disusun dengan susah payah".

Seperti dilansir kumparan.com (4/2/18) ternyata ada 7 manfaat yang didapat apabila seseorang menekuni balancing art yaitu :

1. Melatih fokus

Dalam balancing art ada suatu proses mencari titik nol suatu gravitasi. Proses ini memerlukan kesabaran tingkat tinggi.

2. Melatih kepekaan

Kepekaan dilatih saat tangan dan perasaan dihadapkan dengan hal sekecil apapun. Titik nol gravitasi itulah yang menjadikan suatu benda seimbang.

3. Melatih pernapasan

Selama proses balancing, pernapasan dilatih. Getaran tangan dan jari-jemari akibat pernapasan bisa berpengaruh dalam proses stacking (tumpukan).

4. Berfungsi sebagai terapi

Seni keseimbangan ini berfungsi sebagai terapi ketika proses telah dilengkapi dan dilakukan dengan metode dan media yang benar. Gerakan dan pernapasan saat proses stacking (menumbuk batu) ataupun pointed (mencari titik nol gravitasi) mengalirkan energi dari tangan ke media. Pernapasan membuat darah terpompa secara tepat ke semua syaraf yang sedang bekerja.

5. Mengontrol emosi

Balancing art adalah meditasi untuk melatih manusia mengontrol emosi dan kesabaran. Jika seni ini dilakukan di alam, akan lebih baik karena energi elemen alam semua akan bisa dirasakan. Udara, tanah, air, matahari, batu, kayu, dan gravitasi bisa membuat seseorang lebih bisa mengendalikan emosinya.

6. Mengajarkan optimisme dan pantang menyerah

Tak jarang apa yang telah disusun dengan susah payah dan waktu yang lama bisa roboh dan hancur berantakan. Semangat untuk membangun kembali adalah sarana untuk membangkitkan optimisme dan pantang menyerah dalam menjalani kehidupan.

7. Membuat lebih dekat dengan alam

Hukum gravitasi mengajarkan seseorang untuk memiliki sifat sederhana. Tidak ada yang hebat dan tidak ada yang paling hebat di permukaan bumi ini. Setinggi apapun seseorang, ia akan kembali ke titik nol. Dia akan wafat berpulang ke rahmatullah.

Demikianlah 7 manfaat balancing art dalam kehidupan. Orang yang menekuni dan mahir dalam balancing art ini diharapkan memiliki sikap dan berbagai karakter positif, sehingga bisa berprestasi dalam bidang apa pun yang sedang dijalaninya, namun tetap bersikap rendah hati sebagaimana yang ia yakini bahwa semuanya akan kembali ke titik nol.

Yth. Bapak/Ibu Guru 9 SMP dan SMA MIPA dan IPS

Mohon disampaikan kepada siswa-siswinya atau yang berminat berlangganan Quipper Video

- Konten berkualitas

- Harga terjangkau

- Bayar sekali, belajarnya berkali-kali

- Belajar dimana saja, kapan saja

Silakan klik video.quipper.com

Masukkan Kode Promosinya B634LL agar mendapat Discount Besar dan Bonus. Terima Kasih. Atau Hubungi WA : 085864308329 (http://bit.ly/kodepromosiQV)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak isinya, izin share ya pak...

23 Feb
Balas

Silakan, Bu. Dengan senang hati.

23 Feb
Balas



search

New Post