Drs. Ade Sukarna, M.Pd.

Drs. Ade Sukarna, M.Pd. , Penulis artikel di UC News dan Bernas.id, lahir di Cirebon, 13 September 1963. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Band...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wow, Menakjubkan! Ada 3 Penghuni Baru di Antariksa
Wow, Menakjubkan! Ada 3 Penghuni Baru di Antariksa (Foto : bernas.id)

Wow, Menakjubkan! Ada 3 Penghuni Baru di Antariksa

Belum lama ini dunia dihebohkan dengan adanya peluncuran roket, mobil dan manekin berpakaian astronot ke antariksa. Roket Falcon Heavy meluncur ke angkasa pada Selasa (6/2/18). Roket itu melesat super cepat dari Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, pukul 15.45 waktu setempat. Peluncuran roket terkuat di dunia itu berjalan sukses, walaupun inti pusat pendorong roketnya hilang.

Dilansir dari bernas.id (11/2/18), dua menit berselang kedua side-booster dan center booster berhasil lepas dari badan roket Falcon Heavy dan mendarat bersamaan di landasan peluncuran Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral dan samudera. Roket Falcon Heavybergerak cepat membelah atmosfer Bumi ke antariksa membawa mobil Tesla Roadstermenuju ke orbit terdekat planet luar terdekat dengan Bumi, planet Mars. Tesla Roadster itu berpenumpang Starman, manekin berpakaian astronot yang duduk di kursi pengemudi. Falcon Heavy berketinggian 70 meter membawa muatan total sekitar 64 ton.

Falcon Heavy pada awalnya dirancang untuk misi traveling manusia ke Bulan atau planet Mars. Namun seiring berjalannya waktu, Falcon Heavy direkomendasikan menjadi pembawa berbagai peralatan ke antariksa.

Apabila misi ini berhasil, Falcon Heavy menjadi roket paling kuat di dunia, dengan kapasitas angkat lebih besar daripada kendaraan luar angkasa AS sejak era roket Saturnus NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang membawa astronot ke bulan sekitar 46 tahun yang lalu.

Para ahli mengatakan, peluncuran roket tersebut kemungkinan besar akan membuat penasaran NASA, yang mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan Falcon Heavysebagai upaya mempercepat rencana untuk mengirimkan manusia dan perbekalannya mencapai Bulan atau planet Mars.

Yang menjadi pusat perhatian dunia dalam peluncuran roket kali ini bukan hanya roket Falcon Heavy, namun juga mobil Tesla Roadster dan iringan lagu Space Oddity milik David Bowie. CEO SpaceX, Elon Musk, pun merelakan mobil miliknya itu meluncur bersama dengan roket Falcon Heavy.

Mobil Tesla Roadster dikendarai oleh manekin berpakaian astronot bernama Starman yang dilengkapi banyak kamera untuk melihat kondisi mobil Tesla Roadster selama perjalanannya menuju planet Mars.

Kamera akan memberikan banyak foto yang luar biasa jika berhasil bekerja dan semuanya (peluncuran) berjalan lancar. Pemilihan nama Starman berasal dari salah satu judul lagu milik David Bowie. Tidak hanya bagi SpaceX, misi peluncuran kali ini juga disambut antusias oleh publik AS dan dunia.

Falcon Heavy, Starman dan Tesla Roadster kini melakukan perjalanan berbahaya dengan kecepatan nyaris mencapai 4 ribu kilometer per jam menuju orbit Mars setelah melakukan manuver melewati medan magnet Bumi yang disebut Sabuk Van Allen dan melawan radiasi dari Matahari.

Manuver berbahaya ini sengaja dilakukan untuk menguji ketahanan roket Falcon Heavy. Jika manuver itu sukses dilakukan, ini akan menjadi sebuah demonstrasi bahwa SpaceX bisa mengirimkan pesawat luar angkasa beserta perbekalannya ke planet Mars. Manusia pun berharap suatu saat nanti bisa traveling ke Bulan atau planet Mars.

Yth. Bapak/Ibu Guru atau Pelajar SMA MIPA/IPS

Silakan yang mau berlangganan Quipper Video, klik video.quipper.com

Masukkan KODE PROMOSI nya dari saya sebagai Edupreneur Resmi QV B634LL

Dapat discount hingga Rp. 200.000

Insyaa Allah Sukses UN dan SBMPTN 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya, Semoga Indonesia pun bisa.

25 Feb
Balas

Ya, Semoga Indonesia pun bisa.

25 Feb
Balas

Sungguh menakjubkan

24 Feb
Balas



search

New Post