Ade Putra

Guru MTsN Dharmasraya. Prestasi adalah " Apa yang bisa kita lakukan, sementara orang lain tidak bisa melakukannya"...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENJADI DILEMA

MENJADI DILEMA

MENJADI DILEMA

Oleh : Ade Putra

#MenulisHariKe-235

Menjadi sebuah dilematis, ketika usia anak sudah 5 tahun tetapi masih di rumah dan belum masuk PAUD. Pertanyaan akan muncul bertubi - tubi, yang akan membuat telinga ini panas.

"Kok belum sekolah?"

"Nanti tertinggal lho, sama anak - anak yang lain!"

"Anak saya sudah bisa ini lho, anak saya hafal ini lho!"

Masih banyak lagi ocehan - ocehan orang tua yang merasa bangga akan semua itu.

Anehnya, selama pandemi ini ada orang tua yang ngotot untuk menyekolahkan anaknya, dengan menambah hari dari biasa. Yang awalnya 2 hari, mereka malah mintak 4 hari. Mungkin mereka berasumsi bahwa anaknya akan pintar. Dan tidak memikirkan dampak besar terhadap anak mereka.

Ada juga yang bilang, "jika anak masuk pertengahan semester setelah wabah Covid - 19 ini berlalu, tentu anak akan ketinggalan pelajaran. Dan jika iingin sekolah juga, terpaksa mereka harus dipisah dengan teman - teman yang masuk duluan".

What....??

Ngeriiii...... Saya mendengar opini tersebut.

Tapi ya sudahlah.

Saya selalu berpesan kepada mama Khenzhie, agar tidak memaksakan anak untuk bisa ini, bisa itu, hafal ini, hafal itu, biarlah dia tumbuh sesuai dengan umurnya.

Kepada sekolah PAUD tempat anak saya bermain, saya mengharapkan, agar tidak terlalu membebani anak dengan bermacam tuntutan. Harus membuat ini, harus mengumpulkan ini, harus tuntas sesuai kurikulum, dan lain sebagainya.

Biarlah anak saya nanti tidak juara, tidak ini, tidak itu, asalkan dia bisa tumbuh tanpa ganggan mental, akibat pekatnya tuntutan belajar.

Dharmasraya, 4 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Anak akan tumbuh dan berkembang sesuai jalannya masing-masing. Namun masih banyak orang tua memaksakan kehendak dengan alasan yang belum pasti benar. Salam literasi

04 Sep
Balas

Sependapat pak, biarkan anak tumbuh kembang sesuai dgn tahapan usianya

04 Sep
Balas

Mantab... setuju... salam literasi..

04 Sep
Balas



search

New Post